Microsoft tampaknya mulai melakukan rebranding terhadap beberapa produknya, meskipun rebranding ini tidak terlalu tampak secara signifikan. Dalam rebranding kali ini, Microsoft terlihat lebih mengedepankan brand utama perusahaan sendiri, kemudian diikuti oleh brand produknya.

Dimulai dari Microsoft 365 yang merupakan paket gabungan antara Windows 10, Office 365, dengan perlindungan Advanced Threat Protection. Terlihat mulai di acara Build 2018, Microsoft lebih menekankan soal branding Microsoft 365 yang mulai diperkenalkan sejak acara Microsoft Inspire 2017 lalu dibandingkan dengan branding Windows 10. Dalam hal ini, terlihat bahwa Microsoft secara perlahan ingin memperkuat branding utamanya sendiri ketimbang Windows, disamping itu sebenarnya juga masih ada orang-orang yang masih belum mengetahui kalau Windows merupakan produk Microsoft.

Dengan branding Microsoft 365, Microsoft setidaknya ingin agar pasar enterprise mengetahui bahwa ada paket produktivitas terbaik dan komplit yang terhubung dengan cloud dan dapat juga bekerja dengan baik dengan perangkat mobile non-Windows.

Kemudian, ada branding Microsoft Cloud yang merupakan brand yang membawahi Azure, Office 365, dan Dynamics 365 tergantung dari bagaimana Microsoft memposisikan layanan tersebut. Ini juga ditujukan untuk membuat kalangan enterprise lebih mudah menerima atau mempertimbangkan, ketimbang dengan sebutan brand yang hanya “Azure” tanpa embel-embel Microsoft atau dibawah payung Microsoft Cloud.

Disamping itu, kita juga telah melihat rebranding kecil-kecilan serupa lainnya, seperti branding yang hanya “Surface” menjadi “Microsoft Surface” dengan logo persegi dibagian belakang produknya. Sementara itu, ada juga rebranding yang baru-baru ini terjadi seperti MSN News yang kini menjadi Microsoft News.

Semua ini tampaknya akan menjadi langkah Microsoft untuk memperkuat brand utamanya sendiri baik untuk kalangan konsumen umum maupun enterprise, seperti yang juga dilakukan oleh Apple dengan branding Apple Books, Apple Watch, dan lainnya.

Sekarang, apakah tanggapan kalian? 😉

 

 

Please Login to comment
avatar
  Subscribe  
Notify of