Sesaat lagi hitung mundur dimulai! Menuju pergantian tahun. Ya, bentar lagi 2016 akan kita lewati. Mari kita rekap dari bulan ke bulan, peristiwa apa saja yang terjadi seputar Microsoft, Windows dan Windows Phone sepanjang 2016.

Di artikel sebelumnya, WinCamp sudah beberkan apa saja yang terjadi di bulan Januari, FebruariMaretAprilMeiJuni JuliAgustus, September dan Oktober.

Ayo dilanjut! Inilah highlight selama bulan Nopember.

Nopember

Microsoft

Diduga Memonopoli, Kaspersky Laporkan Microsoft Ke Uni Eropa

Kasus ini bermula dari kecemburuan Kaspersky terhadap penggunaan program antivirus yang dibuatnya. Setiap pengguna PC membuka suatu aplikasi/software antivirus pihak ketiga, maka Microsoft akan mengarahkan pengguna ke Windows Defender. Padahal, pengguna sudah memasang program antivirus pihak ketiga.

Menurut CEO Kaspersky, Eugene Kaspersky, Microsoft mencoba menghalang-halangi kehadiran software antivirus pihak ketiga yang terpasang di Windows.

Tak hanya itu, Eugene juga telah melaporkan tindakan Microsoft tersebut ke Uni Eropa dan Otoritas Rusia. Menurutnya, Microsoft telah melakukan praktik monopoli yang dapat merusak persaingan sehat.

Menanggapi tudingan Kaspersky tersebut, Microsoft mengatakan jika pihaknya akan senantiasa mematuhi peraturan yang berlaku di Rusia. “Microsoft Rusia dan Kaspersky Lab memiliki sejarah panjang kerja sama di berbagai bidang. Microsoft berkomitmen untuk bekerja secara penuh sesuai dengan hukum Rusia,” demikian pernyataan resmi Microsoft, seperti dikutip dari Engadget, Senin (14/11/2016).

 

Windows 10

Unified Update Platform (UUP) secara resmi diumumkan untuk Windows 10.

Microsoft terus berupaya memperbaiki dan menyempurnakan Windows 10 melalui build-build Insider menjelang kehadiran Windows 10 Creators Update di awal 2017 mendatang.

Salah satunya ialah dengan menghadirkan Unified Update Platform (UUP). Ya. Microsoft akhirnya memenuhi permintaan banyak pengguna yang meminta agar mereka bisa memberikan kontrol lebih ketika meng-update OS/build baru, mengurangi ukuran download, dan meningkatkan stabilitas baterai.

Nah, dengan UUP ini maka ukuran download update akan berkurang hingga 35% secara bertahap sekaligus meningkatkan daya baterai.

UUP ini juga berlaku pada Mobile, di mana akan mendapatkan sistem update seperti PC sehingga akan ada banyak build yang hadir di waktu yang sama untuk PC dan Mobile.

Windows 10 Anniversary Update dirilis ke Current Branch untuk Bisnis.

 

Perangkat Windows 10

Alcatel Idol 4S dengan bonus headset VR diumumkan secara resmi dan mulai dijual seharga $469. Eksklusif T-Mobile.

Baca: Alcatel IDOL 4S Telah Resmi Dirilis, Berapa Harganya?

Beredarnya foto yang diduga merupakan Surface Phone yang dirilis oleh Evan Blass (@evleaks).

Foto tersebut tampak memperlihatkan sebuah perangkat Windows 10 Mobile yang didukung oleh prosesor Intel sekelas laptop. Sempat menjadi perbincangan hangat di forum-forum Windows dan medsos, sehari kemudian terkuak lah misteri foto tersebut. Ternyata itu adalah Dell Stack dari Dell yang “dibatalkan”. Dell Stack dulunya disiapkan sebagai Ponsel Windows 10 super tangguh dengan prosesor Intel Core M, 4-8GB RAM, dan 64-256GB penyimpanan.

AT & T merilis upgrade Windows 10 Mobile untuk Lumia 640XL

 

Apps & Games

Pesaing Slack, Microsoft Teams secara resmi diumumkan.

Setelah menggelar event khusus untuk Windows 10 pada 26 Oktober lalu, awal bulan ini Microsoft menggelar event yang berfokus pada Office 365. Hari ini (02/11/2016) mereka memperkenalkan Microsoft Teams yang memungkinkan untuk chat dengan kelompok dan terintegrasi dengan layanan Office 365.

“Microsoft Teams akan mempertemukan chatting, pertemuan, catatan, Office, Planner, PowerBI, dan sejumlah ekstensi dan aplikasi untuk membantu tim mendapatkan pekerjaan yang dilakukan,” jelas CEO Microsoft, Satya Nadella. Aplikasi ini lebih terlihat mirip Slack, dalam fungsi dan cara yang sama dengan chatting yang memiliki tab, secara terbuka atau sesi pribadi 1:1.

Microsoft memungkinkan pengguna Office 365 untuk mencoba layanan Microsoft Teams saat ini, di 181 negara dan 18 bahasa. Microsoft berencana untuk menyertakan Microsoft Teams di semua Office 365 Suite and Business, dengan ketersediaan umum dijadwalkan pada awal 2017. Microsoft juga membuka program pengembang Preview hari ini, dengan 150 integrasi diharapkan pada peluncuran awal tahun depan, bersama 70 konektor dan 85 bot.

Beberapa jam sebelum Microsoft menggelar event-nya, Slack membuat iklan surat untuk Microsoft di koran yang mengisyaratkan kekhawatiran mereka dengan kehadiran Microsoft Teams yang juga akan terintegrasi dengan semua layanan Office 365, hal yang Slack tidak dapat lakukan dan dapat menjangkau 85 juta pengguna Office 365 komersil di seluruh dunia.

Baca Juga: Skype Team Akan Menjadi Pesaing Kuat Untuk Slack

 

Aplikasi Facebook GameRooms dirilis untuk Windows 10 PC.

Game Asphalt Xtreme resmi dirilis ke Windows Store.

Aplikasi City Art Search Preview Windows 10 dirilis ke Windows Store.

(Baca: Aplikasi UWP Baru: CAS Preview, dari Microsoft )

Aplikasi Microsoft Authenticator Windows 10 dirilis ke Windows Store.

Aplikasi Dolby Atmos Windows 10 PC dirilis ke Windows Store.

Aplikasi Windows Defender Hub Windows 10 PC dirilis ke Windows Store.

(Baca: Aplikasi Windows Defender Hub Kini Tersedia! Download Sekarang! )

Aplikasi Adobe Photoshop Elements 15 Windows 10 PC dirilis ke Windows Store.

 

Itulah highlights sekitar Microsoft terkait apa yang terjadi pada bulan Nopember 2016. Nantikan artikel selanjutnya!

Please Login to comment
avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
Fer_ferdi Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Fer_ferdi
Guest
Fer_ferdi

Emang bgus gan windows defender itu ?