Li-Fi IlustrasiLi-Fi adalah singkatan dari Light Fidelity merupakan sistem VLC (Visible Light Communications) yang menjalankan komunikasi nirkabel menggunakan kecepatan cahaya yang sangat tinggi.

Li-Fi memiliki kecepatan transfer data yang sangat tinggi yakni sekitar 224 gigabit per detik. Jika dibandingkan dengan Wi-Fi 100 kali jauh lebih cepat dalam melakukan proses transfer data. Bila di asumsikan, Li-Fi memiliki kecepatan rata-rata 1Gbps sedangkan Wi-Fi 1Mbps.

Istilah Li-Fi diciptakan oleh Profesor Harald Haas dari Universitas Edinburgh, Haas membayangkan bola lampu yang dapat bertindak sebagai router nirkabel. Selanjutnya, pada tahun 2012 setelah empat tahun penelitian, Haas mendirikan perusahaan PureLiFi dengan tujuan ‘menjadi pemimpin dunia dalam teknologi Komunikasi Cahaya’.

Cara kerja Li-Fi

Cara kerja Li-Fi adalah dengan mentransferkan data elektromagnetik yang berjalan pada gelombang cahaya, yang kemudian menghasilkan sinyal lalu akan diterima oleh pengguna. Sebenarnya cara kerja Li-Fi sama dengan yang dilakukan Wi-Fi, hanya saja jika Wi-Fi menggunakan gelombang radio sedangkan Li-Fi menggunakan gelombang cahaya.

Li-Fi Light FidelityKeamanan Li-Fi

Li-Fi diklaim memiliki keamanan yang lebih baik dari pada Wi-Fi yang saat ini sudah hampir tersedia di seluruh dunia. Alasannya karena Li-Fi menggunakan sebuah bola lampu LED untuk menghantarkan sinyal nya, terlebih sinar bola lampu tidak dapat menembus dinding. Alasan ini bisa memperkecil tindak kejahatan dibandingkan Wi-Fi yang secara bebas dapat di akses dengan jarak yang jauh.

Perkembangan Li-Fi

Pada bulan November 2014, perintis Li-Fi pureLiFi bergabung dengan perusahaan pencahayaan Prancis Lucibel untuk meluncurkan produk-produk yang mendukung Li-Fi. Selain itu ada juga Philips yang ikut dalam investasi ini dengan beberapa produk lampu LED nya yang sudah terintegrasi dengan Li-Fi.

Sedangkan pada tahun 2016 Li-Fi sedang diuji di Dubai, oleh penyedia telekomunikasi Du dan Zero1 yang berbasis di UAE. Du mengaku telah berhasil menyediakan internet, audio dan video streaming melalui koneksi Li-Fi.

Lalu ada Apple yang juga sudah memasukan teknologi Li-Fi ini di ponsel iPhone nya. Seorang pengguna Twitter menemukan bahwa dalam kode iOS 9.1 ada referensi ke Li-Fi yang ditulis sebagai LiFiCapability yang mengisyaratkan bahwa Apple akan mengintegrasikan Li-Fi dengan iPhone nya di masa depan.

Say Goodbay to your Wi-Fi . . .

Please Login to comment
avatar
  Subscribe  
Notify of