Setelah memamerkan Chip AI untuk HoloLens pada Juli lalu, kini Microsoft berencana untuk membuat Chip AI tersedia di perangkat lainnya. Hal tersebut dikonfirmasi ketika Panos diberi pertanyaan soal akankah chip semacam ini tersedia untuk berbagai lini hardware, kemudian, Panos pun menjawab “iya”.

Sejak 2015, lini hardware Microsoft kini terus mengalami perkembangan. Seperti HoloLens kemudian untuk Surface ada Surface Book, Studio, dan Laptop. Begitu juga dalam gaming ada Xbox One S dan One X. Perkembangan yang pesat ini, akan menjadi kesempatan bagi Microsoftt untuk membenamkan Chip AI di lini produk yang terus tumbuh ini.

“Kami harus terus menemukan bagian-bagian silikon, chipset yang harus dikembangkan untuk membawa sensor ke kehidupan, untuk menghubungkan orang satu sama lain dan dengan produk mereka,” kata Panay kepada CNBC dalam sebuah wawancara TV.

Kegunaan Chip AI sendiri dalam HoloLens adalah membuat semua proses data dapat bekerja secara jauh lebih cepat dan cerdas. Hanya saja, kecerdasan tersebut tidak “ter-upload” ke internet, yang membuat privasi semakin terjamin. Salah satu bukti keunggulan chip AI di HoloLens generasi berikutnya adalah, mampu menerjemahkan  5 juta artikel dalam Wikipedia English ke Spanish dalam waktu hanya sepuluh milidetik.

Selain memproses data yang sangat banyak dalam waktu super-singkat dan sangat terjaga privasinya. Ada hal yang tentu saja disenangi pengguna, yaitu daya tahan baterai juga akan jauh lebih lama.

Panay sendiri juga mengisyaratkan bahwa chip tersebut dapat dilisensikan kepada produsen Windows lainnya. Ini dapat membuat semakin banyak produsen lain membuat perangkat futuristis seperti HoloLens maupun yang lain.

“Saya pikir salah satu hal terpenting yang kami lakukan di Surface dan dalam pengembangan chip kami adalah … kesempatan untuk memastikan bahwa kami mendapatkan teknologi yang diciptakan di dalam Surface dan kemudian memperbanyaknya dengan mitra kami dan memberi setiap orang kesempatan untuk menggunakannya. ,” Kata Panay kepada CNBC.

“Maksud saya, di sinilah kita bisa memanfaatkan teknologi untuk lebih banyak orang.”

Tampaknya 2018, dan seterusnya akan menjadi masa-masa yang menarik bagi kita semua. Hal ini dapat dirasakan apabila kita telah melihat inovasi-inovasi baru yang tengah dikerjakan Microsoft untuk menjadi yang terdepan dalam membuat kategori produk baru.

Nah, sekarang bagaimanakah pendapat kalian? Apakah ini langkah yang tepat untuk dilakukan Microsoft?