Kantor Microsoft
Kantor Microsoft

Memiliki pekerjaan di sebuah perusahaan teknologi terbesar memang sangat menyenangkan dan menjadi impian hampir semua orang. Namun untuk dapat mencapai ke inginan itu terkadang bingung apa yang harus dilakukan terlebih dahulu.

Pada dasarnya sistem pelamaran dan penerimaan di perusahaan teknologi tidak jauh berbeda dengan perusahaan lain. Hanya saja ada kualifikasi yang harus di lewati terlebih dahulu. Kualifikasi ini bukan hanya mengenai talenta tapi juga jumlah pelamar yang ingin bekerja di perusahaan tersebut.

Seperti hal nya Microsoft, perusahaan teknologi terbesar yang setiap hari mewawancari ribuan orang. Setiap tahun nya ada jutaan orang yang melamar di perusahaan ini dan hanya 15.000 – 20.000 saja yang diterima setiap tahun nya. Sekedar info, saat ini Microsoft mempunyai 124.000 karyawan yang tersebar di seluruh dunia.

Chuck Edward
Chuck Edward

“Bagian dari strategi kemenangan Microsoft di arena rekrutmen bakat adalah membuat pemohon yang lebih besar. Microsoft adalah salah satu kelompok perusahaan besar yang sedang berkembang yang tidak lagi menyaring kandidat melalui gelar sarjana. Sebaliknya, Microsoft memilih untuk “menyaring” kandidat yang mungkin memiliki keterampilan yang lebih dari sekedar gelar sarjana nya.” ungkap Chuck Edward, head of talent acquisition at Microsoft.

Nah jika kamu adalah salah satu orang yang ingin melamar dan bekerja di Microsoft, lakukan langkah-langkah di bawah ini. Namun bukan berarti itu bisa membuat kamu bisa diterima dengan mudah, sebab kamu harus bersaing dengan jutaan pelamar lain nya. Oke, simak langkah-langkah nya di bawah ini :

Sempurnakan profile Linkedln

Pada tahun 2016, Microsoft membeli Linkedln sebuah jaringan sosial profesional yang nilai nya sekitar $ 26 miliar. Saat ini Microsoft sangat gencar memanfaatkan Linkedln untuk mencari bakat-bakat terhebat yang dimiliki.

“Kami memanfaatkan LinkedIn setiap hari sepanjang hari untuk mencoba menemukan kandidat hebat dan menjangkau mereka. Kami sudah melihat profile banyak orang di Linkedln, jadi profile itu penting” kata Edward.

Karyawan Microsoft
Karyawan Microsoft

Dalam perekrutan nya melalui Linkedln, Microsoft memanfaatkan manusia serta kecerdasan buatan. Hal ini untuk memaksimalkan pemeriksaan yang dilakukan bersamaan dengan penerimaan ribuan orang setiap harinya.

Ajukan pertanyaan yang membuktikan kalau kamu siap untuk bekerja

Melamar pekerjaan di Microsoft dapat dipecah menjadi empat tahap. Pertama, kandidat mencari dan melamar peluang kerja di halaman pekerjaan Microsoft.

Kedua, Microsoft akan meninjau setiap aplikasi yang masuk dan sesuai kriteria yang dibutuhkan. Kandidat yang tidak masuk dalam kriteria akan disimpan dan akan diberitahu jika memenuhi syarat untuk posisi yang berbeda.

Ketiga, pelamar akan dihubungi oleh perekrut atau manajer perekrutan dan biasanya melalui telepon. Selama tahap ini, Microsoft akan mengkonfirmasi kualifikasi kandidat dan penyaringan serta melihat “keinginan yang kuat untuk belajar, kecerdasan yang tinggi, gairah yang besar untuk teknologi dan semangat dalam kewirausahaan.”

Langkah terakhir adalah serangkaian wawancara langsung, biasanya tiga sampai enam jam wawancara. Tergantung pada posisi, kandidat akan diminta untuk menulis kode, berbagi portofolio atau memberikan contoh kerja dengan cara lain.

Ingat ajukan pertanyaan sebanyak mungkin dan bijaksana agar Microsoft bisa menerima kamu di perusahaan nya.

Jangan terlalu memikirkannya

“Tidak apa-apa menjadi gugup,” kata Edward. “Orang-orang berusaha terlalu keras, saya pikir untuk mengelola emosi mereka.” 

“Ketika orang terlalu mempersiapkan diri dan mereka ingin melihat dengan benar, mereka bisa mendapatkan masalah,” katanya. Beberapa orang, menurutnya, dapat menjadi robot dengan jawaban pertanyaan yang telah direncanakan sebelumnya dan dapat dengan mudah dilemparkan oleh pertanyaan yang tidak biasa.

Seorang karyawan sedang memegang kartu dengan logo Microsoft

Hal terbaik yang harus kamu lakukan untuk menempatkan diri kamu dalam posisi yang baik dan mendapatkan pekerjaan di Microsoft, katanya adalah membawa bukti yang jujur. Dapat dengan jelas menjelaskan keterampilan yang kamu miliki, memberikan contoh bagaimana kamu telah belajar dan tumbuh dalam peran kamu serta menunjukkan bukti bagaimana kamu bisa memimpin dan bekerja dengan orang lain. kata Edward.

Nah guys berikut inilah hal-hal yang harus kamu persiapkan dan lakukan jika ingin melamar dan bekerja di perusahaan teknologi seperti Microsoft. Tentu saja artikel bisa menjadi acuan kamu yang selama ini selalu gagal bahkan di perusahaan lain selain Microsoft.

Selamat mencoba dan semoga berhasil 🙂

Please Login to comment
avatar
  Subscribe  
Notify of