Microsoft kemarin merinci peningkatan High DPI Scaling yang akan diberlakukan di Windows 10 Creators Update. Kini kamu akan dapat mengaktifkan fungsi DPI pada properties.exe dari aplikasi jika aplikasi desktop tersebut belum support High DPI.

Setelah mengklik properties.exe, kamu akan menemukan opsi seperti tercantum di bawah ini:

Setting Effect
Application This forces the process to run in per-monitor DPI awareness mode. This setting was previously referred to as “Disable display scaling on high-DPI settings.”This setting effectively tells Windows not to bitmap stretch UI from the exe in question when the DPI changes
System This is Windows’ standard way of handling system-DPI aware processes. Windows will bitmap stretch the UI when the DPI changes
System (Enhanced) GDI Scaling

 

Microsoft juga berencana untuk membawa dukungan Pre Monitor DPI Awareness untuk Internet Explorer. Ini berarti bahwa saat memindahkan jendela IE dari satu monitor ke yang lain dengan resolusi DPI yang berbeda, maka akan di-skala secara dinamis.

 


Buat sobat yang belum tau, DPI merupakan singkatan dari Dots Per Inch (dpi, atau DPI) (Titik per inci) adalah ukuran spasial pencetakan/printing atau video dot density, khususnya jumlah individu titik yang dapat ditempatkan dalam sebuah garis dengan rentang 1 inci (2,54 cm).

Monitor tidak memiliki titik, tetapi memiliki piksel, sebuah konsep yang terkait erat untuk monitor dan gambar adalah Pixel Per Inch atau PPI. Banyak sumber daya, termasuk pengembang Android, yang menggunakan istilah DPI dan PPI secara bergantian.

Please Login to comment
avatar
  Subscribe  
Notify of