Dalam waktu dekat kita akan mengucapkan “Goodbye, 2016 and Welcome 2017”.

2016 adalah tahun bersejarah bagi Microsoft. Jadi mari kita rekap dari bulan ke bulan, peristiwa apa saja yang terjadi seputar Microsoft, Windows dan Windows Phone sepanjang 2016.

Di artikel sebelumnya, kamu sudah melihat apa saja yang terjadi di bulan Januari, FebruariMaretApril, dan Mei.

Dan inilah highlight selama bulan Juni.

Juni 2016

Microsoft

* Gabe Aul Mundur, Dona Sarkar gantikan posisi sebagai Kepala Program Windows Insider

Baca selengkapnya di sini: Gabriel Aul Menyatakan Mundur dari Jabatan Pimpinan Tim Insider

 

* Microsoft beli LinkedIn senilai Rp348 Triliun!

Berita yang sangat mengejutkan! Microsoft pada 13 Juni umumkan rencananya untuk membeli LinkedIn senilai $196/saham atau $26,2 miliar yang setara dengan sekitar Rp348 Triliun! Wow! Transaksinya pun akan tersedia secara all-cash.

LinkedIn akan tetap bekerja secara independen namun di bawah payung Microsoft. Diperkirakan akan ada integrasi ke depannya. Transaksi beserta proses akuisisi diperkirakan akan tuntas pada akhir tahun ini.

 

Windows 10

Windows 10 telah dijalankan di lebih dari 350 juta perangkat.

 

E3 2016

E3 2016 merupakan acara gaming terbesar yang pernah ada. Digelar mulai 13 Juni 2016.

* Microsoft Kalahkan Sony di E3 2016!

Acara E3 2016 menjadi suatu ajang untuk melihat vendor mana paling populer atau paling banyak dibicarakan. Ternyata Microsoft-lah yang mendominasi dengan 30% perhatian di dunia web.

Sony berada di urutan kedua dengan hanya 19% perhatian, diikuti Ubisoft sebesar 18%, EA 14%, Bethesda dan Nintendo sama-sama 9%.

 

E3charts-conference

Di situ terlihat Xbox Project Scorpio dan Xbox Design Lab mendominasi acara Microsoft yang terpopuler itu. Diikuti oleh beberapa game andalan dan juga konsol Xbox One S baru yang merupakan keluarga baru Xbox dengan 4K Video, HDR Gaming, dan berbagai fitur keren lainnya.

 

* Xbox “Project Scorpio” resmi diumumkan

Di akhir event E3 2016 Microsoft memberikan sedikit detail soal rencana Xbox ke depannya yaitu “Project Scorpio”. Adalah masa depan Xbox dimana nantinya Xbox akan terus diperbarui seperti halnya ponsel yang setiap tahun ada upgrade. Sehingga Xbox ke depannya akan terus mendapat fitur baru yang tercanggih.

Project Scorpio akan hadir dengan 6 teraflops yang tentunya lebih powerful ketimbang kebanyakan GPU Nvidia. Juga 5x lebih cepat dibanding PS4. Apalagi mengingat produk akandiluncurkan di akhir 2017, Microsoft tentu akan membuatnya lebih powerful lagi.

Hal ini juga membuat integrasi dengan produk VR atau produk MR/Mixed Reality seperti HoloLens semakin erat dan saling memperkuat satu sama lain. Project Scorpio menawarkan pengalaman dunia virtual terbaik yang pernah ada dalam sejarah gaming.

 

* Xbox Play Anywhere Resmi Diumumkan

Selain meluncurkan Xbox One S, One S Wireless Controller dan program Xbox Design Lab, Microsoft juga luncurkan Xbox Play Anywhere yang mana Gears of War 4 akan menjadi game pertama yang memakai sistem ini.

Xbox Play Anywhere memiliki sistem yang mirip dengan Universal Apps, dimana ketika sudah bayar sekali maka tidak perlu bayar lagi kedua kalinya di produk Windows lain. Cukup sekali bayar di Xbox atau PC, kita bisa bermain di perangkat lainnya. Ini juga merupakan implementasi dari penggabungan Xbox Store dan Windows Store.

Ketika bermain game Xbox Play Anywhere, game terakhirmu dapat dilanjutkan dengan mudah baik di Xbox One maupun di Windows 10 PC berkat adanya Xbox Live, sehingga achievements, trophy, dan semacamnya akan ikut ter-update.

Daftar game yang mendukung sistem ini:

  1. Gears of War 4
  2. Dead Rising 4
  3. Sea of Thieves
  4. Forza Horizon 3
  5. Scalebound
  6. State of Decay 2
  7. Halo Wars 2
  8. Recore
  9. Crackdown 3
  10. Phantom Dust
  11. Cuphead
  12. Slime Rancher
  13. The Culling
  14. Everspace
  15. Ark: Survival Evolve

 

Windows Phone

* Kantar rilis laporan terbaru Edisi Juni tentang market share Smartphone global.

kantar-June-2016

Seperti biasa, Android masih memimpin pasar dengan rata-rata 80% di setiap negara, sementara iPhone masih di peringkat 2 dengan rata-rata 25%.

Windows masih belum bergerak dari posisi 3. Namun ada sebuah kejutan. Di Jepang, perangkat Windows naik sebesar 0,03% dalam waktu 3 bulan ini.

 

Perangkat Windows 10

* Pre-Order NuAns NEO Tersedia di Kickstarter Mulai Akhir Juni

NuAns NEO merupakan smartphone modular pertama yang berbasis OS Windows 10 Mobile. NuAns NEO yang sebelumnya hanya tersedia di Jepang, akhirnya secara resmi diumumkan akan segera rilis di seluruh dunia. Mulai minggu akhir Juni, NuAns NEO dipasarkan (dipromosikan lewat kampanye) di Kickstarter dengan metode ‘pre-order’.

Seperti halnya Lumia 950XL dan HP Elite x3, NuAns NEO juga mendukung fitur Continuum. Dan salah satu hal yang membuat NEO NuAns unik adalah fitur swappableTWOTONE“. Dengan fitur ini kamu bisa memilih salah satu di antara sekian banyak tekstur yang indah dan warna yang menakjubkan yang beragam untuk kedua bagian atas dan bawah ponsel ini. Kamu juga bisa menggonta-ganti case dengan mudah. NuAns juga menawarkan Flip case yang secara otomatis akan membangunkan ponsel ketika flip ini dibuka.

* Lumia 640 AT & T mendapat giliran update ke Windows 10 Mobile

* Lumia 1520 AT & T mendapat giliran update ke Windows 10 Mobile

 

* 14 Juni: Di acara E3 2016, Microsoft Secara Resmi perkenalkan Xbox One S

* Preorder tersedia di Amazon US mulai 14 Juni

Microsoft secara resmi meluncurkan konsol Xbox One S di acara E3 2016 yang sempat bocor beberapa hari sebelumnya. Xbox One S hadir dengan bodi 40% lebih kecil yang merupakan produk Xbox paling compact namun powerful. Juga hadir dengan Windows 10 Anniversary Update.

Xbox One S juga hadir dengan 4K UHD Video Recording serta HDR Game dan Video. So pengalaman bermain game atau menonton hiburan dari Netflix, Amazon Video, atau Microsoft Movies & TV terlihat jauh lebih nyata dan spektakuler. Bermain Gears of Wars 4 atau Scalebound pun juga terlihat lebih cinematic berkat fitur HDR yang pertama dan satu-satunya di dunia konsol ini.

Xbox One S Wireless Controller

Ck2ETS3XAAUqCZC

Xbox One S Wireless Controller hadir dengan built-in bluetooth, mendukung lebih banyak device Windows 10 dengan jangkauan lebih luas dan akurat. Desain dan tekstur barunya juga lebih nyaman sehingga pengalaman gaming juga lebih terasa. Microsoft menyebut desain controller ini sebagai “streamline“.

Di E3 2016 ini Microsoft juga umumkan Vertical Stand baru untuk Xbox One S. Sesuai namanya, dengan Vertical Stand, kamu bisa menggunakan Xbox One S dalam mode vertikal. Sayangnya, Vertical Stand dijual terpisah dengan harga $19,99.

  • 500GB: $299,99 (Rp 4 juta)
  • 1TB: $349,99 (Rp 4,7 juta)
  • 2TB: $399,99 (Rp 5,4 juta)
  • Vertical Stand: $19,99 (Rp 270 ribu)
  • Wireless Controllernya saja: $60 (Rp 810 ribu)

Versi 2TB tersedia mulai 31 Agustus 2016. Sementara dua versi lainnya akan tersedia mulai 30 Desember 2016.

 

Apps & Games

* Bocoran Skype Preview UWP Mulai Beredar

Sebuah versi yang lebih baru dari versi Skype UWP Preview untuk Windows 10 Mobile telah bocor secara online. Versi pertama yang bocor adalah versi baru 11.6.56. Versi ini hadir dengan Dark Theme yang tampak lebih baik dari segi desain. Juga memiliki animasi slide-in yang bagus, dan aplikasi keseluruhan terasa jauh lebih stabil.

Lalu bocor juga versi 11.6.72.0, yang hanya tersedia untuk Windows 10 Mobile Redstone. Versi ini tersedia dengan mengunduh file .appx melalui link-link yang tersebar dan terlebih dulu harus mengaktifkan Developer mode.

* Update Terbaru Groove Music hadirkan fitur “Your Groove

Microsoft gulirkan update terbaru untuk Groove Music, memasukkan fitur baru: “Your Groove”.

Update yang mengusung versi 3.6.2244.0 ini tersedia untuk Fast Ring.

 

* Aplikasi Viber Windows 10 UWP dirilis ke Windows Store.

Baca di Sini: Viber Universal Untuk Windows 10 Resmi Dirilis

* Aplikasi Messenger (Beta) iOS porting untuk Windows 10 Mobile resmi dirilis.

Baca di Sini: Cara Menginstal Messenger (Beta) di Lumia Windows 10 Dengan Mudah

* Aplikasi GroupMe Windows 10 UWP resmi dirilis.

* Aplikasi Amazon resmi ditarik dari Windows Store.

* Microsoft Authenticator (BETA) resmi dirilis untuk Windows 10 Mobile.

Baca di Sini: Baru Microsoft Authenticator Beta Tersedia Untuk Windows 10 Mobile Redstone.

* Ekstensi Evernote Web Clipper untuk Microsoft Edge resmi dirilis.

* Kiloo resmi hentikan dukungan untuk Subway Surfers versi Windows Phone, akan fokus pada Windows 10 Mobile.

* Aplikasi Win32 WordPad, Fax and Scan, XPS Viewer, dan Character Map resmi dirilis ke Windows Store dengan bantuan Project Centennial.

Baca di Sini: WordPad, Fax and Scan, XPS Viewer untuk Windows 10 Telah Tersedia di Store

 

*Expedia Luncurkan Aplikasi UWP untuk Windows PC & Mobile

Expedia adalah perusahaan penyedia travel online di mana kamu bisa booking tiket maskapai, pesan hotel, sewa mobil, kapal pesiar, paket liburan dan berbagai jasa lainnya melalui Web dan telepon agen wisata.

Perusahaan meluncurkan aplikasi universal untuk Windows 10 Mobile dan PC. Aplikasi ini juga mendukung perintah suara melalui Cortana.

* Audiocloud diperbarui, kini resmi menjadi aplikasi UWP

Audiocloud adalah aplikasi Client untuk SoundCloud untuk Windows Phone. Aplikasi ini diperbarui dengan perubahan UI untuk Windows 10 Mobile dan kini merupakan aplikasi universal.

* Opera Mini mendapat major update untuk Windows Phone dengan menambahkan Ad Blocker

Dengan Ad-Blocker pada Opera Mini memungkinkan kamu untuk memuat situs lebih cepat.

* Resident Evil 5 Versi Remake Tersedia di Xbox One Mulai Akhir Juni

ResidentEvil5-16-640x360

Pada Maret 2009 silam, game Resident Evil 5 (versi orisinil) dirilis untuk konsol Xbox 360 dan PlayStation 3.

Setelah 7 tahun lamanya, game ini dihidupkan kembali alias remastered atau remake.

Resident Evil 5 (Remake) ini resmi dirilis pada 28 Juni untuk Xbox One dan PS4.

Di saat peluncuran, game ini dipaketkan bersama dengan rangkaian DLC game Resident Evil 5 ini dan juga mode permainan The Mercenaries United. Dalam mode permainan The Mercenaries United, pengguna dapat memainkan seluruh karakter yang ada dari awal, jadi tidak perlu lagi repot membukanya terlebih dulu. Selain itu disiapkan juga stage-stage spesial untuk dimainkan.

Dengan embel-embel “Remastered”, maka tentu saja ada beberapa perubahan terutama dari sisi grafis game Resident Evil 5 ini. Dengan kualitas HD (High Definition), game ini mampu berjalan di resolusi 1080p. Selain itu, juga ada beberapa peningkatan lain seperti peningkatan frame per second atau FPS.