hqdefault

WinCamp.org — Microsoft membuat video #MannequinChallenge dengan bantuan HoloLens

Ada yang belum tahu Mannequin Challenge? Wahh…kudet banget kalo belom tau! ? (padahal admin sendiri baru denger kemaren ini,…hihihi)

Selama dua minggu terakhir ini, tantangan virus baru bernama #Mannequinchallenge (bacanya gimana ya? ?) telah melanda seluruh dunia.

Tren baru ini mulai mewabah di semua kalangan, di berbagai belahan dada,…upss…dunia ?. Tak terkecuali di tanah air kita tercinta. Mulai dari politikus, artis, pemain bola, hingga masyarakat biasa.

Cara bikin Mannequin Challenge sendiri terbilang simpel. Kamu tinggal mematung (pasang aksi, pasang gaya persis laksana patung) dengan pose bebas selama ± 30 detik hingga satu menit, sendirian, berduaan, beramai-ramai, di mana saja, lantas direkam video, lalu diunggah ke medsos. Itulah namanya Mannequin Challenge. Disebut sebagai “Mannequin Challenge”, tren tersebut membuat netizen berbondong-bondong meng-upload video seraya berpose bak patung manekin.

Hmm… Manusia memang ada-ada saja. Kebanyakan gaya. ? Ya, kita ambil segi positifnya aja deh (ada segi positifnya gak ya?)

Biasanya pose bergaya bagaikan patung itu menggambarkan aktivitas tertentu. Misalnya pebola kenamaan, Christiano Ronaldo yang melakukan Mannequin Challenge bersama tim Portugal di sebuah ruang ganti. Maka pose orang-orang di dalamnya ada yang sedang meluruskan kaki, mengambil pakaian ganti, melepas sepatu, menelepon, dan lainnya. Ronaldo sendiri cuma berdiri dengan mengenakan celana dalam putih. Ekspresinya tampak seperti akan memanggil seseorang.

Lagu yang paling sering dipakai untuk background video Mannequin Challenge biasanya adalah “Black Beatles” yang dinyanyikan Rae Sremmurd. Namun, banyak juga netizen yang “prefer” menggunakan lagu lain.

Di Instagram, tagar #mannequinchallenge telah tersebar di lebih dari 900.000 postingan.

Di Indonesia sendiri, tagar #mannequinchallengeindonesia sudah disesaki lebih dari 5.000 postingan. Itu belum ditambah tagar-tagar lainnya, seperti #mannequinchallengeid, #mannequinchallengeindo, dan #mannequinchallengeidn.

Ketenaran Mannequin Challenge menambah daftar panjang tren media sosial yang mendunia. Sobat tentu masih ingat, sebelumnya sudah ada tren Planking, Gangnam Style, Harlem Shake, Ice Bucket Challenge, Watch Me Whip/Nae Nae, Dab Dance, dan PPAP.

Nah. Ternyata, sang raksasa software, Microsoft pun tak mau ketinggalan tren ini. Tim Actiongram di Microsoft ikut-ikutan meramaikan #MannequinChallenge tersebut. Dan mereka menggarap videonya dengan bantuan HoloLens dan hologram! Lihat video di atas! ☝

Seperti sobat lihat dalam video di atas, di situ tampak sebuah ruangan yang beriskan banyak orang. Mereka adalah Tim Actiongram di Microsoft. Satu persatu anggota tim ini dengan posenya masing-masing disorot kamera. Kemudian yang terakhir disorot adalah sesosok monster ? naga berwarna cokelat. Itulah hologram.

Actiongram sendiri adalah gaya baru dalam merekam video, yang memungkinkan membuat pola dan bentuk baru dari suatu cerita. Memindahkan, mengubah ukuran, memutar, dan merekam hologram di rumah kita sendiri, lalu berbagi video kita dengan teman-teman.

Dengan Actiongram, sobat dapat menempatkan hologram di dunia nyata untuk dijadikan sebuah adegan film yang dinyatakan tidak mungkin atau tidak praktis. Hal ini memungkinkan sobat untuk mencampur berbagai karakter hologram dan efek visual ke dalam dunia kamu, memolesnya dengan efek Hollywood, tanpa perlu keahlian khusus.

Untuk consumer, Microsoft telah memasukkan banyak hologram yang bisa dipilih. Masing-masing dapat digunakan dalam berbagai cara, dengan banyak animasi dan efek audio.

Please Login to comment
avatar
2 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
2 Comment authors
Dolly SubagjaDwi Mogerz Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Dolly Subagja
Guest
Dolly Subagja

Orang asli sama yg hologram beda” tipis. Keren!

Dwi Mogerz
Guest
Dwi Mogerz

Mantab..hehe