Microsoft baru saja merilis dua build baru Windows 10. Microsoft merilis Build 16232 untuk PC dan Build 15228 untuk Mobile. Windows 10 build 16232 untuk PC membawa beberapa fitur dan perbaikan baru pada OS. Hanya saja seperti biasa, build untuk Mobile hanya mencakup beberapa perbaikan bug.

To enable data persistence, close all Microsoft Edge windows and update the Windows Components > Windows Defender Application Guard policy to turn on data persistence.

Dari sisi fitur, Windows 10 Build 16232 sangat berfokus pada keamanan bagi kalangan pebisnis. Microsoft menambahkan sejumlah perbaikan Windows Defender Application Guard di Microsoft Edge. Browser sekarang dapat mengakses semua fitur penting seperti kata sandi dan favorit yang tersimpan saat berada dalam sesi yang dijamin oleh Application Guard. Fitur ini tidak diaktifkan secara default. Oleh karena itu, IT Pro perlu mengaktifkannya secara manual dari Group Policy untuk memungkinkan keberlanjutan data untuk Application Guard.

Launching a New Application Guard Window from the Microsoft Edge menu.

Selain Windows Defender Application Guard untuk Microsoft Edge, Microsoft juga menambahkan kemampuan untuk mengelola, mengkonfigurasi dan mengaudit sistem Windows dan aplikasi memanfaatkan pengaturan persiapan serangan dari aplikasi Windows Defender Security Center.

Hanya saja, Anda tidak diharuskan menggunakan fungsionalitas antivirus Windows Defender Security Center. Namun, Microsoft mengatakan bahwa fitur tersebut saat ini sedang dalam pengembangan sehingga ada hal-hal yang mungkin belum siap.

Enable Controlled folder access.

Dalam build ini, Microsoft mempermudah untuk melindungi data berharga dari aplikasi dan ancaman berbahaya, seperti ransomware. Untuk mengaktifkan fitur ini, cari dan buka Windows Defender Security Center dari Start, pergi ke bagian pengaturan ancaman Virus & threat protection, dan geser ke On.

Allowing apps can be useful if you’re finding a particular app that you know and trust is being blocked by the Controlled folder access feature.

Akses folder terkontrol memonitor perubahan yang dibuat aplikasi ke file dalam folder tertentu yang dilindungi. Jika sebuah aplikasi mencoba membuat perubahan pada file-file ini, dan aplikasi tersebut masuk daftar hitam oleh fitur ini, Anda akan mendapatkan pemberitahuan tentang percobaan tersebut. Anda dapat melengkapi folder yang dilindungi dengan lokasi tambahan, dan menambahkan aplikasi yang ingin Anda izinkan akses ke folder tersebut.

Mengizinkan aplikasi dapat berguna jika Anda menemukan aplikasi tertentu yang Anda tahu dan percaya diblokir oleh fitur akses folder Terkendali. Klik Izinkan aplikasi melalui akses Controlled Folder.

Click Protected folders in the Controlled folder access area and enter the full path of the folder you want to monitor.

Klik Protected Folders di area akses Controlled Folder dan masukkan path lengkap folder yang ingin dimonitor. Anda juga dapat memasukkan bagi jaringan dan drive yang dipetakan, namun variabel environment dan wildcard tidak didukung (untuk saat ini).

Perbaikan dan Peningkatan untuk Mobile di Build 15228

  • Perbaikan notifikasi/pemberitahuan dari wearable Fitbit seperti SMS dan Kalender
  • Perbaikan laporan crash dalam aplikasi Photos
  • Microsoft telah memperbaiki masalah penerapan di mana jika admin menggunakan ActiveSyncCSP untuk menyediakan akun email pada perangkat yang menjalankan Windows 10 Creators Update tanpa memberikan kata kunci yang valid, dan server email memberlakukan sejumlah penolakan access retries, maka server akan mengunci Akun email
  • Perbaikan masalah baterai yang cepat habis hingga mengkonsumsi 30% daya ketika menggunakan preview aplikasi Camera dan mode potret
  • Perbaikan masalah memutar video dimana ada flash warna hitam atau hang.
  • Perbaikan masalah jaringan dalam menggunakan device Garmin yang terhubung dengan bluetooth
  • Peningkatan stabilitas ponsel dengan berbagai perbaikan mendalam dengan bug yang menganggu

Nah apa pandanganmu soal build baru ini? 😉