Kantor Microsoft
Kantor Microsoft

Kegagalan Microsoft dalam bisnis Mobile dan Pencarian sudah kita ketahui sejak perusahaan yang bermarkas di Redmond itu mundur dari pasar. Terutama pada Mobile (Windows Phone) yang belakangan ini menjadi sorotan.

Kedigdayaan Android & iOS masih sulit untuk Microsoft sentuh dengan Windows Mobile mereka. Selama kurang lebih 7 tahun bertarung nyata nya masih belum mampu menggeser Android & iOS di papan atas. Menanggapi hal tersebut Presiden dan Chief Legal Officer Microsoft, Brad Smith, menjelaskan penyebab kalah bersaing di bisnis Mobile & Pencarian.

Smith mengatakan, berbagai kasus antirust yang melibatkan Microsoft mengganggu perusahaan agar tetap fokus pada produk-produk andalan nya. Hal ini membuat bisnis pencarian tidak mendapatkan sukses besar dan Microsoft harus membayar mahal atas kegagalan ini.

“Bill Gates, Steve Ballmer dan para pemimpin engineering di perusahaan kami menghabiskan banyak waktu untuk menyiapkan berbagai hal, bagaimana membela diri mereka, bagaimana mengimplementasikan hal ini, itu, atau lainnya. Anda melihat pada awal 2000-an. Kami merindukan pencarian, itu bukan satu-satunya hal yang kami lewatkan. “ jelas Smith.

Selain itu bisnis mobile yang Microsoft jalankan juga tidak bernasib baik setelah akhir tahun 2017 kemarin mereka memutuskan untuk tidak melanjutkan pengembangan.

“Saya pikir seseorang harus memiliki pengakuan bahwa tidak ada yang bisa memenangkan semuanya. Tidak ada perusahaan di sini atau di tempat lain yang akan melihat setiap tren sebelum berkembang. Tetapi apakah kita akan melihat hal-hal ini jika kita menghabiskan lebih banyak waktu untuk mencari mereka daripada melihat isu-isu spesifik ? Ini sangat tak terbayangkan. Itu hipotetis. Kami tidak akan pernah tahu pasti, tapi saya akan mengatakan kemungkinan melihat hal-hal sepeeti ini akan lebih sering,” jelasnya.

Berbeda dengan apa yang di alami bisnis pencarian Microsoft (bing) yang belakangan ini mengalami perkembangan yang cukup bagus. Bing memiliki 20% lebih pangsa pasar di seluruh dunia. Sementara itu Google masih memuncaki pangsa pasar pencariang.

Please Login to comment
avatar
  Subscribe  
Notify of