Microsoft akan menyediakan layanan browsing yang lebih aman dengan Windows 10 Creators Update. Untuk itu, perusahaan raksasa ini akan memperketat keamanan di browser jagoan mereka, Microsoft Edge.

Pada dasarnya setiap browser menggunakan teknik sandboxing untuk mengisolasi serangan kejahatan cyber-crime terhadap browser dari sistem.

Sebelumnya Microsoft telah menawarkan mekanisme sandboxing ini melalui fitur yang disebut sebagai Protected Mode di Internet Explorer. Hasil analisis terbaru menunjukkan bahwa dengan Microsoft Edge, setiap halaman Internet yang dikunjungi oleh pengguna akan di-render langsung ke dalam sebuah app container secara default, yang merupakan client-side app sandbox terbaru dan teraman di Windows.

Ada beberapa app container yang digunakan oleh Edge. Pertama adalah app container induk, yang menciptakan sejumlah kecil app container tambahan ke host content dari internet.

Tapi dengan dirilisnya Windows 10 Anniversary Update, perusahaan memindahkan Flash ke milik mereka sendiri, app container terpisah. Secara teknis dasar, ketika ada seorang hacker melancarkan serangan pada salah satu app container untuk mendapatkan akses data pribadi yang tersimpan di perangkat, maka mereka harus terlebih dahulu “melarikan diri” (cari aman) dari sandbox.

Tapi dengan Windows 10 Creators Update nanti, akan lebih banyak peningkatan datang di Edge yang membawa lebih banyak kekuatan untuk sandbox di Edge. Untuk itu mereka telah menciptakan sebuah tuned-sandbox untuk proses konten Microsoft Edge, dengan jauh lebih ketat terhadap kebutuhan software fungsional daripada sebuah app container yang umum disediakan.

Selanjutnya Microsoft mencatat bahwa mengurangi serangan (hacker) itu tidak bisa ditangani siapa pun, namun mencoba untuk mencegahnya dengan cara membuat browsing lebih aman adalah suatu upaya yang bisa dilakukan oleh perusahaan. Microsoft akan segera mengumumkan bagaimana fitur baru ini akan memberi pengaruh besar terhadap serangan dunia nyata.

Please Login to comment
avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
lana karyatna Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
lana karyatna
Guest

Pertamax