Image result for microsoft edu

Microsoft mulai melihat pertumbuhan yang terasa dalam sektor edukasi dalam triwulan terakhir. Hal ini terlihat dari laporan Futuresource berikut ini:

“Menurut Futuresource, pasar pendidikan di seluruh dunia tumbuh 15 persen dari tahun ke tahun. Penjualan Windows tumbuh 4,3 persen di AS pada perangkat di bawah $300 USD dan 8,2 persen pada perangkat di atas $300 USD.”

Tren ini diperkirakan akan terus mengalami lonjakan signifikan, karena Microsoft mulai meluncurkan gempuran baru dalam segmen edukasi, seperti laptop terjangkau dengan peforma dan keamanan yang mumpuni, pengalaman layanan Mixed Reality seperti lewat HoloLens untuk membuat pembelajaran lebih interaktif, menyenangkan, dan mendalam, dan era baru pembelajaran lewat gaming yaitu dengan meluncurnya Minecraft EDU yang kini memiliki add-on untuk berbagai hal seputar kimia.

Laptop Terjangkau yang Mumpuni Bagi Pelajar

Young girl in a museum inking on a pen enabled Windows 10 PC
Lenovo 300e 2 in 1

Microsoft dalam sektor edukasi juga mendorong keunggulan Windows 10 dalam fitur Windows Ink, perintah suara, dan desain 2 in 1. Kini, Lenovo dan JP yang juga meluncurkan perangkat di luar Amerika Serikat telah memperkenalkan laptop-laptop baru bagi pelajar di berbagai sekolah yang sangat mudah dijangkau dan dikelola.

Dari Lenovo:

  • Lenovo 100e dengan Intel Celeron Apollo-Lake mulai dijual sekitar $189 atau sekitar 2,5 jutaan rupiah.
  • Lenovo 300e yang merupakan perangkat convertible 2 in 1 terjangkau dengan dukungan penuh Windows Ink dan stylus mulai dijual seharga $279 atau sekitar 3,7 jutaan rupiah.

Dari JP untuk negara berkembang:

The JP Classmate Leap T303 laptop with Windows Hello
Leap T303
  • Classmate Leap T303 dengan Windows Hello mulai dijual seharga $199 atau sekitar 2,6 jutaan rupiah. (Laptop dengan Windows Hello paling terjangkau?)
  • Trigono V401 dengan desain 2 in 1 convertible, Windows Ink, dan stylus mulai dijual seharga $299 atau sekitar 4 jutaan rupiah.

Jajaran produk baru ini akan bergabung dengan produk yang telah meluncur pada musim panas lalu, seperti HP ProBook x360 11 EE, yang menurut Microsoft, “terus menjadi salah satu perangkat 2-in-1 terlaris kami dalam pendidikan hanya dengan USD $299”. Ada juga PC Stream 11 Pro G4 EE yang baru dirilis mulai dari USD $225. Microsoft mengklaim “mereka semua tahan terhadap tumpahan dan ketangguhan untuk menghindari kerusakan yang tidak disengaja, memiliki masa pakai baterai yang lama untuk menghindari pengisian kabel di seluruh kelas, dan memiliki konektivitas yang lebih cepat.”

Peningkatan Microsoft Office, OneNote, Teams, Learning Tools dan Lainnya

Fitur Dictation Baru

Tentu saja disamping meluncurkan hardware baru, Microsoft tentu saja juga berfokus dalam meningkatkan pengalaman layanan software mereka untuk meningkatkan kemampuan pelajar dan memanfaatkan teknologi menuju arah yang tepat.  Seperti fitur Immersive Reader yang ada di Microsoft Edge dalam build Windows Insider terbaru yang akan mempermudah membaca teks yang tersedia, juga akan hadir di Microsoft Word, Outlook, dan OneNote di Windows 10, Mac, dan iPad.

Jadi apa saja yang ditingkatkan disini?

  • Microsoft Learning Tools yang dapat meningkatkan membaca, menulis, dan memahami bagi semua siswa, terutama yang terdiri dari siswa yang memiliki perbedaan dalam belajar. Mulai bulan Februari, Microsoft akan memperkenalkan Dictation di Office 365 untuk membantu siswa menulis lebih efisien dengan menggunakan suaranya. Fitur Immersive Reader juga akan diperluas ke Word for Mac, iPhone, Outlook Desktop, OneNote iPad, dan OneNote Mac dengan dukungan untuk dalam berbagai bahasa baru.
  • OneNote Class Notebook, yang telah menambahkan lebih dari 15 juta notebook siswa baru sejak awal tahun ajaran ini, sekarang akan mencakup pembagian tugas dan kelas dengan Sistem Informasi Sekolah yang paling banyak digunakan di Inggris (SIMS Capita) dan A.S. (PowerSchool).Disini, Microsoft akan membuat situasi belajar-mengajar lebih simpel, salah satunya dengan merealisasikan salah satu feedback dari guru untuk Class Notebooks yang membuat mereka dapat mengunci halaman sebagai read-only setelah mendapat feedback. Di OneNote, Microsoft juga menambahkan Desmos sebagai kalkulator matematikan interaktif yang sangat populer di kalangan pengajar STEM (sains, teknologi, teknik, dan matematika)
  • Microsoft Teams yang telah menjadi solusi all-in-one bagi kelas-kelas kini juga dapat diakses dari iOS dan Android yang nantinya akan membuat pengajar dan pelajar dapat melihat tugas-tugas dan percakapan yang terjadi di kelas, dalam update terbarunya, Microsoft menghadirkan kemampuan untuk mentranslate di semua percakapan atau chat ke bahasa lain.
  • PowerPoint kini membuat pengajar dapat merekam apa yang mereka ajarkan, termasuk slide, coretan-coretan, video, beserta narasinya dan dengan mudah dapat dipublish dalam bagian Stream dalam Microsoft Teams untuk kelas. Inilah yang akan membuat pelajar dapat melihatnya dimanapun, yang dapat membuat waktu kelas dapat dimaksimalkan untuk percakapan. Stream juga akan sekaligus menambahkan automatic-captioning untuk memudahkan semua pelajar.

Dengan integrasi bersama PowerSchool akan membuat Windows dan layanan produktivitas Microsoft lainnya berada di tangan pelajar, yang tentunya dengan fitur dan pengalaman yang jauh lebih lengkap dan interaktif dibanding layanan dari Google.

Dikutip dari ZDNet, Microsoft juga tidak memerlukan biaya tambahan dalam pengembangan profesional bila pihak sekolah atau lembaga pendidikan memilih Microsoft 365 A1 untuk perangkat Windows mereka.

Mixed Reality, LEGO, dan Minecraft untuk Pelajar

Kini sudah waktunya memulai era baru dalam belajar-mengajar lewat Mixed Reality, beserta pengalaman baru lainnya seperti Minecraft dan LEGO.

MakeCode akhirnya meluncurkan aplikasi Cue Education mulai hari ini. Nantinya layanan ini juga bergabung dengan MakeCode di Minecraft dan MakeCode di micro:bit yang juga tersedia di Windows 10.

Memperkenalkan Minecraft Chemistry Update yang akan tersedia pada paruh pertama tahun ini. Nantinya pelajar dapat menghabiskan waktu untuk membuat item baru di game yang kini tersedia dalam pengalaman pembuatam model-model kimia dengan mudah, cepat, dan menyenangkan.

Microsoft juga meluncurkan HoloLens Academic Promotion yang mulai tersedia hari ini hingga 31 Maret 2018, dimana lembaga pendidikan dapat membeli headset HoloLens baik versi developer dan komersil dengan diskon 10%.

Microsoft juga bekerjasama dengan berbagai penyedia konten untuk menghasilkan pengalaman baru pendidikan dalam dunia Mixed Reality. Mari kita simak kerjasamanya:

  • Pearson sebagai perusahaan edukasi terbesar akan meluncurkan kurikulum berbasis HoloLens atau Windows Mixed Reality dengan pengalaman yang juga mudah menyesuaikan dengan berbagai perangkat dan memberikan gambaran seperti apa dunia edukasi di masa depan.
  • WGBH yang akan meluncurkan konten Earth and Space Science yang akan meningkatkan ketertarikan pelajar dalam dunia sains beserta fenomena yang terjadi dan pelatihan-pelatihan tertentu.
  • BBC Worldwide Learning  akan menghadirkan dunia sejarah BBC Earth melalui Oceans: Our Blue Planet yang akan tersedia dalam dunia Mixed Reality bagi pelajar mulai Maret mendatang.

Mengapa Microsoft Berfokus dalam Dunia Edukasi?

Microsoft tentunya ingin agar pelajar di masa depan dapat lebih produktif dan kreatif lewat berbagai perangkat baru dengan layanan yang menghadirkan pengalaman baru yang lengkap dan memenuhi kebutuhan mereka di masa depan. Microsoft juga ingin menyaingi layanan Google dengan berbagai layanan dan kerjasama mengagumkan ini, yang tentu saja menempatkan Microsoft jauh diatas Google dalam dunia edukasi.

Microsoft sekaligus juga memperbarui daya saing mereka di pasar konsumen dengan menghadirkan berbagai pengalaman menakjubkan ini, seperti lewat Windows, Office, Learning Tools, dan berbagai kerjasama lainnya yang menghadirkan pengalaman komplit bagi pengajar, pelajar, dan administator lembaga pendidikan.

Dengan kurikulum berbasis Mixed Reality dari Pearsons, akan membuat Microsoft memiliki kurikulum terpadu dan siap diaplikasikan di berbagai lembaga pendidikan yang tidak dapat dimiliki oleh Google.

Akan ada lebih banyak hal yang Microsoft lakukan dalam dunia edukasi ini, terutama melihat peluncuran “Windows Core OS” yang merupakan masa depan Windows 10 yang mulai dapat kita saksikan mulai akhir tahun ini.

Sekarang, bagaimanakah tanggapan kalian soal peningkatan fokus Microsoft dalam dunia edukasi ini?