Dalam survei yang dilakukan oleh UBM Research menampilkan bahwa Microsoft Azure telah menyalip Amazon Web Services sebagai pilihan utama Public Cloud. Survei ini dilakukan ke 230 profesional IT dengan pegawai lebih dari 500 orang.

Ini dia statistik mereka:

  • 80% perusahaan berencana menggunakan setidaknya satu layanan Public Cloud. Sehingga mereka berencana dapat menggunakan dua atau lebih.
  • 66% diantaranya menggunakan Microsoft Azure.
  • 55% diantaranya menggunakan Amazon Web Services.
  • 28% diantaranya menggunakan Salesforce App Cloud.
  • 23% diantaranya menggunakan IBM.
  • 20% diantaranya menggunakan Google Cloud.

Lainnya: Lebih dari 50% pengguna Azure berasal dari perusahaan besar yang mempekerjakan lebih dari 10.000 pegawai. Sehingga dapat disimpulkan Azure lebih populer bagi perusahaan papan atas. Meskipun begitu tanda-tanda kenaikan mulai terlihat untuk perusahaan UKM.

Sebelumnya, sekitar akhir tahun lalu. Morgan Stanley sempat memberikan prediksi bahwa Azure akan sepenuhnya menyalip Amazon di tahun 2019. Microsoft sendiri sedang dalam perjalanan menuju run-rate cloud yang menembus $20 Miliar pada tahun fiskal 2018. Sementara untuk saat ini run-rate cloud sudah menembus $14 Miliar di laporan fiskal terakhir.

Hal ini menandakan bahwa upaya Cloud First oleh Satya Nadella mengalami kemajuan pesat. Serta dapat menopang perlambatan pertumbuhan PC di laporan finansial Microsoft, meskipun keduanya diperkirakan akan tumbuh bersama. Tentunya melihat geliat Surface, Bing, dan Xbox Live di divisi Windows & Devices.

Mungkin di event 2 Mei nanti kita akan melihat bagaimana dampak Windows 10 “Cloud” dan fokus Windows for Education untuk kemajuan finansial divisi Windows and Devices Group. Karena memang memerlukan pertumbuhan lebih yang juga dapat berdampak positif terhadap ekosistem Windows.

Nah apa pandangan kalian soal ini? Terutama bagi pembaca yang mungkin memiliki usaha bisnis 😀