Setelah sekian lama tidak lagi membuat webcam, kini Microsoft siapkan duo webcam 4K supercanggih yang dirancang untuk perangkat Windows 10 seperti Surface dan Xbox One.

Kehadiran webcam ini nantinya akan membawa kemampuan Windows Hello ke berbagai perangkat Windows 10, suatu langkah pertama Microsoft untuk membawa kemampuan ini dalam kamera terpisah.

Sementara untuk Xbox One, Microsoft tampaknya juga akan membawa pengalaman Windows Hello ke konsol andalannya tersebut. Dimana pengguna dapat login secara otomatis dengan mengarahkan posisinya ke depan kamera, dan kemampuan ini juga dapat bekerja secara multi-user yang membuat teman atau anggota keluarga dapat turut bergabung dalam game yang tengah dimainkan.

Kamera ini juga akan digunakan di Surface Hub 2 yang akan meluncur pertengahan tahun 2019 mendatang, dimana Surface Hub 2 akan memiliki beberapa port USB-C dibeberapa bagiannya sehingga pengguna nantinya dapat memasang webcam 4K nya diberbagai tempat atau memasang beberapa webcam secara sekaligus melihat begitu luasnya layar Surface Hub 2.

Panos Panay yang merupakan Chief Product Officer di Microsoft sebelumnya sempat menyinggung soal kehadiran perangkat ini dalam sebuah interviewnya bersama The Verge, dimana Panay mengatakan bahwa langkah ini termasuk salah satu upaya Microsoft untuk melengkapi pengalaman pengguna PC baik Surface maupun produsen Windows lain seperti layaknya Surface Headphones.

“Lihat kamera di Surface Hub 2, perhatikan itu adalah kamera berbasis USB-C, dan gagasan bahwa kita dapat membawa kamera dengan kualitas tinggi ke sebuah pengalaman, Anda mungkin bisa menebak itu akan terjadi,” ujar Panay. “Apakah itu melengkapi pengalaman atau membawa tingkat pengalaman berikutnya ke sesuatu yang Anda inginkan, bahkan jika itu bukan Surface? Saya sudah melihat semua itu. Sementara saya tidak akan mengumumkan produk baru, saya pikir itu penting. Saya benar-benar berpikir bahwa melengkapi pengalaman adalah desain kami dari Microsoft yang merupakan hardware dan software.”

Kehadiran Surface Webcam ini tampaknya akan sangat membantu meningkatkan adopsi era password-less di berbagai perangkat yang saat ini masih belum memiliki kemampuan Windows Hello secara built-in.

Sekarang, apakah tanggapan kalian soal kehadiran Surface Webcam ini? 😉

Please Login to comment
avatar
  Subscribe  
Notify of