1AF X99 COVER MICROSOFT DEFORMABLE SENSORS

Pada akhir Agustus lalu, USPTO mempublikasikan paten terbaru Microsoft yang sekaligus juga merupakan pertanda disetujui. Paten baru Microsoft ini mengarahkan kepada sensor masa depan yang dapat berubah bentuk.

Bagaimana cara kerjanya?

2AF X99 COUCH WITH DEFFORMABLE SENSORS IN CUSHIONS

Salah satu contoh disini adalah dalam mengunakan “sofa pintar” dimana sofa memiliki sensor ketika seseorang atau beberapa orang duduk, TV secara otomatis bergerak. Kemudian bila sudah tidak ada yang duduk di sofa, TV otomatis tidak menyala. Serta bila seseorang terlalu lama duduk di sofa, sofa itu akan memiliki daya kejut atau goyangan untuk membuat pengguna melakukan peregangan dulu.

Yang perlu diperhatikan adalah bahwa Microsoft memberi tahu bahwa sensor yang dapat diubah bentuknya juga dapat hadir di perangkat atau barang futuristik kedepannya. Semisal kursi mobil (misalnya untuk mendeteksi keberadaan penumpang di tempat duduk), boks, tempat tidur, dan sejenisnya.

3AF X99 --- DEFORMABLE SENSOR MICROSOFT PATENT AUG 2017

Microsoft juga membayangkan sensor berubah bentuk mereka yang sedang dibuat ke tablet Surface masa depan (dan smartphone juga disebut!). Begitu juga HoloLens dan perangkat lainnya seperti yang disebutkan pada gambar paten 7A, 7B dan 8.

Sehubungan dengan paten gambar 7A dan 7B, Microsoft menyatakan bahwa dalam satu contoh yang tidak membatasi. Yaitu, sensor pertama #708 dan sensor kedua #710 dapat mendeteksi sentuhan / regangan yang diterapkan pada permukaan sisi pertama #704 dan permukaan samping kedua #706 untuk mengukur pegangan yang diterapkan pada perangkat mobile #701 saat perangkat dipegang oleh pengguna. Dalam contoh seperti itu, tekanan pegangan dapat digunakan untuk interaksi antar muka pengguna, misalnya untuk melakukan perintah pemilihan di tempat klik mouse atau sentuhan layar sentuh.

Sensor ketiga #754 dapat dikonfigurasi untuk mendeteksi input sentuhan yang dibuat ke permukaan belakang, misalnya. Ini memungkinkan masukan pengguna sentuh dibuat (Misalnya dengan mengendalikan navigasi atau mekanisme antarmuka pengguna lain yang sesuai.) tanpa harus melepaskan pegangan perangkat mobile untuk menggunakan layar sentuh.

4 AFX 999 DEFORMABLE SENSOR ON BIKER

Kini beralih ke gambar figur ke 6 dalam paten Microsoft ini. Kali ini berfokus pada semacam “gelang cerdas” yang dipakai pada bagian kaki.

Sensor yang dapat dimodifikasi dapat dikonfigurasi untuk mendeteksi regangan yang dapat diinduksi oleh onset atau resesi pembengkakan otot, fleksibilitas otot, detak jantung, atau gerakan tubuh atau fungsi lain yang sesuai.

Pada tingkat pembengkakan otot tertentu, perangkat tersebut dapat memberi tahu pengguna bahwa otot mereka mengalami pembengkakan. Jadi, pengguna dapat menghentikan aktivitas mereka untuk mencegah cedera lebih lanjut. Demikian pula, sensor semacam itu juga dapat digunakan untuk memantau otot yang cedera untuk pemulihan. Misalnya, dengan mendeteksi pengurangan pembengkakan otot yang cedera.

Band ini dapat dibentuk dari bahan yang sesuai, termasuk tapi tidak terbatas pada kain, plastik fleksibel, dan bahan polimer sintetis. Sensor dapat dikonfigurasi untuk memberikan hasil ke perangkat yang digabungkan secara operatif #608 melalui koneksi kabel atau nirkabel. Band ini bisa berbentuk tali tipis seperti sabuk, atau lengan yang lebih besar seperti lengan baju. Bisa juga dipakai sebagai bagian dari kemeja, celana, sepatu, topi atau barang pakaian lainnya yang sesuai.

Dan satu hal lagi: Microsoft mencatat bahwa dalam beberapa hasil, subsistem masukan dapat terdiri atau dihubungkan dengan sensor sensor subsistem terpilih seperti komponen masukan pengguna alami (NUI). Contoh komponen NUI mencakup subsistem sensor yang mungkin mencakup mikrofon untuk ucapan dan / atau pengenalan suara; kamera inframerah, warna, stereoskopik, dan / atau kedalaman untuk penglihatan mesin dan / atau pengenalan isyarat; pelacak kepala, pelacak mata, akselerometer, dan / atau giroskop untuk deteksi gerak dan / atau pengenalan maksud; serta komponen medan listrik sensitif untuk menilai aktivitas otak. Subsistem sensor juga bisa mencakup satu atau lebih sensor berubah bentuk seperti yang disajikan di bagian lain dalam laporan ini.

Microsoft mendaftarkan paten ini pada Februari 2016 lalu. Belum diketahui akankah mereka akan mewujudkannya dalam waktu dekat.

Sekarang, bagaimana tanggapan pembaca soal inovasi baru Microsoft ini? 😀