Joe Belfiore yang merupakan salah satu ekskutif Microsoft akhirnya angkat bicara soal Windows 10 Mobile kedepannya. Hal ini dilakukan pasca peluncuran Microsoft Launcher di Android dan Microsoft Edge untuk Android dan iOS.

Joe Belfiore mengatakan agar pengguna untuk memilih platform yang sesuai dengan mereka. Joe Belfiore pun juga diketahui telah beralih ke Android.

Seperti yang telah kita ketahui sejak beberapa bulan yang lalu. Update-update selanjutnya untuk Windows 10 Mobile hanya akan berfokus pada perbaikan bug dan peningkatan keamanan. Sementara untuk hardware dan fitur baru sudah tidak lagi menjadi prioritas Microsoft. Joe Belfiore juga mengatakan bahwa Microsoft akan terus mendukung perusahan yang masih menggunakan Windows 10 Mobile, terutama soal keamanan yang sempat kami singgung.

Mungkin beberapa mengatakan kalau Microsoft kurang menseriusi pengembangan ponsel Windows. Tapi hal ini dipatahkan oleh Joe Belfiore dimana Microsoft berupaya keras membayari para developer dan bahkan membuatkan aplikasi untuk mereka. Hanya saja, upaya ini masih tidak berhasil dan volume pengguna masih terlalu rendah bagi kebanyakan pengembang besar untuk terjun kesana.

Joe Belfiore selanjutnya juga menekankan soal kebanyakan pengguna Windows, Office, dan Xbox memiliki ekosistem yang berbeda. Kebanyakan pengguna memiliki ponsel yang berbeda dibanding “PC”. Itulah mengapa mereka saat ini meluncurkan banyak sekali layanan baru untuk iOS dan Android beserta integrasi dengan Windows 10 PC.

Dengan pernyataan Joe Belfiore ini, setidaknya akan mengkonfirmasi soal Windows 10 Mobile kedepannya. Bagi mereka yang belum tahu, Inilah daftar timeline dukungan Windows 10 Mobile:

  • Windows 10 Mobile v1511 akan didukung hingga Januari 2018
  • Windows 10 Mobile v1607 akan didukung hingga Oktober 2018
  • Windows 10 Mobile v1703 akan didukung hingga Juni 2019
  • Windows 10 Mobile v1709 akan didukung hingga Desember 2019

Bagaimana soal masa depan Windows 10 untuk perangkat mobile? Seperti yang telah kami beritakan dalam beberapa artikel pada beberapa waktu lalu, Microsoft saat ini berfokus mengembangkan produk mobile baru yaitu “Andromeda” dengan “Windows Core OS” yang sebelumnya disebut “Andromeda OS”. “Windows Core OS” adalah kodenama untuk perubahan besar di Windows 10 kedepannya, jadi bukanlah OS baru yang terpisah atau pengganti dari Windows 10. Hanya saja, kita perlu menungu hingga akhir 2018 untuk melihatnya.

Nah, apakah pandangan kalian soal konfirmasi ini? Apakah ini akhirnya memberi kejelasan soal Windows 10 Mobile kedepannya?