Seperti yang telah kami beritakan beberapa bulan lalu, bahwa Windows 10 Mobile kini tidak lagi termasuk OneCore. Terutama dengan hadirnya “feature2” untuk pengguna Windows 10 Mobile hingga kini. Tapi kenapa? Karena adanya Windows “Andromeda” OS.

Apa itu Andromeda OS?

Microsoft telah memisahkan pengembangan Windows 10 Mobile dari Windows 10 lainnya karena Windows 10 Mobile tidak lagi dibutuhkan untuk apa yang direncanakan Microsoft berikutnya untuk Windows pada perangkat mobile. Sumber internal Windows Central menunjukkan bahwa perangkat mobile berikutnya Microsoft akan menjalankan sesuatu yang disebut sebagai Andromeda OS; Sebuah versi Windows yang bertujuan untuk menjadi cukup modular atau fleksibel untuk dijalankan pada jenis produk apapun, dan akibatnya menghilangkan kebutuhan SKU “Windows 10 Mobile” yang terpisah.

Karena itu, Microsoft tidak lagi membutuhkan Windows 10 versi khusus ponsel, yang berarti adanya Windows 10 Mobile sekarang berlebihan. Ini adalah berita bagus, kecuali satu detail penting; Ponsel Windows yang ada tidak akan mendapatkan upgrade ke “Andromeda OS” ini. Jadi apa selanjutnya untuk perangkat yang ada? Nah pertama, penting untuk memahami apa itu cabang pengembangan feature2  sebenarnya.

Feature2 dan kedepan

Image result for windows phone goodbye

Sumber itu juga menyatakan bahwa Feature2 akan lebih difokuskan pada perbaikan bug, peningkatan keamanan, dan fitur khusus enterprise. Microsoft juga akan menempatkan elemen UWP di RS3/RS4 di PC untuk Windows 10 Mobile. Jadi, ini akan membuat dukungan aplikasi dapat bertahan lebih lama. Setidaknya, hingga 1-2 tahun lagi.

Memang benar bahwa untuk sementara, Microsoft terus mengembangkan Build Redstone 3 Windows 10 Mobile secara internal, namun hanya untuk terus mengembangkan CShell pada perangkat percobaan hingga sekarang. Namun, sumber itu mengatakan bahwa pada bulan lalu, kini tidak lagi, karena CShell tidak hadir pada ponsel Windows yang ada. Ini juga perlu dicatat bahwa upaya Microsoft untuk mendukung kembali API baru ke Windows 10 Mobile hanya direncanakan sampai ke Redstone 4, namun bisa berubah kembali.

Secara singkat

Sehingga dapat disimpulkan, Microsoft akan tetap memberikan beberapa peningkatan minor dan dukungan aplikasi. Baru setelah meluncurkan gelombang baru perangkat, kemungkinan itulah saatnya untuk mengakhiri Windows 10 Mobile seluruhnya. Yang mana kejadian itu diperkirakan terjadi di akhir 2018 mendatang.

Nah apa pandangan kalian? Apakah sudah mempersiapkan untuk hal baru dari Microsoft di 2018?