untitled-5

Pasti kamu kaget dan setengah tidak percaya begitu baca judul artikel ini. Itu pun kalau kamu pengguna setia Skype, khususnya di ponsel Windows Phone kamu. Kalau yang tidak pake aplikasi Skype ya berasa biasa-biasa aja.

Apakah sobat WinCamp di sini ada yang suka pakai Skype di ponsel Windows? Skype versi apa atau berapa yang kalian pakai?

Perlu sobat WinCamp tau, Skype punya dua versi. Yang pertama ialah versi WP 8.1 dan yang kedua adalah versi (Preview) UWP Windows 10. Kalo sobat pake aplikasi Skype jadul seperti gambar di atas, maka Skype yang ini tidak akan lagi di-support Microsoft. Microsoft tidak lagi mendukung Skype untuk perangkat Windows Phone 8.1 mulai bulan ini.

Pengguna yang menggunakan perangkat Windows Phone 8.1 aktif, atau tiba-tiba ngidam pingin nge-download Skype dari Store, pasti akan terkejut ketika melihat Skype tidak lagi dapat diakses untuk perangkat mereka.

Tapi tenang aja, sob! Don’t worry, it’s easy! Kamu mungkin masih dapat men-download Skype melalui link langsung atau memasang file mentahan-nya (.appx) secara langsung. Tapi itu juga gak bakalan lama, nantinya akan berhenti bekerja dalam hitungan bulan dalam hal apapun. (persis seperti kasus HERE dan Mix Radio).

Baca Juga:

HERE Akhirnya Benar-benar Hentikan Semua Layanannya di Windows 10

Aplikasi HERE Maps di Windows 10 PC Mendapat Update, Mungkin Terakhir

 

Perlu dicatat bahwa informasi yang menyebutkan “sementara ini Microsoft membuat daftar Skype cuma kompatibel dengan Windows 10 Mobile”, ini belum bisa dipastikan kebenarannya. Namun Skype secara resmi memang hanya mendukung Windows 10 Mobile versi 1607, alias Windows 10 Anniversary Update a.k.a. Redstone 1.

Saat ini, perolehan sementara untuk ponsel Windows yang menjalankan Windows 10 Mobile adalah 14% (13,7% pada hitungan terakhir). Sedangkan perangkat WP yang masih menjalankan Windows 10 Mobile 1511 alias TH hanya sebesar 9,5%.

Saat ini dengan adanya program Windows Insider sebenarnya para user sudah diberi kemudahan untuk melakukan lompatan ke versi OS terbaru untuk ponsel yang didukung. Namun –anehnya– (sayangnya) banyak juga ponsel Windows yang tidak didukung untuk versi terakhir upgrade 1511 – termasuk beberapa yang dikirimkan dengan Windows 10 Mobile.

Salah satunya seperti Moly X1, walaupun memiliki spesifikasi internal yang menyaingi Lumia 830 atau 640, tetap terdampar di posisi Windows 10 Mobile 1511 tanpa bisa akses ke salah satu program Windows Insider. Bahkan tidak ada solusi update dengan cara lainnya. Tidak diragukan lagi bahwa kasus ini juga sama untuk perangkat lainnya.

Dengan dihentikannya dukungan untuk Windows Phone 8.1 oleh Microsoft dengan membunuh layanan milik mereka sendiri, mestinya mereka ngasih alternatif atau solusi yang memungkinkan pengguna untuk meng-upgrade OS ponsel mereka ke OS terbaru – atau setidaknya merilis update untuk ponsel yang mendukung.

Hari ini mungkin baru Skype. Besok mungkin Cortana Beta, besoknya lagi Xbox Music. Akhirnya ujung-ujungnya perangkat Windows Phone 8.1 pun dapat ditinggalkan oleh pengembang pihak ketiga.

Bagaimana tanggapan kamu? ?

Please Login to comment
avatar
7 Comment threads
10 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
12 Comment authors
Handy HandokoRandhikaNasrudinNasrudinRafi Mu'iz Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Rafi Mu'iz
Guest
Rafi Mu'iz

Kasih aku aja Lumia 950 nya,

Handy Handoko
Guest
Handy Handoko

Bsok windows kamera, nyesel beli 950 !!!

Dony Ari Putra. S
Guest
Dony Ari Putra. S

Harusnya gini yg dulu dilakuin BB waktu memperkenalkan BB10 dgn mematikan paksa layanan BB di BBOS
Tapi itu udh terlambat bgt.. (Gak enak nih bicara apa yg terjadi 3,5 tahun yg lalu)

Fer_ferdi
Guest
Fer_ferdi

Migrasi tp ke windows mobile ?

Jaya Handika
Guest
Jaya Handika

Well, windows phone is dead. Time to migration to others platform~

Sukoto Paijo
Guest
Sukoto Paijo

Android the best choises!

Dirga Wahyu Adiaksa
Guest
Dirga Wahyu Adiaksa

Waktunya migrasi kata microsoft hehe ?