windows-10-laptop

 

Pada Rabu lalu Microsoft meluncurkan KB3194496 kepada Windows Insider PC, yang merupakan Update Kumulatif untuk build 14393.222 untuk Windows 10 PC. Namun ternyata pembaruan kumulatif ini malah berdampak “kurang baik”, karena ada beberapa pengguna yang tidak bisa menyelesaikan update, dan malah terjebak (stuck) dalam lingkaran proses penginstalan ketika melakukan reboot pada PC mereka. Microsoft belum menjelaskan lebih jauh mengenai masalah ini, dan malah tampaknya mereka mengabaikan salah satu member Windows Insiders yang melaporkan gagal upgrade tersebut, tepat sehari sebelum build 14393.222 tersebut dirilis untuk publik pada Jumat lalu.

Kabar baik buat kamu yang (mungkin) juga mengalami permasalahan di atas. Ternyata Microsoft tidak tinggal diam dan tidak pernah mengabaikan keluhan dari para pelanggannya. Siang tadi Microsoft memposting sebuah pesan seperti kamu lihat tulisan di bawah, di halaman 30 suatu topik menyatakan bahwa mereka sedang mengerjakan “perbaikan”:

Halo Insiders!

Kami telah bekerja keras mengatasi masalah ini dan menyelesaikan sebuah script clean-up yang akan memperbaiki masalah mendasar yang mencegah penginstalan KB3194496 (Update kumulatif 14393.222) untuk para pengguna yang terpengaruh. Kesabaran Anda selama penelitian dan pekerjaan kami berikutnya akan sangat kami hargai.

Terima kasih seperti biasa dan tetap stay tuned!

Tampak tersirat dari pesan di atas, ada indikasi bahwa Microsoft akan menggulirkan sebuah ‘script clean-up’ untuk memperbaiki masalah upgrade yang tak kunjung terselesaikan. Dalam suatu topik di forum dukungan, banyak pengguna mengaku kalau mereka sukses menyelesaikan update, tetapi hampir semua perlu edit registri, atau harus melakukan instal ulang Windows 10 karena update gagal tadi.

Kami menemukan salah satu solusi yang tampaknya bisa membantu, tetapi ini juga harus pake edit registri.

Nah, berhubung sekarang Microsoft sedang dalam tahap akhir pengujian ‘script clean-up’, saran kami sih ya silakan menunggu digulirkannya perbaikan. Belum jelas bagaimana dan akan seperti apa perbaikan akan ditangani, namun mengingat bahwa para Non-Insiders juga mengalami masalah ini, kami berharap perbaikan ini akan digulirkan melalui Windows Update.  *****

 

 

Via Microsoft Support Forums