vergemsftai

Microsoft berbagi info soal beberapa upayanya untuk mendominasi dunia kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) kepada tim Verge yang dimana kebutuhan akan adanya AI kian melesat dari waktu ke waktu seiring dengan perkembangan pesat didunia software dan hardware.

CEO Nadella ternyata punya kebiasaan unik untuk memulai pekerjaannya di pagi hari yaitu dengan menggunakan Microsoft HoloLens yang mana hal ini membuatnya dapat melihat hal virtual yaitu kalender interaktif dimana disana ada beberapa harapan untuk rencana besar Microsoft dibawah kepemimpinannya. Nadella sendiri mengatakan HoloLens sangat futuristik, cerdas, dan tentunya produktif.

Tidak peduli dimanapun kalian bekerja kedepannya, Nadella mengatakan kalau akan selalu ada tempat bagi Microsoft. Ketika Microsoft memperkenalkan “Conversation as a Platform” yaitu sebuah pasukan bot di Build 2016 lalu adalah dimana strategi Microsoft untuk menggantikan peran aplikasi untuk mengakses berbagai hal di internet seperti shopping, menggali informasi dan berbagai hal lainnya. Dan aplikasi akan menjadi lebih cerdas berkat Microsoft Cognitive API yang membuatnya dapat mengenali emosi, wajah, dan berbagai hal informatif yang ada di foto dan video.

Microsoft memang telah mulai mendominasi pasar kecerdasan buatan dan hal ini tidak dimulai di Amerika Serikat namun di Cina. Ketika Xiao Ice menjadi reporter soal cuaca harian di wilayah Cina dan sekitarnya di sebuah acara TV yang tentunya hal ini sangat membanggakan bagi Microsoft.

Sebelum Microsoft meluncurkan Microsoft Bot dan Skype Bot di Build 2016 lalu, Microsoft telah bereksperimen dengan WeChat salah satu layanan chatting populer dari Cina yang mana Xiao Ice di WeChat ini dapat mengenali emosi penggunanya, mengingat chat sebelumnya, dan bagaimana kehidupanmu.

Setelah Xiao Ice tersedia di WeChat dia telah menambahkan 1.5 juta percakapan online, dan kini juga telah tersedia di Weibo (semacam Facebook buatan Cina) yang kini merupakan salah satu akun selebriti yang perlu di follow. Kini Xiao Ice Bot sudah digunakan lebih dari 40 juta pengguna, sungguh angka yang mengagumkan.

“KAMI SUDAH MENEMUKAN BOT YANG BERHASIL MEMENUHI BERBAGAI PERCAKAPAN YANG MENJANJIKAN”

Microsoft inginkan hal ini sebagai sebuah ekosistem

“Ini adalah era modern – anda tidak perlu lagi menjadi ahli dalam penguasaan bahasa dan gaya bicara,” kata Derrick Cornell yang menjadi salah satu insinyur pengembangan Bing. “Hanya tinggal gunakan saja tools dari kami. Buatlah Bot yang berbasis tools kami, dan hadirkan di berbagai skenario – bisa jadi Slack, Facebook Messenger, dan kami berharap Skype for Windows. Tapi kalian bisa memilih,” lanjutnya.

Bots buatan Microsoft yang akan menjadi sebuah ekosistem dan dapat menangani berbagai permasalahan serta skenario tentu akan membuat Microsoft dengan cepat mendominasi di berbagai layanan chat populer.

Qi Lu Executive Vice President Application & Services Group yang memimpin berbagai pengembangan layanan Microsoft di Windows dan platform lain sangat senang turut mengembangkan salah satu poin plus Microsoft didunia kecerdasan buatan ini dengan 20 paten dibawah namanya tentu membuat hal ini kian menjanjikan.

Qi Lu mengatakan kalau masa depan “pengalaman platform” akan dimulai disana karena percakapan adalah hal natural bagi kita sebagai manusia dan juga berhubungan dengan manusia lainnya agar menjadi lebih produktif.

Ini dia 5 Aset Kunci Microsoft untuk mendominasi dunia Kecerdasan Buatan: 

  1. “Conversation Canvas” dimana pengguna banyak melakukan pengetikan atau percakapan yang mana Microsoft telah memiliki Cortana, Skype, Office 365.
  2. “Otak Kecerdasan” Microsoft telah mengembangkan teknologi berbasis ini selama lebih dari 20 tahun
  3. Social Graph yang mana Microsoft telah membeli LinkedIn senilai 349 triliun dengan 433 juta pengguna. LinkedIn resmi akan menjadi keluarga Microsoft pada akhir 2016 mendatang. Reid Hoffman sebagai Founder LinkedIn juga tertarik untuk mengembangkan teknologi ini bersama Nadella dan Bill Gates.
  4. Platform dimana akan menjadi prioritas Microsoft Bot. Microsoft kini memiliki 350 juta pengguna Windows 10 termasuk kategori produk futuristik HoloLens.
  5. Jaringan Developer. Hal ini telah dimulai Microsoft di ajang Build 2016 lalu yang mana Microsoft Bot Framework sudah dibuka untuk berbagai developer dan tentu akan menarik untuk mendengar kesuksesannya tahun depan.

Memang Google dapat meraih ratusan juta pengguna melalui Androidnya begitu juga Facebook yang dapat menjadi sosial graph terbesar namun Qi Lu tetap nyaman dengan proyek ini karena adanya kelebihan melalui 5 aspek diatas. “Menambahkan semua aset diatas kami memiliki apa yang membuat kami memimpin di masa depan,” ujar Qi Lu.

Skype Translator

theverge_windowsbot

Sekitar tiga bulan setelah menjadi CEO Microsoft, Satya Nadella berbicara di Code Conference yang biasa diadakan tiap tahun. Di akhir acara Nadella bersama dua pegawai Microsoft mendemonstrasikan Skype Translator dimana masing masing berbicara bahasa Inggris dan Jerman dimana mereka berkomunikasi dan Skype Translator dapat menejemahkanya secara real time!

Peter Lee salah satu pejabat Microsoft Research mengatakan kalau hal ini adalah hal yang mengejutkan. “Satya menempatkan kami dalam penjara untuk Skype Translator ini” pada awalnya tim ini juga terlihat khawatir karena Microsoft Research sendiri tidak sering ditugaskan untuk meluncurkan produk ke pasaran dan peneliti khawatir mereka akan tiba-tiba kurang bebas untuk mengejar terobosan ilmiah.

Lee sendiri sempat kurang optimis karena produk ini belum dapat bekerja maksimal namun Satya Nadella yang dia akui sebagai seorang aktivis terus menyemangati mereka sehingga Skype Translator Preview dapat dinikmati akhir tahun itu. Skype Translator sendiri akan tersedia secara luas pada 2017 mendatang. “Bayangkan kemerosotan moral ketika produk ini tidak bekerja dan anda perlu untuk membuat mereka menghilangkan rasa itu,” kata Lee. “Namun ketika anda berhasil, sesuatu yang menakjubkan akan terjadi,” lanjutnya.

Microsoft melalui Skype Translatornya telah berhasil menerjemahkan 8 bahasa secara real time dan 56 kombinasi berbeda. “Saya tidak dapat mengatakan kepada anda betapa cemasnya ketika hal-hal tidak bekerja semestinya di Skype Translator ketika kami memulai perjalanan,” kata Lee. “Tapi sekarang kita mendaki gunung itu, kami dalam penguasaan percakapan dan penerjemahan model ini, terutama model speech – mereka mengejutkan sekali “.

Windows, Office, dan Kecerdasan Buatan

Delve-5.0

Microsoft sendiri tengah mengerjakan versi baru Cortana untuk Windows sehingga ketika anda unlock device Windows anda langsung menghadirkan informasi yang anda butuhkan seperti berita, cuaca, skor pertandingan, trafik perjalanan dan masih banyak lagi seperti yang ditunjukkan Marcus Ash salah satu pejabat Cortana melalui sebuah mockup yang ditunjukkan ke Verge.

Dan dapat berubah berdasarkan waktu pada suatu hari sehingga developer aplikasi dapat merekomendasikan bahwa aplikasinya dapat menjadi lebih sesuai di pagi hari atau makan malam dan semacamnya.

“Ide ini menggunakan percakapan, menggunakan informasi kontekstual tentang Anda, dengan izin Anda, untuk membuat Anda lebih cepat dan membuat Anda merasa seperti Anda berada dalam kendali, itu hal-hal yang membuat kita benar-benar bersemangat,” kata Ash. “Banyak pengalaman pengguna kami kerja sekitar penyederhanaan, menghapus benturan, dan benar-benar menunjukkan kekuatan kecerdasan.” lanjutnya.

Salah satu contoh favorit Ash disebut “Commitments.” Dengan izin Anda, Outlook dapat mencatat hal bahwa atasan Anda meminta Anda untuk mengirimkan sesuatu padanya pada akhir minggu – dan secara otomatis mengingatkan Anda jika Anda gagal untuk merespon. “Hidup saya cukup rumit, dan saya cenderung untuk melupakan hal-hal – terutama di email,” kata Ash. Baru-baru ini ia lupa untuk menanggapi permintaan dari bosnya sendiri, katanya, tetapi Cortana memberi tahu dalam waktu baginya untuk mengatasinya.

Saya melihat lebih banyak dari hal semacam ini ketika saya bertemu dengan Kirk Koenigsbauer, Vice President of Marketing Microsoft Office. Dia menunjukkan saya berbagai cara di mana kecerdasan membuat Office lebih mudah digunakan.

Office-Delve

Pada September 2014 Microsoft memperkenalkan Delve, semacam Fitbit untuk produktivitas yang disertakan dengan Office 365. aplikasi ini menganalisa berapa banyak waktu yang Anda habiskan di email dan di pertemuan, dan menyoroti berapa banyak pada kalender Anda di mana Anda telah menambah periode waktu untuk berbuat lebih banyak rumit, pekerjaan yang berarti.

Ini memberitahu Anda apa persentase orang yang Anda mengirim email untuk benar-benar membacanya, dan seberapa cepat. Ini akan menyarankan menjangkau rekan-rekan yang belum diemail sementara. Bahkan menunjukkan respon berapa kali untuk rekan-rekan Anda, dan untuk diri sendiri.

Kami sendiri sangat senang sekali dengan upaya Microsoft di dunia kecerdasan buatan yang dapat meningkatkan kualitas produktivitas anda sekaligus dapat menjadi terhibur. Melihat mulai ada beberapa developer yang mengembangkan hal-hal baru yang berbasis Microsoft Bot tentu saja menarik bagi kita untuk terus memantau perkembangannya.

Jadi apa pendapatmu soal kemajuan kecerdasan buatan ini? 😀

Special Thanks to  Verge Team & Microsoft