Microsoft Ciptakan ATM Yang Dapat Digunakan Tanpa KartuTeknologi Biometrik kinimulai dipergunakan untuk berbagai hal dan salah satunya ada pada mesin ATM yang kini dipamerkan oleh Microsoft. Microsoft bekerja sama dengan National Australia Bank (NAB) menciptakan mesin ATM yang dapat dipergunakan tanpa sebuah kartu. Mesin ATM ini mengenali pengguna nya menggunakan teknologi biometrik yakni Sistem Pengenalan Wajah (Face Recognition).

Memanfaatkan Microsoft Windows Hello dan Azure Cognitive Services, mesin ATM ini hanya memerlukan wajah jika pelanggan akan menarik uang tunai di ATM. Meski dalam beberapa hal PIN juga masih mungkin dibutuhkan, tapi tidak untuk kartu ATM nya. Seperti yang sudah kalian ketahui, menarik uang di ATM kini wajib memiliki kartu ATM untuk setiap bank masing-masing.

Baca : Ini Perbedaan Microsoft Office 365 Dan Office 2016, Wajib Tahu !

“Itu hanya memperkuat kebutuhan bank untuk menjadi lebih sederhana dan lebih cepat bagi pelanggan kami. Kami ingin memberikan pengalaman pelanggan untuk terhubung yang lebih hebat. Teknologi cloud memungkinkan kami untuk memanfaatkan fitur dan kemampuan yang terkemuka dan memungkinkan kami untuk memberikan kecepatan bagi pelanggan kami di seluruh dunia, ”kata Chief Technology and Operations Officer NAB, Patrick Wright.

Baca : Pendapatan Naik, Berapa Gaji CEO Microsoft Satya Nadela ?

Mesin ATM tanpa kartu yang sedang didemokan Microsoft bekerja sama dengan NAB ini masih berupa konsep. Kita mungkin akan segera melihat mesin-mesin ATM diseluruh dunia tidak lagi membutuhkan kartu untuk menarik uang mereka di mesin.

“Bekerja dengan perusahaan seperti Microsoft memungkinkan kami untuk mengembangkan konsep seperti ini. Kita akan melihat ke dalam apa yang mungkin terjadi di masa depan untuk cara pelanggan kami mengakses produk dan layanan perbankan,” lanjut Patrick Wright.

Baca : Flashdisk Ini Dilengkapi Dengan Keamanan Sensor Sidik Jari

Yang perlu diperhatikan adalah bagaimana membuat pelangguna bank akan dipermudah jika nantinya konsep ini benar-benar diterapkan. Menggunakan Windows Hello sebagai pengamanan akun bank untuk mengambil uang secara tunai merupakan langkah maju dan ini patut kita apresiasi.