Image result for microsoft quantum

Dikutip dari Financial Times, Microsoft dikabarkan dalam beberapa minggu lagi akan mengungkap temuan besar dalam kemajuan teknologi Quantum Computing. Namun, sebelumnya mari kita sedikit bahas soal apa itu Quantum Computing.

Apakah Quantum Computing Itu?

Quantum Computing adalah era baru dalam komputasi, dimana Qubit (singkatan dari “quantum bit”) adalah satuan informasi quantum yang berbeda dengan satuan bit dalam komputer klasik. Qubit memiliki sifat khusus yang membantu memecahkan masalah kompleks jauh lebih cepat daripada bit klasik. Salah satu sifat ini adalah superposisi, yang menyatakan bahwa Quantum Bit berbeda dari satu nilai biner (“0” atau “1”) dalam bit klasik. Sementara qubit dapat menjalankan kombinasi “0” dan “1” secara bersamaan.

Ketika beberapa qubit berinteraksi secara menyatu, mereka dapat menemukan jauh lebih banyak pilihan dan memproses informasi dalam waktu singkat, bahkan jauh lebih cepat dibanding komputer klasik tercepat sekalipun, dimana komputer klasik disini kurang lebih seperti komputer yang kita gunakan sehari-hari. Inilah yang menyebabkan komputer quantum dapat menyelesaikan berbagai masalah yang sangat kompleks hanya dalam beberapa jam saja, sementara bila menggunakan komputer klasik untuk menyelesaikan permasalahan semacam itu dibutuhkan waktu hingga miliaran tahun!

Inilah beberapa dari sekian banyak keuntungan teknologi Quantum Computing di masa depan:

  • Penemuan material dan katalisator baru bagi industri
  • Peningkatan pesat dalam obat-obatan dan penanganan penyakit
  • Proses operasional baru dalam industri yang jauh lebih efisien
  • Kemajuan pesat dalam pengembangan kecerdasan buatan, yang bisa saja membuat Cortana jauh lebih cerdas dibanding sebelumnya dan lebih terlihat manusiawi serta membantu kita untuk lebih produktif dan bergerak maju jauh lebih cepat

Apakah Kemajuan Microsoft yang Akan Diumumkan Tersebut?

Image result for microsoft quantum
via TechPowerUp

Apa yang Microsoft tengah kembangkan dapat menangani salah satu kelemahan terbesar dalam teknologi ini. Untuk saat ini, Quantum Computer memerlukan koreksi kesalahan yang begitu besar. Inilah yang menyebabkan untuk saat ini, qubit yang tersedia pada dasarnya sangatlah rapuh. Mereka tinggal dalam “keadaan quantum” dalam waktu yang terlalu singkat dan tidak dapat dipelajari tanpa menganggu hasil yang diraih.

Jadi, membuat suatu mesin atau komputer quantum untuk saat ini sama halnya ketika kalian bermain Tower Blocks, dimana, semakin kalian menambahkan tingkatan baru terutama ketika tidak sesuai akan semakin tidak stabil yang akhirnya akan menghancurkan keseluruhan gedung.

Nah! Apakah solusi yang ditawarkan Microsoft? Jawabannya tentu saja membuat qubit lebih stabil melalui apa yang disebut oleh Microsoft sebagai Topological Qubit, inilah jenis qubit yang secara efektif memecah elektron, sehingga bagian informasi yang sama dipegang di banyak tempat sekaligus. Jika salah satu bagian dari qubit tidak menyatu, informasi yang terkandungnya tidak hilang, membuat keseluruhan sistem jauh lebih stabil.

Jadi, bila membuat komputer quantum saat ini seperti ketika kita bermain Tower Blocks, Topological Qubit dari Microsoft membuat komputer quantum nantinya akan jauh lebih stabil, seperti sebuah simpul dalam senar atau benang sehingga apapun yang terjadi dalam simpul tersebut, simpulnya akan tetap terjaga.

Todd Holmdahl yang memimpin tim Microsoft Quantum mengklaim bahwa teknologi Microsoft jauh lebih unggul dibandingkan mesin quantum lain, seperti Google dan IBM. Berikut ini adalah pernyataan Holmdahl terkait ini:

“Mereka memiliki banyak kesalahan di dalamnya, mereka hanya akan memanfaatkannya,” kata Holmdahl, ketika membicarakan tentang komputer lain yang menggunakan qubit yang lebih rapuh. “Dimana mereka membutuhkan 1.000 atau 10.000 (qubit), kita hanya memerlukan satu, karena koreksi kesalahan kita jauh lebih baik daripada mereka.”

Microsoft sendiri juga mampu untuk dengan cepat meningkatkan desain beserta hardware serta melakukan pengujian dalam waktu yang kini dapat diraih dalam 2 minggu saja, dimana Holmdahl mengatakan: “Orang yang berkembang cepat pada desain, menang”.

“Ini sedang terjadi,” katanya. “Ini seperti eksplorasi ruang angkasa. Kami seperti akan mengirim orang ke bulan, ” pungkasnya.

Sekarang, bagaimanakah pandangan kalian soal kemajuan teknologi ini? Apakah kalian juga tertarik untuk memperdalamnya?