Microsoft akan meluncurkan laporan keuangan Triwulan 2 Tahun Fiskal 2018 (Triwulan ke-4 bila dalam kalender reguler) besok. Nah! Sebelum itu mari kita lihat beberapa preview soal seperti apa kemajuan Microsoft yang akan diumumkan ini.

Cloud! Cloud! Cloud!

Tidak lagi mengejutkan bila kita akan kembali melihat bisnis cloud milik Microsoft kembali menjadi pendorong utama pertumbuhannya. Pengamat dari Keybanc menyatakan bahwa Microsoft juga berhasil untuk terus menggeregoti marketshare Amazon Web Services berkat dorongan kuat Microsoft terhadap layanan Azure. Salah seorang perusahaan yang berfokus dalam jalinan kemitraan menyatakan bahwa “Saya hampir tidak pernah mendengar tentang aplikasi Google atau AWS lagi,” kata usaha kemitraan yang tidak disebutkan namanya yang dikutip dalam catatan pengamat dari J.P Morgan. “Dulu saya punya pelanggan yang ingin tahu bagaimana MS (Microsoft) lebih baik. Tampaknya sekarang ini sudah diketahui bahwa MS lebih baik. “

Gaming?

Microsoft mulai terlihat semakin fokus dalam ranah gaming untuk mempercepat pertumbuhan kinerja perusahaan sejak paruh kedua 2017 lalu. Kini, sepertinya kita akan mulai dapat melihat seberapa sukseskah Microsoft dalam menjalankan strategi ini, meskipun langkah ini lebih cenderung dapat dilihat dalam jangka panjang. Dalam triwulan ini kita lebih cenderung melihat seberapa besar dampak peluncuran Xbox One X sekaligus pertumbuhan dari layanan Xbox Live dan Game Pass.

Windows and Devices

Dalam triwulan ini, sepertinya kita juga akan mulai melihat dampak dari peluncuran layanan Microsoft 365 yang membuat Windows 10, Office 365, dan Windows Defender ATP baru dalam satu paket yang siap bagi kalangan enterprise dan education. Peningkatan fokus Microsoft dalam ranah edukasi juga dapat memungkinkannya untuk meningkatkan pertumbuhan.

Disamping itu, kita juga akan melihat bagaimana peforma Surface pada musim liburan akhir tahun ini, yang meskipun Microsoft tidak memposisikannya untuk terjual dalam volume besar, tapi tentu saja perlu dilihat perkembangannya. Apalagi, melihat Microsoft telah meluncurkan Surface Pro dan Surface Laptop di berbagai negara yang menyediakan Surface secara resmi, ditambah lagi Surface Book 2 yang mulai dijual di berbagai negara, terutama untuk versi 13.5 inch-nya.

Sekarang, apakah tanggapan kalian soal pertumbuhan Microsoft ini? 😀

 

Please Login to comment
avatar
  Subscribe  
Notify of