Pc Tidak berbeda dengan perangkat Elektronik lainnya, yang akhirnya memiliki masa – masa dimana harus meninggalkan maupun menggantinya dengan yang baru sesuai dengan kebutuhan pada masa itu. Tapi, tidak seperti smartphone atau tablet, atau bahkan oven microwave, PC tidak harus dibuang pada tanda awal masalah.

Sebelum mengupgrade PC, Kamu dapat meng-upgrade komponen di PC jika kamu tidak bosan dengan apa yang kamu gunakanan saat ini. Tapi ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan

Kinerja PC Sudah Mulai Melambat

Tanda pertama, Performa PC kamu menurun secara substansial, Penggunaan CPU meningkat Sampai 100% dan penggunaan RAM Selalu Penuh.

PC lama memiliki komponen yang lama juga, sementara itu kebutuhan perangkat lunak yang kamu install secara bertahap tidak akan mengikuti komponen yang lama dan akan terus menuntut seiring berjalannya waktu, dari itu kamu harus mengubah kebiasaan lama kamu.

Pada PC desktop, kamu mungkin bisa menambahkan lebih banyak RAM atau menukar CPU kamu dengan yang lebih baru dan lebih mumpuni, namun keduanya juga bisa menggantikan bagian yang lebih banyak seperti motherboard.

Di laptop, kamu bisa menambahkan lebih banyak RAM atau menukar hard disk drive (HDD) dengan solid-state drive (SSD). Tapi jika laptop itu benar-benar tua (Kebanyakan yang menggunakan seperti Windows 7 atau dibawahnya), mungkin saatnya untuk mendapatkan yang baru saat semuanya mulai lamban.

Tuntutan Kebutuhan

Jika kamu dulu hanya mengecek email dan menjelajah web, kamu mungkin memiliki mesin dengan spesifikasi cukup rendah. Jika tiba-tiba kamu ingin bermain game atau melakukan pekerjaan kreatif yang berat seperti mengedit video, PC kamu mungkin tidak dapat menanganinya secara fisik.

Bermain Game – Game berat

Game merupakan jenis kebutuhan yang tidak lepas dari PC yang kamu gunakan saat ini, jika dahulunya kamu bermain game dengan grafis yang seadanya tentunya kamu  menggunakan PC yang sederhana dan tidak membutuhkan spesifikasi yang mumpuni.
Namu beda lagi dengan sekarang, game sekarang sudah jauh berkembang mulai dari grafis dan tentunya itu akan membutuhkan spesifikasi yang sangat mumpuni, jadi daat itulah kamu akan tersadar bahwa kamu perlu membenahi PC kamu.

PC Rusak Fisiknya

Jika kamu pernah mengalami kerusakan pada PC kamu,  seperti kerusakan pada layar, baterai HDD dan lain2, langkah yang kamu tempuh tentunya memperbaiki atau menggantinya karena suku cadangnya tesedia secara umum.

Tapi jika ada kerusakan besar, terutama pada laptop yang lebih tua, mungkin akan dikenakan biaya lebih dari harga PC kamu sendiri. ami sarankan uang itu kamu tabung atau membeli yang terbaru daripada memperbaiki yang sudah lama walaupun pada akhirnya kamu akan menambah jumlah uang akan kamu keluarkan untuk mendapatkan itu.

Itulah beberapa ulasan kapan sebaiknya kamu harus mengganti atau meng-upgrade PC kamu, dan jika kamu memiliki tips – tips yang lain, kamu bisa berikan kami di kolom komentar.

Please Login to comment
avatar
  Subscribe  
Notify of