Jika diantara kalian masih menggunakan Windows 7, Microsoft mulai akan memperingatkan kalian tentang tanggal akhir dukungan Windows 7.

Microsoft hari ini mengumumkan bahwa mulai bulan depan pengguna yang masih menjalankan Windows 7 akan mulai melihat popup pesan yang memperingatkan mereka tentang tanggal akhir dukungan yang akan datang dan menjelaskan apa artinya itu untuk PC mereka. Windows 7 kini telah memasuki tahun terakhir masa usia dukungan resmi dari Microsoft, dan setelah 14 Januari 2020, Microsoft akan berhenti mendukung dan melayani Windows 7 dengan pembaruan keamanan dan fitur sama seperti sistem operasi versi sebelumnya yaitu Windows XP dan Windows Vista. Dengan ini, Windows 7 akan menjadi sistem operasi yang terbengkalai.

Sementara pelanggan dengan lisensi volume (Volume License) masih akan dapat membayar dan meneruskan pembaruan Windows 7, tapi sebagian besar pengguna normal akan kurang beruntung. Agar tetap aman, kalian harus memperbarui sistem operasi kalian ke versi yang lebih baru yaitu Windows 8.1 atau Windows 10 untuk terus menerima dukungan dan pembaruan keamanan dari Microsoft setiap bulan. Jika tidak, PC kalian akan menjadi ancaman dan target dari beberapa serangan cyber, terutama yang terhubung ke internet. Windows 7 menyumbang sekitar 40 persen dari semua PC Windows yang ada di pasaran dunia. Dengan berakhirnya dukungan Windows 7, akan menjadikannya target besar bagi para penyerang cyber atau yang biasa disebut hacker dan cracker begitu setelah tanggal 14 Januari berlalu.

Peringatan ramah

Microsoft mengatakan bahwa popup peringatan pada Windows 7 akan sering muncul, tetapi pengguna dapat mengabaikannya secara permanen, yang berarti peringatan di masa mendatang tidak akan muncul. Sama seperti dengan Windows XP, peringatan hanya akan menyatakan bahwa versi Windows ini hampir tidak mendukung dan akan memberikan tautan ke situs web Microsoft yang merinci apa artinya ini dan apa yang dapat dilakukan pengguna.

Kepala Presiden dari divisi Windows milik Microsoft, Matt Barlow mengatakan hal berikut:

Mulai bulan depan, jika Anda adalah pelanggan Windows 7, Anda dapat melihat pemberitahuan muncul di PC Windows 7 Anda. Ini adalah pengingat sopan santun bahwa Anda dapat berharap untuk melihat beberapa kali pada tahun 2019. Dengan memulai pengingat sekarang, harapan kami adalah bahwa Anda punya waktu untuk merencanakan dan mempersiapkan transisi ini. Pemberitahuan ini dirancang untuk membantu memberikan informasi saja dan jika Anda memilih untuk tidak menerimanya lagi, Anda akan dapat memilih opsi untuk “jangan beri tahu saya lagi,” dan kami tidak akan mengirimkan pengingat lebih lanjut kepada Anda.

Dengan pernyataan ini, dapat disadari bahwa peringatan ini tidak bersifat memaksa dan pilihan akan bergantung pada para pengguna, terlebih pada rencana dan kesiapan matang serta kedewasaan dalam menyikapi peringatan ini. Microsoft tidak akan menawarkan Windows 10 sebagai peningkatan gratis untuk pengguna Windows 7 seperti ketika Windows 10 diluncurkan, yang berarti pengguna harus membeli lisensi Windows 10 jika mereka ingin memperbaruinya. Namun, pengguna Windows 7 masih bisa mendapatkan Windows 10 secara gratis secara tidak resmi dengan menggunakan kunci lisensi Windows 7 mereka ketika mengaktifkan Windows 10. Microsoft tidak mengakui bahwa ini berfungsi, tetapi itu akan memberi kalian lisensi Windows 10 asli saat teraktivasi. Kami sarankan kalian melakukan ini sesegera mungkin jika kalian masih menjalankan Windows 7.

Bertahan di Windows 7 adalah ide yang buruk. Menggunakan perangkat lunak antivirus pihak ketiga apapun setelah 14 Januari 2020 tidak akan melindungi PC kalian secara penuh dari penyerang cyber yang memanfaatkan celah sistem operasi ini. Windows 7 sekarang berusia 10 tahun, dan pada dasarnya adalah sistem operasi lama, dan akan masuk dalam daftar salah satu sistem operasi legendaris. Selamat tinggal, Windows 7.

Please Login to comment
avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
1 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
Rene Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Rene
Guest
Rene

Saya enjoy baca artikel-artikelnya, opini, insight, tentang internet security nya bagus. Sayangnya proposal kerjasama yang saja ajukan tidak dapatkan tanggapan.
Anyway, sukses selalu buat para webmaster 😉