keyboard

Siapa yang tak kenal tombol shortcut CTRL+ALT+DEL? Siapa pula yang tidak mengenal Bill Gates?

Sebagai pengguna setia PC Windows tentu sobat hapal kombinasi tombol yang sering kita gunakan untuk memanggil Task Manager tersebut. Dan tentu sobat pun tahu Bapak Bill Gates. Beliaulah yang menciptakan OS Windows. Lalu siapakah yang menciptakan tombol CTRL+ALT+DEL? Apakah Bapak Bill Gates juga?

Jawaban kamu meleset, sobat! Ternyata bukan Bill Gates yang menciptakan tombol shortcut tersebut. David Bradley, sebagai petinggi dari IBM lah yang pertama kali menemukan kombinasi CTRL+ALT+DEL. Waaah…ternyata ada sangkut paut IBM di balik pembuatan tombol pintas ini.

Lalu tahukah sobat, ada kisah menarik yang melatarbelakangi terciptanya tombol pintas tersebut?

Sebenarnya, kombinasi tombol ini sudah sangat populer sejak pertama kali Windows dirilis. Apalagi tombol kombinasi ini juga sangat berguna untuk mengembalikan proses komputer yang nge-hang.

Sobat sendiri mungkin tahu bahwa tidak sedikit pengguna Windows yang mengaplikasikan tombol tersebut untuk memanggil Task Manager. Bahkan, sejatinya fungsi dari CTRL+ALT+DEL ini lebih banyak lagi yang amat berguna bagi pengguna Windows versi baru mulai dari Windows 7, Windows 8 dan kini yang terbaru Windows 10.

Baca Juga: Ini Dia Daftar Tombol Shortcut Baru di Windows 10 AU

 

Namun anehnya di balik aneka manfaat kombinasi tombol tersebut, Pak Bill Gates menegaskan kalau CTRL+ALT+DEL itu adalah suatu kesalahan. Lah, kok begitu?

Apa pasalnya?

Pak Bill Gates sedikit bercerita bahwasanya kesalahan tersebut ada pada IBM selaku perancang papan ketik (keyboard). Bill Gates mengungkapkan kalau dirinya sebenarnya lebih suka menggunakan satu tombol saja untuk tombol pintas menuju Task Manager.

“Saya sendiri bisa membuatnya menjadi satu tombol, tapi orang IBM tidak mau memberikan kami satu tombol,” kata Bill Gates.

David Bradley yang pertama kali menemukan kombinasi CTRL+ALT+DEL mengungkapkan bahwa awalnya dia sebenarnya ingin mengkombinasikan CTRL+ALT+ESC, tapi karena posisi tombol berada di sebelah kiri dan itu dirasa lebih mudah dijangkau oleh tangan, maka seketika idenya pun berubah menjadi CTRL+ALT+DEL seperti yang sering kita gunakan.

Demikianlah kisah dan fakta menarik di balik pembuatan tombol pintas CTRL+ALT+DEL. ?

Please Login to comment
avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
Rabbil AR Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Rabbil AR
Guest
Rabbil AR

kalo di win10 RS1 sekarang bisa manggil selain task manager, ada lock sama sign out