Tinggal menghitung hari. Ya. Dalam waktu dekat kita akan mengucapkan “Goodbye, 2016 and Welcome 2017”.

2016 adalah tahun bersejarah bagi Microsoft. Jadi mari kita rekap dari bulan ke bulan, peristiwa apa saja yang terjadi seputar Microsoft, Windows dan Windows Phone sepanjang 2016.

Di artikel sebelumnya, kamu sudah melihat apa saja yang terjadi di bulan Januari, FebruariMaret dan April.

Dan inilah highlight selama bulan Mei.

Mei 2016

Microsoft

CEO Microsoft Satya Nadella Blusukan ke Indonesia

Mau ngapain? Ada keperluan apa pake blusukan ke Indonesia segala?

Microsoft Indonesia menyelenggarakan acara pertemuan para developer se-Indonesia pada Kamis, 26 Mei 2016. Event seminar yang bertajuk Microsoft Developer Festival atau DevFestID tersebut digelar di Ballroom Hotel Ritz-Carlton, Pacific Place, Jakarta. Lewat event inilah CEO Microsoft Satya Nadella untuk pertama kalinya hadir di Indonesia dan berbicara mengenai perkembangan teknologi digital Microsoft.

Acara #DevFestID dimulai sejak pukul 9 pagi. Ruang seminar hotel yang berkapasitas lebih dari 1200 kursi terisi penuh oleh hadirin yang merupakan para aktivis teknologi dan juga para developer yang telah mendaftar sejak beberapa pekan lalu. Acara tersebut juga turut disaksikan oleh lebih dari 2.000 orang mahasiswa yang tersebar di lima kawasan terpencil di Indonesia secara live-streaming melalui Skype. (Baca Selengkapnya di: CEO Microsoft Satya Nadella Hadir di Event DevFestID, Apa Saja Yang Dibicarakan? )

 

Selain Indonesia, Satya Nadella juga Blusukan ke India

CEO Microsoft, Satya Nadella juga berkunjung ke India. Mau ngapain? Dia bertemu dengan sejumlah pengusaha, pengembang, pelajar, dan CEO perusahaan-perusahaan besar di negara ini. Ceritanya nih Microsoft India kan jadi tuan rumah suatu event dengan Satya Nadella. Sang CEO Microsoft ini mengajak diskusi dengan orang-orang tersebut di atas tentang ‘Bagaimana teknologi berkembang untuk memecahkan permasalahan dalam dunia nyata dan mengendalikan transformasi India’.

Microsoft mengumumkan rencananya akan mem-PHK sebanyak 1.850 orang karyawan di Divisi Mobile-nya sebagai bagian dari restrukturisasi.

Microsoft Mobile Oy yang merupakan anak perusahaan Microsoft berencana akan melakukan restrukturisasi perusahaan yang mengakibatkan pemangkasan sekitar 1350 karyawannya.

Meskipun begitu Microsoft akan tetap berinvestasi dan menetap di Finlandia, sehingga tidak ada rencana untuk hengkang dari negeri tersebut dikarenakan banyaknya talenta serta start-up yang menjanjikan di sana.

Microsoft Secara Resmi Rilis Flow dan Ketersediaan PowerApp Versi “Public Preview”

Microsoft secara resmi mengumumkan rilis Microsoft Flow yang telah bocor sebelumnya.

Microsoft Flow merupakan suatu layanan terbaru dari Microsoft yang menawarkan cara bisnis untuk menghubungkan berbagai layanan yang berbeda untuk mengotomatisasi tugas-tugas yang menumpuk. Selain itu Microsoft juga resmi meluncurkan versi “Public Preview” dari layanan PowerApps.

wp_ss_20160501_0003

Microsoft Flow mirip dengan layanan IFTT (If This Than That) yang memungkinkan untuk menciptakan sebuah “arus (flow)” yang bisa menghubungkan layanan bersama-sama. “Work Less, Do More” begitulah slogan layanan ini. Layanan ini meliputi Microsoft Office 365 dan OneDrive bersama dengan berbagai produk dan layanan dari pihak ketiga seperti Twitter, Slack, Dropbox, Google Drive, GitHub, Dynamics CRM, SharePoint, SQL dan lainnya.

(Baca Selengkapnya di: Microsoft Secara Resmi Mengumumkan Rilis Flow dan Ketersediaan PowerApp Versi “Public Preview” )

 

Dalam Sepekan Pertama “Bug Bash”, Microsoft Telah Menerima 375.000 Feedback

7 Mei, Tim Teknisi Window Insider menyampaikan hasil perolehan feedback yang terhimpun sejak hari pertama gelaran “Bug Bash” yaitu 1 Mei.

Hingga 7 Mei, Microsoft telah menerima sebanyak 375 ribu feedback dari para Insiders selama pekan pertama gelaran “Bug Bash”-nya. Tim juga telah memperoleh 89 orang Quests dalam Bug Bash ini yang mana di antaranya telah mengirimkan feedback yang sebagian besar isinya mencakup berbagai topik yang berkaitan dengan keseluruhan pengalaman Windows, aplikasi, perangkat, pengalaman pribadi maupun produktif.

 

Microsoft Edge Windows 10 Mobile Akan Mendapatkan Dukungan Ekstensi

Beredar rumor bahwa browser andalan Microsoft, Microsoft Edge di Windows 10 Mobile Akan Mendapatkan Dukungan Ekstensi. (Baca: Microsoft Edge Windows 10 Mobile Akan Mendapatkan Dukungan Ekstensi )

Microsoft akan bekerja sama dengan Facebook untuk membangun kabel optik bawah laut di Samudra Atlantik.

Pertengahan bulan ini mulai terdengar kabar Microsoft akan menjual bisnis Feature Phone-nya ke Foxconn. (Baca Juga: Microsoft Akan Menjual Bisnis ‘Featured Phone’ nya ke Foxconn )

Microsoft melalui sebuah catatan di akun Facebook-nya menjelaskan bahwa Windows Phone belum mati, dan akan terus dikembangkan. (Baca Juga: Microsoft : Ini Bukan Akhir Dari Windows Phone )

 

Windows 10

Windows 10 sekarang telah diinstall di sebanyak 300 juta perangkat. Namun agaknya ini merupakan pertama kalinya mengalami penurunan sejak pertama kali diluncurkan. Bulan ini meraih persentase sebanyak 14,35%, turun 0,35% dari bulan sebelumnya yang 14,5%.

Sedangkan Windows 10 Mobile mengantongi angka 10,4% market share versi statistik AdDuplex. (Baca Juga: AdDuplex: Kini Windows 10 Mobile Peroleh 10,4% Pangsa Pasar )

Market share Windows 10 berhasil menyalip Windows 7 di Amerika Serikat.

 

Computex 2016

HP secara resmi mengumumkan laptop dan desktop OMEN baru.

ASUS umumkan secara resmi notebook terbarunya: Zenbook 3 dan Transformer 3. (Baca Juga: Tingkatkan produktivitas Asus luncurkan 4 Produk Windows 10 Baru! )

MSI mengumumkan GT83/GT73 Titan SLI,GS63 Stealth Pro,GS73 dan MSI Backpack PC.

Dell secara resmi umumkan Inspiron 17 7000 2-in-1, laptop 2-in-1 17-inch pertama di dunia. (Baca Juga: Dell lakukan penyegaran di Jajaran Inspiron berbasis Windows 10! )

 

Perangkat Windows 10

HP memperkenalkan perangkat Windows 10 terbaru besutannya, seri Pavilion versi refresh.

HP melakukan “penyegaran” dengan meluncurkan 3 produk terbarunya yang masuk dalam keluarga Pavilion. 3 produk tersebut mencakup PC All-in-One Pavilion, tablet convertible x360 dan sebuah tower PC Pavilion yang tangguh. Ketiga produk terbaru Pavilion ini serupa model sebelumnya, namun 30% lebih kecil. Masing-masing dari ketiga perangkat baru ini telah menjalankan Windows 10 bawaan.

Kesemuanya memiliki beberapa pilihan yang menarik. Untuk model layar 23,8-inci dibanderol mulai dari $699.99. Menyediakan pilihan “micro-edge display” baru yang dilapisi bezel yang makin tipis, dari yang awalnya 26mm menjadi 6.4mm. Dengan memberikan opsi ini, PC ini mengingatkan kita pada layar televisi modern (yang umumnya tipis).

(Baca Selengkapnya di: HP Mendesain Ulang Seri Pavilion Andalannya: PC All-in-One, Tablet x360 Convertible dan Tower )

 

Tak mau kalah dengan HP, Dell juga me-refresh/mendaur ulang jajaran Inspiron-nya. Selain itu Dell juga mengumumkan Dell Inspiron 11 3000 2-in-1 with Windows 10 secara resmi. Dell lakukan penyegaran di Jajaran Inspiron berbasis Windows 10! )

 

Cherry Mobile luncurkan ponsel Windows 10 Mobile murah dengan nama: Alpha Prime 5

 

Cherry Mobile, sebuah perusahaan ponsel yang bermarkas di Filipina secara resmi meluncurkan ponsel Windows 10 nya, Alpha Prime 5 di event bertajuk “Computex Taipei 2015”.

Alpha Prime 5 ini sebenarnya tidak ada bedanya sedikit pun dengan pendahulunya, Alpha Prime 4. Bedanya cuma ukuran layarnya saja yang kini lebih lebar. Ponsel andalan Cherry Mobile yang mengusung OS Windows 10 Mobile ini memiliki layar HD IPS 5 inch dengan 8GB ROM, 1GB RAM dan prosesor Quad Core 1,1 GHz.

Berikut spesifikasi lengkap:

Prosesor 1,1 GHz Qualcomm MSM8909 Snapdragon 210 quad-core
Layar 5″ HD IPS (720 × 1280 ~ 294 ppi)
GPU Adreno 304
RAM 1 GB
Internal storage 8 GB, bisa diperluas dengan SD Card sampai batas maksimal 32 GB
Kamera Belakang: 8 MP autofocus dengan flash LED dan Depan: 2 MP
SIM Card Dual SIM, dual standby (Micro SIM)
Koneksi WiFi, Bluetooth dan konektivitas 4G
GPS dengan A-GPS

Perusahaan tersebut resmi melemparkan Alpha Prime 5 ke pasar Filipina dengan harga PHP3.999 ($84,61 atau sekitar Rp1.150.000).

 

Oculus Rift mulai dijual secara resmi di Microsoft Store dan Amazon online

Oculus Rift mulai dijual secara resmi di Microsoft Store dan Amazon online. Pemesanan bisa dilakukan secara online di Microsoft Store pada jam 12.00 ET (sekitar jam 16:00 GMT) mulai 6 Mei.

Selain di Microsoft Store dan Amazon, sehari berikutnya Oculus juga meluncurkan produknya di Best Buy. Perusahaan juga meluncurkan pengalaman berbelanja online baru di 48 gerai Best Buy, di mana pelanggan diberi kesempatan untuk mencoba demo perangkat virtual reality dan membeli headset Rift. Pihak perusahaan mengaku bahwa stok headset Rift yang dijualnya ini “sangat terbatas”. (Baca Selengkapnya di: Oculus Rift Dijual Resmi di Microsoft Store dan Amazon Mulai 6 Mei )

 

Pangsa pasar ponsel Windows Phone kembali anjlok menjadi hanya 0,7% di seluruh dunia. (Baca Juga: Market Share Windows Phone Kembali Turun Sekarang Hanya 0.7 Persen)

 

Aplikasi dan Game

Microsoft Edge dan Internet Explorer dikalahkan oleh Google Chrome dan Mozilla Firefox. Chrome berada di posisi puncak, diikuti oleh Firefox sebagai web browser yang paling banyak digunakan. (Baca Juga: Firefox Kini Menempati Posisi Kedua Sebagai Browser Terfavorit Setelah Chrome)

Microsoft Hentikan Pengembangan Game Project Spark

Microsoft Luncurkan aplikasi Microsoft Dynamics CRM di Windows 10 secara Universal

Microsoft meluncurkan aplikasi Microsoft Dynamics CRM di Windows 10 secara universal sehingga aplikasi ini bisa digunakan dengan mudah di PC, tablet, atau ponsel Windows 10.

apps.48725.13510798887412834.f451db0a-709e-4898-92ae-c0a2457d3a61

Dynamics CRM adalah solusi yang tepat bagi pebisnis untuk memikat konsumen namun tetap produktif baik di saat kerja maupun dalam perjalanan. Datang dengan penuh persiapan di setiap pertemuan, dan update catatan, pekerjaan, kontak dll. dengan detail yang masih fresh.

Dynamics CRM juga memungkinkan para penjual untuk memanajemen data penjualan dari bisnis secara kontekstual dalam perjalanan. Membuat kebebebasan mobilitas bagi para agen ataupun supervisor dalam berbagai kondisi dan situasi perusahaan.

Aplikasi bisa di-download DI SINI.

 

Aplikasi Vine UWP Windows 10 resmi dirilis ke Windows Store.

Aplikasi WinZip UWP Windows 10 resmi dirilis ke Windows Store. (Baca Juga: WinZip UWP Sudah Tersedia di Windows 10 Mobile dan PC )

Aplikasi bawaan FM Radio telah dihapus dari Windows Store mulai 10 Mei. (Baca Juga: Aduh, Microsoft Menghapus Radio FM dari Windows 10 Mobile Untuk Selamanya! )

UI baru pada Windows Store resmi dirilis ke Windows Insiders.

PayPal hentikan dukungannya untuk aplikasi Windows Phone. 

 

Itulah semua highlights yang terjadi selama Mei 2016. Artikel selanjutnya, tentu saja, Juni! Tetap di sini ya!