Di artikel sebelumnya, kamu sudah melihat apa saja yang terjadi di bulan Januari. Sobat belum sempat membacanya ? Tenang, WinCamp kasih link pintasnya di sini: ?

Januari

 

Yok dilanjut. Inilah highlight bulan Februari.

Februari

Windows 10

Setelah pada Januari berhasil masuk 5 besar untuk kategori OS PC, Windows 10 akhirnya mampu melampaui Windows XP dan 8 dengan 11,86% market share. Namun Windows 7 masih di puncak dengan 52,47% market share.

Dari data yang di-publish oleh NetMarketShare di atas bisa kita lihat sistem operasi Windows 7 menurun meskipun tidak terlalu banyak. Windows 10 terus naik dalam waktu beberapa bulan ini. Seperti yang kita tahu Microsoft menargetkan 1 miliar perangkat menginstal Windows 10 di tahun 2018 nanti. Hal itu bukan mustahil bisa terwujud, pasalnya hanya dalam waktu beberapa bulan saja Windows 10 telah melampaui Widows 8/8.1 dan Windows XP.

Baca Juga: Lagi Sistem Operasi Windows 10 Lampaui Windows XP

 

Perangkat Windows 10

Lumia 650 Dual Sim

15 Februari — Microsoft akhirnya resmi mengumumkan Lumia 650, sebuah smartphone Windows 10 Mobile low-end ditujukan untuk pebisnis. Sekaligus menjadi ponsel lumia terakhir yang diproduksi Microsoft. Ini merupakan realisasi dari pernyataan Microsoft kalau mereka akan berhenti membuat ponsel Lumia dan akan berfokus ke pengembangan Surface Phone.

Sesuai dengan rumor yang bertebaran beberapa bulan sebelumnya, Lumia 650 membawa desain metal dan tampil lebih mewah dari Lumia pendahulunya. Begitupun dengan spesifikasinya yang memang dikhususkan untuk kalangan pebisnis.

Berbekal layar 5-inch (1280 x 720 pixels, 297ppi, AMOLED, ClearBlack, Gorilla Glass 3), smartphone ini ditenagai oleh CPU Qualcomm Snapdragon 212 (Quad core, clocked at 1.3 GHz). Dilengkapi juga dengan internal 16GB (with microSD support) dan RAM 1GB. Juga telah dibekali kamera belakang 8MP dan camera depan 5MP (f/2.2 aperture). Kapasitas baterainya mencapai 2000 mAh. Juga difasilitasi Bluetooth 4.1, GSM, WCDMA, LTE support, Glance screen support.

Ponsel ini cukup slim dan terlihat cantik nan elegan. Lumia ini juga terasa dan tampak lebih premium dengan lis logam di sisi.

Baca: Microsoft Secara Resmi Memperkenalkan Lumia 650

 

Windows 10 Mobile memang belum sempurna dan belum populer, akan tetapi sudah banyak vendor yang membuat ponsel dengan OS ini.

Berikut ini adalah daftar lengkap nama vendor yang akan (dan telah) memproduksi Windows 10 Mobile:

  • Alcatel OneTouch Fierce XL
  • Archos Cesium 50
  • Bush Eluma
  • Funker W5.5Pro
  • Diginnos Mobile DG-W10M
  • Freetel Katana 02
  • Yamada Denki EveryPhone
  • Acer Liquid M320/M330
  • Freetel Katana 01
  • Coship Moly X1
  • Xiaomi Mi 4 LTE
  • VAIO Phone Biz

Salah satu vendor smartphone yang belum lama ini memperkenalkan ponsel dengan Windows 10 Mobile ialah VAIO. VAIO mengumumkan awal ketersediaan ponsel Windows 10 Mobile terbarunya yang diberi nama VAIO Phone Biz. Ini tersedia secara eksklusif di Jepang.

VAIO Phone Biz akan membawa spesifikasi Prosesor Snapdragon 617, 3GB RAM, 16GB Internal Storage, Camera 13MP belakang, 5MP depan, Jaringan LTE, Wi-Fi, Bluetooth 4.0, Battery 2800 mAh dan Layar 5.5 inc Full HD.

Baca Juga:

Penampilan pertama pada VAIO The Phone Biz, Windows 10 Mobile VAIO pertama

Video : Vaio Phone Biz Dengan Windows 10 Mobile

Ini Daftar Ponsel Yang Akan Menggunakan Windows 10 Mobile

 

Funker juga secara resmi merilis smartphone Windows 10 Mobile-nya.

W5.5 PRO adalah nama smartphone terbaru produsen asal spanyol ini. W5.5 PRO memiliki luas layar 5.5 inch dengan kualiatas HD 1280×720. Menggunakan Prosesor Qualcomm 1.2 GHz Quad Core 64 bit. Dibekali juga dengan 2 GB RAM ditambah dengan 16 GB Storage yang akan menunjang kamu dalam menyimpan data.

Juga difasilitasi kamera belakang 13 MP dengan dual flash dan kamera depan 5 MP untuk menunjang kamu dalam berselfie. Dengan Baterai sebesar 2600 mAh, sayangnya smartphone ini belum mendukung konektifitas 4G.

Baca Juga:

Ini Dia 12 Brand Smartphone Yang Menggunakan Windows 10 Mobile

W5.5 PRO Smartphone Dengan Windows 10 Mobile

 

Alcatel OneTouch Fierce XL mulai dijual dengan dibundling operator T-Mobile dengan dibanderol US$139,99. Alcatel sebelumnya telah memperkenalkan smartphone Windows 10 Mobile terbarunya ini di acara CES 2016 pada Januari.

OneTouch Fierce XL berbekal layar 5 inci HD, prosesor quad core Qualcomm Snapdragon 1GHz, kamera utama 8MP dan kamera selfie 2MP, RAM 2GB, serta penyimpanan internal 16GB. Tak ketinggalan pula, Smartphone Windows 10 Alcatel itu dibekali baterai berkapasitas 2500 mAh.

 

HP umumkan secara resmi Elite x3, Ponsel flagship Windows 10 Mobile ditujukan untuk para eksekutif.

Baca Juga: 

Ini Dia HP Elite X3 Penantang Microsoft Lumia 950

Ini Dia Video Resmi HP Elite X3, Cekidot !

 

Aplikasi dan Game

Aplikasi DailyMotion Windows 10 (UWP) dirilis.
Aplikasi Salesforce1 Windows 10 (UWP) dirilis.
Aplikasi Hulu Windows 10 (UWP) dirilis.
Aplikasi Plumbago Windows 10 (UWP) Microsoft Garage dirilis.
Papa Pear Saga Windows 10 dirilis.

 

Lainnya

WhatsApp Web sekarang mendukung Microsoft Edge.
Experience outlook.com baru mulai digulirkan secara global.
Microsoft mengakuisisi Xamarintool pengembangan aplikasi Mobile multi-platform terkemuka di dunia. (Baca Juga: Microsoft Mengakuisi Xamarin, Pengembang Aplikasi Mobile)

Oke, sob. Semua di atas adalah highlights Microsoft terkait apa saja yang terjadi selama bulan Februari 2016. Ada yang mau menambahkan?

Artikel berikutnya, tentu saja, Maret! Tetap disini! ?

Please Login to comment
avatar
  Subscribe  
Notify of