UDINUS SEMARANGOlahraga Digital eSports mungkin belum dianggap sebagai industri yang produktif oleh sebagian masyarakat di Indonesia. Terlebih karena memang masih kurangnya sosialisasi yang dilakukan.

Padahal jika kita mau sedikit saja meluangkan waktu untuk melihat sisi positif pada olahraga ini, saya yakin masyarakat akan mengesampingkan pernyataan yang sifatnya negatif. Meskipun saya juga masih mengakui hal ini tidak lebih dari prinsip orang masing-masing.

Namun untungnya ada kampus yang melihat Olahraga ini bisa membawa dampak positif bagi pemain nya. Kampus itu adalah UDINUS (Universitas Dian Nuswantoro), salah satu kampus yang berada di Semarang, Jawa Tengah. UDINUS menjadi kampus pertama di Indonesia yang menerapkan program eSports di kampusnya.

Bekerjasama dengan IESPA Jawa Tengah dengan tujuan untuk memberikan fasilitas dan pembinaan kepada para mahasiswa UDINUS yang ingin mengembangkan minat dan bakatnya di dunia eSports. Kerjasama ini diharapkan dapat menciptakan pemain profesional untuk bersaing di berbagai bidang eSports.

Mahasiswa/i yang mengikuti program eSports ini tetap akan mendapatkan pembelajaran sesuai dengan jurusan yang mereka ambil. IESPA Jawa Tengah juga akan memberikan reward berupa uang saku bulanan jika berhasil meraih prestasi. Wah makin semangat nih kalau gitu, selain dukungan dari kampus peserta eSports UDINUS juga akan mendapatkan bimbingan langsung dari IESPA Jawa Tengah.

Bimbingan itu antara lain mengenai bagaimana menjadi pemain eSports professional, eSports manager, eSports coach, eSports analist, broadcaster, brand ambassador, hingga menjadi eSports event management. Satu lagi nih yang akan kamu dapat jika mengikuti program eSport, pihak IESPA juga tidak segan loh untuk memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang berprestasi di bidang eSports.

Sekedar info nih, salah satu tim Wincamp ada loh yang berkuliah di Universitas Dian Nuswantoro. Yups kenalin nih, kakak tampan Samuel Deviko Kelvin yang saat ini masih menempuh pendidikan di Kampus eSports pertama di Indonesia, UDINUS.

Untuk awal program eSports di UDINUS baru tersedia 2 cabang utama, antara lain :

  • DEFENSE OF THE ANCIENT 2 (DOTA2)
  • COUNTER STRIKE: GLOBAL OFFENSIVE (CSGO)

Selain kedua cabang utama diatas, pihak kampus juga mendukung beberapa cabang lain, di antaranya :

  • Mobile legend
  • Point Blank

Dari beberapa cabang diatas yang nantinya akan didampingi langsung oleh IESPA Jawa Tengah ada beberapa tambahan game yang akan di masukan di antaranya, Player Unknown Battleground, Overwatch, Heartstone, VainGlory, League Of Leagend. 

Program eSport ini baru akan dibuka untuk tahun baru yakni tahun ajaran 2018/2019 dan pendaftaran terbuka untuk semua calon mahasiswa baru maupun pindahan. Pihak UDINUS juga mengatakan program eSports ini terbatas yang artinya jumlah mahasiswa yang akan diterima di program ini tidak banyak. Jadi buruan deh yang disekitaran jawa tengah untuk cepat-cepat mendaftar sebelum kuota kelas penuh.

Please Login to comment
avatar
  Subscribe  
Notify of