Doktor hologram mungkin membuat kita teringat soal film Star Trek, hanya saja kini mulai menjadi kenyataan. Silver Chain Group berhasil membuat suatu pengalaman fiksi ini menjadi sesuatu yang dapat kita gunakan di kepala kita.

Silver Chain Group meluncurkan aplikasi untuk Microsoft HoloLens yang memungkinkan apa yang mereka sebut Enhanced Medical Mixed Reality (EMMR). Dirancang untuk memberdayakan staf perawat sementara pada kunjungan rumah dengan data handsfree dan juga untuk memudahkan akses terhadap saran dan penilaian khusus dari dokter spesialis jarak jauh.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Dengan EMMR, semua data pasien tampak di depan staf perawat. Dokter dapat melakukan “holoport” masuk. Kemudian, dapat melihat melalui lensa dari apa yang dilakukan perawat – menciptakan pengalaman klien atau klinisi yang lengkap dan terpadu dari perawatan pasien. Saat dokter jarak jauh dipanggil, mereka dapat melihat data biometrik langsung dan dapat berbicara dengan pasien. Setelahnya, anggota keluarga dan perawat seolah-olah berada di ruangan yang sama, memungkinkan keputusan ahli tentang perawatan pasien dilakukan secara real-time. Bila pasien memakai headset, seolah-olah dokter ada di ruangan bersama mereka. Kemudian, dapat menawarkan konsultasi tatap muka untuk mendiskusikan perawatan mereka.

Aplikasi MR ini dikembangkan untuk Silver Chains Group oleh Saab Australia, yang merupakan Partner HoloLens pertama di Asia Pasifik dan yang juga bertanggung jawab atas The Sandbox, alat visualisasi 3D untuk Royal Australian Air Force.

Aplikasi ini akan diikuti 650 klien yang saat ini menerima layanan sebagai bagian dari layanan Virtual Hospital.

“Penelitian kami menunjukkan sekitar 30 persen orang tidak perlu berada di rumah sakit dan dapat menerima perawatan berkualitas dan aman yang sama di rumah di mana mereka merasa lebih nyaman dengan manfaat tambahan untuk membebaskan tempat tidur rumah sakit untuk pasien yang tidak sehat secara serius,” kata Dr McGowan, Chief Executive Officer Silver Chain Group.

“EMMR akan meningkatkan penyampaian layanan kami, yang selanjutnya mendukung klien kami untuk tetap tinggal di rumah, daripada dipindahkan ke rumah sakit,” kata Dr McGowan. “Mereka tidak perlu bepergian untuk janji bertemu dan spesialis klinis tetap berada di lokasi pusat sambil tetap memberikan perawatan pribadi dan menghemat waktu dan uang sistem perawatan kesehatan.”

Lihat teknologi yang ada dalam video mereka di bawah ini:

Nah, apakah pandangan kalian soal inovasi baru ini? Akankah hal ini sangat bermanfaat bagi pasien?

Please Login to comment
avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
fajar krisna prahadi Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
fajar krisna prahadi
Guest
fajar krisna prahadi

Akhirnya teknologi microsoft bisa diimplementasikan di bidang kedokteran juga.