Kecerdasan buatan menjadi salah satu prioritas yang Microsoft kembangkan untuk menciptkan hal-hal baru di semua produknya. Cortana adalah salah satu kecerdasan buatan yang Microsoft ciptakan untuk menjadi pendamping Windows 10 sebagai asisten digital. Serta Azure yang Microsoft manfaatkan untuk mempermudah konsumen dalam mengakses fitur yang ada di dalam nya.

Kali ini, Microsoft turut menanamkan AI kecerdasan buatan nya dalam pencarian aplikasi foto. Dimana kita dapat dipermudah menemukan foto-foto yang tersimpan di Onedrive lalu memindahkan nya ke tempat penyimpanan lokal. Microsoft menggunakan teknologi cloud untuk membantu pencarian dan menggabungkan setia foto dengan cepat.

Fungsi pencarian baru menggunakan algoritma pengenalan gambar berbasis cloud untuk memilah-milah gambar ke dalam kelompok berdasarkan item yang berbeda. Termasuk wajah, sehingga pencarian seperti “kucing”, “kura-kura” dan “telepon” bisa masuk dalam daftar gambar terkait.

Seperti gambar yang kalian lihat diatas, teknologi AI ini mengkelompokkan foto berdasarkan wajah. Nantinya setelah semua pengelompokkan selesai, kalian bisa dengan mudah mencari foto berdasarkan wajah yang telah dikelompokkan. Fitur ini sangat memungkinkan kita mencari foto-foto lama dengan ribuan foto dengan mudah.

Fitur ini sudah tersedia bagi pengguna Windows Insider Release Preview dengan versi (2017.35063.13610.0). Jadi untuk pengguna insider fast ring, slow ring ataupun official belum bisa menggunakan fitur ini. Mungkin Microsoft akan merilisnya dalam waktu dekat, mengingat perilisan nya sudah sampai ke insider release preview.