Windows 10 ARM app 64-Bit

Microsoft akhirnya menghilangkan salah satu hal yang membatasi perangkat Windows 10 on ARM, dengan memperbolehkan para developer mengembangkan aplikasi 64-Bit berbasis ARM atau ARM64. Ini mempermudah para developer agar aplikasi baik Win32 atau “UWP” dapat berjalan secara native dan semakin ngebut tentunya!

Microsoft tentunya berharap bahwa para developer akan memaksimalkan layanan ini untuk meningkatkan pengalaman konsumen yang menggunakan Windows 10 on ARM. Apabila, para developer sangat mendukung, akan lebih banyak aplikasi profesional yang berjalan optimal di Windows 10 on ARM, yang akan sangat berdampak positif bagi perangkat-perangkat Windows 10 on ARM di waktu-waktu yang akan datang, seperti “Andromeda” dan lainnya.

Upaya Microsoft ini tentunya juga dapat menggantikan upaya “emulasi” x86 yang dapat berjalan di prosesor berbasis ARM, dan dibuat agar dapat berjalan secara native, sehingga pengguna dapat memaksimalkan peforma yang dimiliki perangkat Windows 10 on ARM dan nantinya juga dapat dilihat bagaimana peformanya bila dibandingkan dengan perangkat berbasis Intel, begitu upaya ini mulai membuahkan hasil.

Prosesor berbasis ARM terlihat terus menyaingi peforma prosesor berbasis Intel, terutama dengan chip Cortex A-76 yang mulai tersedia di 2019 mendatang, membuat prosesor berbasis ARM dapat semakin bersaing dengan peforma Intel Kaby-Lake untuk laptop yang ada saat ini.

Melihat keunggulan prosesor berbasis ARM dalam konektivitas LTE dan juga daya tahan baterai yang sangat lama, bukan tidak mungkin apabila prosesor berbasis ARM semakin menyamai peforma prosesor berbasis Intel, akan membuat Intel mulai mendapatkan masalah, yang menekan mereka untuk bekerja lebih keras lagi. Bahkan, sebelumnya, Intel sendiri juga dirumorkan mengintervensi rencana Microsoft terhadap Surface Go, agar menggunakan chip Pentium Gold buatannya ketimbang menggunakan Snapdragon dari Qualcomm.

Sekarang, apakah tanggapan kalian mengenai upaya Microsoft ini? šŸ˜‰