Update: Dikarenakan adanya perubahan dalam jumlah saham yang beredar, Apple saat ini masih menjadi nomor 1 dengan kapitalisasi pasar sebesar $ 817 miliar, disusul Microsoft dengan $ 791 miliar. Kami memohon maaf akibat adanya kesalahan ini. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan apabila Microsoft benar-benar menyalip Apple dalam waktu dekat melihat tren penurunan harga saham Apple yang lebih curam.

Setelah bertahun-tahun, Microsoft akhirnya kembali berada diposisi nomor satu perusahaan paling bernilai di dunia, menggeser Apple. Terlihat dalam perdagangan saham terakhir, Microsoft memiliki kapitalisasi pasar sebesar $ 753 miliar yang mengungguli Apple dengan kapitalisasi pasar sebesar $ 746 miliar.

Sebelumnya, Apple dan Amazon terlihat sebagai perusahaan paling bernilai di dunia dan sempat berhasil melampaui kapitalisasi pasar diatas $1 triliun. Kini keduanya, ditambah dengan Alphabet (Google) berada dibawah Microsoft.

Investor juga terlihat mengkhawatirkan melambatnya pertumbuhan pendapatan dari “FAANG” (Facebook, Apple, Amazon, Netflix, dan Google) dimana grup tersebut tidak memasukkan Microsoft sebagai yang difavoritkan.

Melihat perlambatan pertumbuhan iPhone yang mendominasi pendapatan Apple, serta Google dan Facebook yang terlalu didominasi oleh bisnis iklan disamping adanya masalah mengenai privasi, tidak menutup kemungkinan jika Microsoft akan dapat mempertahankan posisi ini dengan waktu yang lama, mengingat revenue-share lebih merata sehingga Microsoft tidak bergantung pada satu bisnis saja, dan semuanya juga terus mengalami pertumbuhan.

Model bisnis Microsoft dengan sistem berlangganan seperti Azure, Dynamics 365, dan Microsoft 365 juga membuat pendapatan Microsoft cenderung lebih stabil dan dapat terus meningkat seiring ditambahkannya fitur-fitur dan kemampuan baru secara berkala yang terus meningkatkan nilai dari layanan berlangganan milik Microsoft.

Menurut Gartner pengeluaran software IT akan meningkat 8.3% di 2019, yang akan menjadi sektor IT dengan pertumbuhan paling cepat yang juga dapat berdampak positif bagi peningkatan momentum Microsoft ditahun yang akan datang.

Sekarang, apakah tanggapan kalian mengenai pencapaian Microsoft ini?