Tinggal 1½ hari lagi, bro! Ya, bentar lagi 2016 akan kita lewati. Mari kita rekap dari bulan ke bulan, peristiwa apa saja yang terjadi seputar Microsoft, Windows dan Windows Phone sepanjang 2016.

Di artikel sebelumnya, WinCamp sudah beberkan apa saja yang terjadi di bulan Januari, FebruariMaretAprilMeiJuni dan Juli.

Ayo dilanjut! Inilah highlight selama bulan Agustus.

Agustus

Windows 10

2 Agustus: Windows 10 Anniversary Update dirilis resmi ke publik

Microsoft mulai gulirkan update besar-besaran untuk Windows 10. Major update ini dijuluki “Windows 10 Anniversary Update”, yang menandai OS terakhir ini genap berusia setahun. Namun raksasa Redmond ini merilis update ini terlebih dulu ke Windows 10 PC saja. Mereka menunda rilis “update ulang tahun” ini untuk perangkat Windows Mobile 10.

Menyusul pengumuman resmi Microsoft tentang perilisan Anniversary Update untuk Windows 10 PC, mereka juga mengumumkan bahwa Anniversary Update untuk Mobile akan mulai bergulir pada 9 Agustus.

17 Agustus: Windows 10 Mobile Anniversary Update secara resmi dirilis ke publik

Ternyata Microsoft agak melenceng dari janji sebelumnya. Mereka secara resmi mulai menggulirkan Anniversary Update untuk Windows 10 Mobile pada 17 Agustus. Mungkin ini sebagai surprise untuk Indonesia yang tengah memperingati hari kemerdekaannya.

Microsoft juga mengumumkan seri-seri perangkat Windows Phone yang didukung, ialah:

  • Lumia 1520
  • Lumia 430
  • Lumia 435
  • Lumia 532
  • Lumia 535
  • Lumia 540
  • Lumia 635 (1 GB RAM)
  • Lumia 640
  • Lumia 640 XL
  • Lumia 730
  • Lumia 735
  • Lumia 930
  • Lumia 830

Windows 10 Mobile AU dilengkapi dengan banyak fitur baru dan perbaikan.

Baca Juga: Apa yang Baru di Windows 10 Mobile Anniversary Update?

 

Upgrade Windows 10 untuk Windows 7 / 8.1 dengan teknologi alat bantu masih tetap gratis. (Baca: Setelah 29 Juli 2016, Upgrade Windows 10 Masih Bisa Gratis, Asalkan . . .)

Setelah Anniversary Update, dua update yang lebih besar akan hadir ke Windows 10 di tahun 2017

 

Perangkat Windows 10 Mobile

Kantar merilis data survey terbaru mengenai pangsa pasar Smartphone untuk kuartal ketiga (Mei, Juni, Juli Agustus 2016).

Windows kini peroleh angka sebesar 4,1%, yang berarti turun sebesar 0,1% dibanding Juli yang sebesar 4.2%. Tapi pangsa pasar Windows di Jepang naik dua kali lipat selama 3 bulan (Juni, Juli, Agustus).

Android dan iOS tumbuh signifikan di EU5, masing-masing 78,1% dan 17.3% dari penjualan smartphone. Di AS, iOS meningkat sebesar 2,5 30.9%, tetapi anjlok di Cina, menjadi 13,5%. Di AS, Android menyumbang 65.2% penjualan, turun sebanyak 1,7% dari 66.9% dalam periode yang sama tahun lalu. Tiga manufaktur Android terbesar di AS-Samsung, LG dan Motorola-semua melaporkan bahwa penjualannya menurun, dengan Samsung melanjutkan sebagai produsen sebesar 33.9% dari penjualan smartphone.

Baca Juga: Kantar Merilis Data Terbaru Market Share Smartphone Juni 2016

 

Xbox One S sudah tersedia di negara-negara ini

Tim Xbox mengumumkan ketersediaan konsol baru, Xbox One S mulai 2 Agustus. So, bagi mereka yang sebelumnya sudah pre-order, Xbox One S sudah bisa dibawa pulang per tanggal tersebut.

Namun hanya pasar-pasar terpilih saja, termasuk Australia, Austria, Belgia, Kanada, Republik Ceko, Denmark, Finlandia, Prancis, Jerman, Yunani, Hongaria, Irlandia, Italia, Belanda, Selandia Baru, Norwegia, Polandia, Portugal, Slowakia, Spanyol, Swedia, Swiss, Turki, Inggris dan AS.

Acer secara resmi mengumumkan Predator 21X, laptop dengan layar lengkung.

Acer juga mengumumkan Swift 7, yang diklaim sebagai laptop Windows 10 tertipis di dunia.

Lenovo secara resmi mengumumkan Yoga 910.

 

APPS:

Microsoft Cabut dukungan semua aplikasi Sunrise Calendar-nya dari AppStore mulai 31 Agustus

Amazon hentikan dukungan aplikasinya untuk Windows Phone

Baca: Amazon Akan Pensiun dari Bursa Windows Mulai 15 Agustus

Aplikasi Starbucks Windows 10 Mobile dirilis ke Windows Store.

Aplikasi Amazon Windows 10 dirilis ke Windows Store.

Aplikasi WeChat Windows 10 dirilis ke Windows Store.

Aplikasi Facebook Windows 10 akhirnya menghapus embel-embel BETA.

SharePoint Preview Windows 10 dirilis ke Windows Store.

Aplikasi Sky News Windows 10 dirilis ke Windows Store.

Aplikasi Office Lens Windows 10 dirilis ke Windows Store.

 

GAMES:

Di bulan ini cukup banyak game baru nan seru siap menghiasi PC dan Xbox One kamu. Berikut ini daftar selengkapnya.

1 Agustus :

Intrude

Adalah game bergenre FPS (first-person shooter). Misi kamu dalam game ini ialah mendapatkan kembali basis militer yang telah ditinggalkan sejak lama, yang tiba-tiba diambil alih oleh beberapa kelompok militer swasta.

Batman – The Telltale Series
PC, Xbox One, Xbox 360

Kamu akan berperan sebagai Bruce Wayne yang berjiwa rapuh dan lalu menemukan seorang super yang memiliki konsekuensi yang berdaya jauh dan kuat: sebagai Dark Knight.

Game ini juga akan menjadi judul Telltale pertama untuk fitur Crowd Play, ajak teman-temanmu untuk ikut gabung dalam games grup!

2 Agustus

Livelock
PC, Xbox One, PS4

Livelock akan membawamu memasuki abad ke-22. Kelompok – kelompok pengendali mesin penghancur apa saja yang tersisa dari bumi, bertempur satu sama lain dalam peperangan tak terbatas. Kamu harus melawan sekelompok mesin penghancur dan mematahkan siklus perang tak terbatas, sebelum kemanusiaan dilupakan dalam sejarah.

3 Agustus

Overcooked!
PC, Xbox One

Dengan mendukung satu sampai empat pemain (dua pemain dapat berbagi satu controller) dan kampanye drop/drop-out co-op, Overcooked akan membawa kamu melintasi Kerajaan Bawang, di mana kamu dan koki kamu akan bekerja sama melayani pemesanan sebelum pelanggan datang menyerbu.

ABZU
PC, PS4

ABZÛ akan membawa para gamers ke petualangan epik sebuah kedalaman laut, dimana mereka akan menghadapi makhluk-makhluk yang dahsyat dan menemukan sebuah rahasia yang telah lama hilang. Game menarik yang terinspirasi dari kisah yang mendalam.

Itulah highlights sekitar Microsoft terkait apa yang terjadi pada bulan Agustus 2016. Nantikan artikel selanjutnya!