Instagram sejak pekan lalu ternyata sudah punya kebijakan baru terkait konten-konten yang kamu bagikan di dalamnya.

Mulai 21 November lalu, Instagram memang telah meluncurkan dua fitur baru yang cukup berguna. Yang pertama adalah kini kamu bisa menyiarkan live video (video yang direkam langsung saat kejadian dan diunggah langsung). Yang kedua adalah kini kamu bisa mengunggah foto atau video ephemeral (konten yang segera menghilang setelah dilihat).

Fitur pertama, adalah konten ephemeral yang mana ini merupakan fitur tambahan di Instagram Direct. Dengan fitur ini kamu bisa mengirimkan video atau foto langsung kepada teman atau grup di Instagram Direct. Lalu apa bedanya dengan kirim foto atau video biasa? Sebenarnya sama. Cuma bedanya, setelah foto atau video tadi dilihat oleh orang yang dituju, maka ia akan secara otomatis menghilang. Wow, Keren ya!?

Kemudian, sebagai pelengkap, Instagram juga menyematkan fitur lain berupa “notifikasi khusus screenshot”. Notifikasi alias peringatan ini muncul setiap ada pengguna lain meng-screenshot/capture foto atau video si pengirim. Tujuannya untuk memberitahukan ke si pengirim jika penerima pesan ternyata mengambil screenshot foto atau video kiriman.

“Tidak seperti pesan lain yang menggunakan Direct, foto dan video ini otomatis akan menghilang setelah penerima melihatnya. Dan Anda (pengirim) akan tahu jika penerima itu memutar ulang pesan atau mengambil screenshot,” demikian pemberitahuan tertulis dalam blog resmi Instagram.

Notifikasi ini akan muncul, hanya jika yang di-screenshot atau di-capture adalah foto atau video temporer (ephemeral) yang dikirimkan via Instagram Direct. Notifikasi screenshot hanya berlaku untuk fitur tertentu saja, bukan pada keseluruhan foto yang diunggah pengguna.

Meski demikian, seperti yang dibeberkan CNN Money, Instagram sendiri masih menyimpan konten-konten ephemeral tersebut selama jangka waktu tertentu, agar ke depannya dapat dievaluasi lagi jika ada laporan pelanggaran dari pihak lain atau otoritas yang berwenang.

 

 

 

Instagram akan memberikan notifikasi cuma ketika konten-konten ini di-screenshot atau di-capture oleh pengguna lain. Notifikasi itu akan kasih kamu informasi mengenai pengguna akun yang meng-capture atau men-screenshot konten kamu.

Dengan demikian, pengguna tidak perlu khawatir jika sedang stalking dan ingin mengambil screenshot pada foto di linimasa atau Stories milik siapa pun. Aturan main notifikasi tersebut jelas hanya berlaku untuk pesan Direct yang berupa foto atau video yang otomatis menghilang sendiri.

Seperti dilansir Ubergizmo, Senin (28/11), fitur ini sebelumnya telah ada di aplikasi Snapchat. Ide utamanya ialah memberikan peringatan apabila ada yang mengambil foto percakapan kita. Sebagian orang suka membiarkan pesan yang masuk hilang dengan sendiri. Namun, beberapa orang lain tidak berpikir demikian. Mereka bisa jadi ingin merawat pesan konsumen.

Dan Facebook selaku perusahaan pemilik Instagram tampak berambisi membawa semua fitur yang ada di Snapchat ke aplikasi Instagram untuk semua platform.

Fitur kedua yang diperkenalkan Instagram adalah Live Video. Fitur ini sebagai pelengkap untuk Instagram Stories yang sudah diluncurkan sejak Agustus lalu. Dengan fitur baru ini, pengguna bisa menayangkan dan menyiarkan langsung video kegiatan atau event di sekitarnya, untuk bisa ditonton user lain.

Fitur ini sebenarnya mirip dengan Facebook Live atau Periscope milik Twitter. Bedanya adalah, Live Video pada Instagram hanya bisa disaksikan benar-benar secara langsung. Dengan kata lain, Instagram tak menyimpan Live Video ini sehingga tak bisa disaksikan setelah tayangan berakhir. Artinya, jika video live tersebut sudah berakhir/habis, ya sudah. User lain tidak bisa lagi menontonnya.

Lebih jelasnya, informasi yang kami lansir dari Blog resmi Instagram, Selasa (29/11/2016), mengatakan bahwa notifikasi screenshot hanya berlaku pada foto dan video yang dapat menghilang dalam jangka waktu tertentu. Foto dan video yang dimaksud adalah foto yang diunggah di fitur Direct yang baru dirilis Instagram beberapa pekan lalu. Fitur Direct serupa dengan Stories, namun postingan foto atau Direct bisa menghilang seketika begitu selesai dilihat oleh penerima. Jadi si pengirim tak perlu menunggu sampai 24 jam agar foto dan video itu menghilang.
Fitur Direct bisa diakses dengan cara menjepret foto atau rekam video lebih dulu, caranya dengan menggeser/usap layar ke kanan atau menekan tombol kamera di pojok kiri atas halaman Home Instagram. Setelah foto atau video dibuat, akan ada tombol panah di pojok kanan bawah. Tekan tombol tersebut untuk mengirimkan foto atau video yang baru saja dibuat.
Tombol Direct di Instagram, terletak di pojok kanan bawah.
Tombol Direct di Instagram, terletak di pojok kanan bawah.

 

Sejak resmi diperkenalkan pada 21 Oktober lalu, fitur-fitur yang tersebut di atas sudah tersedia di iOS dan Android. Kami sendiri belum tahu pasti kapan fitur ini akan tersedia di Windows 10 Mobile.

Bagaimana menurutmu, sob? Apakah fitur ini penting? ?

Please Login to comment
avatar
4 Comment threads
17 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
7 Comment authors
Rabbil ARSyams QomarNasrudinDimas Nazhif Rizqullah~°☺°ґűđđøαήк°☺°~ Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Syams Qomar
Guest

untuk PC belum bisa upload foto ya

~°☺°ґűđđøαήк°☺°~
Guest

@N45rud1n:disqus
W10M, 14977 build update IFR….

comment image

Dimas Nazhif Rizqullah
Guest
Dimas Nazhif Rizqullah

Ane kok gk bisa upload foto yaa.. Dari Instagram Win10Mobile…. Sebelum pilih foto… Tiba” lgsung FC,,, agan ada ngerasa juga gk??? Gimana fixnya???

Joko Yulianto
Guest
Joko Yulianto

Stories pun ga bisa buat stalking, kan keliatan ?