Selain mempersiapkan peluncuran Xbox “murah” di awal tahun depan, Microsoft juga memiliki deretan Xbox baru lainnya yang akan menggebrak dunia konsol tentunya. Yuk mari kita kupas satu persatu…

Xbox “Anthem V2”

Setelah meluncurkan Xbox “Maverick” yang merupakan Xbox yang sangat terjangkau dan tanpa disc di awal tahun depan, Microsoft berencana untuk meluncurkan Xbox “Anthem V2”.

Sebelum berbicara mengenai Anthem V2, “Anthem V1” merupakan versi “Project xCloud” dari Xbox One S saat ini dan hanya tersedia  untuk pengujian internal Microsoft untuk menguji kesiapan layanan game-streaming mereka, penampakan “Anthem V1” ini terlihat dalam video peluncuran Project xCloud yang menampilkan Xbox One S yang terintegrasi dengan hardware Microsoft Azure.

Sementara Anthem V2 akan berbasis Xbox One S yang diperbarui, kemungkinan dengan spesifikasi yang lebih tinggi dan juga komponen-komponen lain yang akan memaksimalkan potensi dari Project xCloud. Tidak seperti generasi pertamanya, Anthem V2 akan tersedia bagi konsumen dan akan meluncur di akhir tahun 2019 untuk membuat penjualan Xbox tetap stabil hingga peluncuran generasi baru Xbox keluarga “Scarlett”.

Xbox “Anaconda” dan “Lockhart”

Melompat ke akhir tahun atau musim liburan 2020, Microsoft berencana untuk membuat duo generasi baru Xbox tersedia dipasaran. Nantinya adalah “Lockhart” atau juga dikenal secara internal dengan nama “Scarlett Arcade” yang merupakan penerus Xbox One S dengan harga yang lebih terjangkau, namun tetap menawarkan pengalaman generasi baru Xbox yang akan menjadikan pengalaman Xbox One X sebagai standarnya ditambah berbagai peningkatan dalam aspek-aspek lainnya tentunya.

Sementara mengenai penerus Xbox One X yang sesungguhnya, akan ada “Anaconda” yang juga dikenal secara internal dengan nama “Scarlett Pro” dengan peningkatan peforma yang jauh lebih signifikan dan tentunya dengan harga yang lebih premium. Microsoft sendiri juga mempertimbangkan teknologi baru seperti penggunaan SSD untuk mempercepat waktu loading lambat yang memberikan pengalaman kurang mengenakkan bagi gamers.

Ada juga “Danta” yang merupakan versi devkit dari Anaconda bagi para developer game, seperti yang Microsoft lakukan untuk Xbox One X dengan devkit “Scorpio”, yang akan membuat para developer dapat lebih siap untuk memaksimalkan potensi dari Anaconda. Selain itu, juga akan ada “Anaconda Cloud”, yang merupakan versi Project xCloud dari Anaconda, layaknya Anthem V2.

Lebih dalam mengenai hardwarenya, Microsoft dikabarkan akan kembali memilih AMD seperti yang telah dilakukan dengan jajaran Xbox One dengan basis AMD Zen 2 dengan arsitektur 7nm dan arsitektur GPU yang lebih baru.

GameCore

Kini, untuk pengalaman softwarenya, Microsoft akan membawa “Windows Core OS” untuk Xbox dengan pengalaman baru yang disebut “GameCore” yang akan membuat developer game jauh lebih mudah untuk membuat game baik untuk keluarga Xbox “Scarlett” maupun PC Windows 10, yang akan mengawali era baru “UWP” untuk gaming.

Belum ada detail lebih lanjut mengenai langkah Microsoft ini, yang mungkin saja akan mulai diperkenalkan pada acara Game Developer Conference 2019 pada Maret mendatang atau acara Build 2019 nanti.

“Roma”

Microsoft juga tengah menggarap layanan baru yang berkodenama “Roma” yang merupakan layanan yang membuat layanan digital Xbox seperti Xbox Game Pass dan Xbox Live akan langsung tersedia begitu pengguna mengaktifkan Xbox barunya untuk pertama kali.

Bayangkan saja seperti ini, misalnya Anda membeli Xbox baru dan sekaligus berlangganan dengan Xbox Game Pass dan Xbox Live dan akan memberikan “uang muka” untuk periode waktu yang telah ditentukan, dan begitu Anda mengaktifkan Xbox barunya, semua layanan tersebut juga langsung aktif dan tentunya akan memberikan pengalaman yang memanjakan bagi pengguna.

Layanan “Roma” ini dikabarkan akan mulai tersedia bersamaan dengan Xbox “Maverick” yang terjangkau yang akan meluncur awal tahun depan.

Melihat semua ini, tampaknya Microsoft akan membuat tahun 2019 dengan penuh gebrakan, yang mungkin menjelaskan mengapa Microsoft tampak lebih senyap di tahun ini.

Nah, sekarang bagaimana tanggapan kalian, para pembaca setia Wincamp? 😉

Please Login to comment
avatar
  Subscribe  
Notify of