Microsoft memang sangat sibuk di bulan Mei ini. Hal ini terlihat dari acara Microsoft EDU pada 2 Mei kemudian Build 2017 10-12 Mei dan dua hari lagi acara Microsoft di Shanghai. Di acara Microsoft EDU mereka memperkenalkan Windows 10 S dan Surface Laptop. Kemudian di Build 2017 mereka memperkenalkan fitur baru di Windows 10 Fall Creators Update yang membuat Windows 10 berhubungan erat dengan Android dan iOS.

Semua hal ini saling berhubungan dengan Joe Belfiore yang kembali ke Microsoft di akhir 2016 lalu. Dan di acara Build 2017 lalu, Joe Belfiore mendapat kesempatan untuk berbicara dengan Business Insider soal hal baru di Windows 10 Fall Creators Update dapat berdampak di Windows 10 S.

Disana Joe Belfiore mengungkapkan bahwa tidak semua orang menggunakan PC Windows. Bila ingin Windows kembali digemari tentunya perlu menjalin hubungan dengan baik juga dengan Android dan iOS. Windows 10 S dengan Fall Creators Update menjadi pasangan yang tepat bagi pelajar yang sering menggunakan PC dan Smartphone mereka meski tidak harus Windows phone.

Seperti Pick Up Where You Left Off membuatmu dapat melanjutkan browsing internet dari PC ke Ponsel. Atau menemukan hal menarik di PC kemudian ingin kamu copas ke ponsel lewat Swiftkey Keyboard lewat fitur Cloud Clip. Begitu juga fitur lain seperti Timeline dan Story Remix dimana kamu bisa merekam momenmu di ponsel Android atau iPhone kemudian dikirim ke PC Windows 10 untuk diedit dengan efek yang keren atau lucu.

“Secara tematis, inilah yang kita jumpai untuk mendukung dunia multi-perangkat ini,” kata Belfiore.

Melawan Google

Image result for windows 10 s surface laptop

Meskipun Microsoft secara global mendominasi di sektor PC begitu juga di dunia pendidikan. Akan tetapi, di AS, Chromebook mengalami pertumbuhan yang pesat di sektor pendidikan. Meskipun dikabarkan adanya pemaksaan dari beberapa pihak yang membuat hal ini terjadi.

Salah satu kelemahan Windows di masa lalu adalah software pre-installed yang memperlambat kinerja PC. Itulah kenapa Microsoft mulai memperkenalkan PC “Signature Edition” dimana layanan pre-install hanya dari Microsoft bukan dari produsen PC lain.

Dengan Windows 10 S, Microsoft menawarkan apa yang terbaik dari Chromebook dan Windows. Dimana adanya kemudahan untuk manajemen PC dalam skala besar dengan cepat dan efisien serta lebih hemat. Kemudian juga dilengkapi keamanan mumpuni secara built-in dan cepat ditangani. Microsoft mengklaim produk Windows 10 S akan tetap berjalan cepat seperti di hari pertama pembelian meski di hari yang ke 100. Pengalaman ini akan dapat dirasakan di perangkat yang dipatok mulai kisaran 2-3 jutaan dari produsen lain.

Windows 10 S juga dapat merasakan berbagai fitur Windows 10 Pro karena sama-sama didesain full Windows 10. Hal seperti memakai aplikasi desktop meskipun dari Windows Store, full Office 365 dan segala fleksibilitas lain layaknya PC pada umumnya. Inilah yang menjadi kelemahan Chromebook karena Windows 10 selain cepat juga kaya akan fitur PC.

Microsoft Joe Belfiore Windows 10 Build 2017
Joe Belfiore at Build 2017 (AP)

Windows 10 S didesain hanya untuk menjalankan aplikasi dari Windows Store. Inilah yang membuatnya akan berjalan lebih optimal karena Microsoft tentu sudah memastikan apakah aplikasi ini efisien didesain untuk Windows 10. Aplikasi dari Windows Store tentunya juga terpercaya selain disisi kinerja juga disisi keamanan. Hal ini melihat banyaknya aplikasi/layanan yang bisa jadi disusupi malware/ransomware/spyware.

Microsoft mengatakan produk Windows 10 S sebagai pasar yang terus tumbuh. Akan lebih banyak kalangan muda yang berinteraksi dengan layanan Microsoft dan di Windows Store. Developer yang ingin meraih pasar itu tentunya akhirnya akan membuat aplikasi di Windows Store.

Disinilah yang membuat Apple juga tertarik membawa iTunes di Windows Store pada akhir tahun nanti. Pengguna Windows 10 S bisa membeli film dan musik begitu juga akses penuh Apple Music di perangkat mereka. Kemudian melihat fitur baru Windows 10 Fall Creators Update yang sudah kami sebutkan untuk mempermudah menghubungkan dengan iPhone mereka, tentu hal ini akan menjadi poin plus bagi pelajar yang menggunakan iPhone.

Kehadiran Spotify dan iTunes akan menjadi tanda-tanda bagus untuk hal-hal lain yang akan menyusul kata Joe Belfiore.  “Kami mulai sampai ke titik kritis,” lanjut Belfiore.

Nah apa pandanganmu soal perkataan Joe Belfiore ini? Tertarik membeli produk Windows 10 S? 😉

Please Login to comment
avatar
6 Comment threads
8 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
9 Comment authors
Marc VuorinenMuhammad SultanRadialBUDISahal Rahman Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Muhammad Sultan
Guest
Muhammad Sultan

Cerdas, Microsoft!

Sahal Rahman
Guest
Sahal Rahman

Saya siap nunggu Windows on Phone nya…

BUDI
Guest
BUDI

No more windows on mobile ☹

Whyu Wa
Guest
Whyu Wa

Windows 10 S dengan Fall Creators Update menjadi pasangan yang tepat bagi pelajar yang sering menggunakan PC dan Smartphone mereka meski tidak harus Windows phone.

“meski tidak harus Windows phone.” windows phone discontinue

Fer_ferdi
Guest
Fer_ferdi

#OOT

Gan menu story remix itu dmna ? Trs adanya d build brp ?

Rabbil AR
Guest
Rabbil AR

memang sih uwp / store app lebih efisien di banding win32 app yg boros akan memory
terlebih kayak di indo, rata rata ponsel ny iPhone tapi laptop nya tetep windows