Teknologi fitur Windows Sonic dengan Spatial Sound memberikan efek suara yang muncul dan didengar lebih jelas dan menarik seakan-akan suara terdengar dari arah mana saja.

Sebelumnya, kita perlu mengenal terlebih dahulu apa itu fitur Spatial Sound

Apa itu Spatial Sound?

Spatial Sound adalah fitur teknologi dimana memberikan efek suara layaknya seakan-akan nampak terdengar jelas seperti nyata dan terdengar dari semua sisi. Seperti halnya sebagai contoh disaat kalian menonton film dengan adegan adanya Helikopter disana, kalian akan merasa seakan-akan helikopter tersebut nyata dan jelas berada di dekat kalian dengan suara yang begitu nyata, berkat fitur Spatial Sound.

Dengan fitur Spatial Sound, semua film dan permainan yang kalian nikmati akan terdengar serasa nyata dan lebih menarik, dimana fitur ini memberikan peredaman audio tingkat tinggi serta akurasi ruangan lokasi yang akurat.

Lalu bagaimana kita bisa mendapatkan fitur ini?

Fitur Spatial Sound tersedia dan didukung pada tiga penyedia berikut: Windows Sonic for Headphones, Dolby Atmos for Headphones, serta Dolby Atmos for Home Theater.

Dengan Windows Sonic for Headphones, kalian bisa menggunakan perangkat headphone, earbud atau headset untuk bisa merasakan keaslian keindahan suara dari fitur Spatial Sound ini. Windows Sonic for Headphones telah tersedia sejak awal pada Windows 10 Versi 1703 “Creators Update” (built-in) dan kalian bisa langsung menggunakannya dengan perangkat keluaran audio apapun.

Sedangkan dengan Dolby Atmos for Headphones dan Dolby Atmos for Home Theater, kalian dapat menggunakan perangkat headphone, melalui sistem keluaran (output) Dolby Home Theater, subwoofer suara ataupun TV untuk bisa merasakan fitur Spatial Sound. Dolby Atmos dapat digunakan jika kalian telah mengunduh aplikasi Dolby Access yang tersedia secara gratis di Microsoft Store. Kalian dapat menggunakan aplikasi ini untuk perangkat keluaran Dolby Home Theater, subwoofer suara ataupun TV secara gratis, namun untuk perangkat Headphone (Dolby Atmos for Headphones) kalian perlu membeli akses terlebih dahulu seharga 200,000 IDR dimana bisa dipasang hingga 10 perangkat (termasuk Xbox One).

Dan bagaimana cara untuk mengaktifkan fitur Spatial Sound ini?

Untuk mengaktifkan fitur Spatial Sound, kalian perlu mengikuti langkah berikut:

  • Tancapkan atau pasang perangkat Headphone pada sambungan Jack 3.5mm atau perangkat keluaran audio/video Dolby Atmos yang kompatibel (jika perangkat kalian mendukung fitur Dolby Atmos) melalui sambungan HDMI.

Windows Sonic

  • Klik-kanan pada ikon volume yang terletak di Task Tray > pilih pada opsi Spatial Sound > pilih perangkat yang kalian gunakan. (Catatan: Jika kalian memilih Dolby Atmos for Headphones atau Dolby Atmos for Home Theater, kalian akan dibawa menuju Microsoft Store untuk mengunduh aplikasi Dolby Access terlebih dahulu, lalu kalian akan diinstruksikan secara otomatis untuk mengaktifkan fitur Spatial Sound oleh aplikasi tersebut.)
  • Nikmati fitur Spatial Sound yang nyata, mewah dan mengesankan.