Selamat menyambut tahun baru 2019, sobat Wincamp! Hari ini ada kabar gembira, dimana, Microsoft akhirnya menutup tahun 2018 sebagai perusahaan paling bernilai di dunia dengan nilai pasar sekitar $779 miliar yang mengungguli Apple, Amazon, dan Google. Ini semua tentu saja sebagai hasil yang mulai terlihat pasca masa-masa transisi yang telah berlangsung dalam beberapa tahun terakhir.

Microsoft memang memiliki tahun yang fantastis, laporan keuangannya terus menerus mengungguli apa yang diprediksikan para pengamat ahli, baik dari sisi pendapatan maupun keuntungan beserta pertumbuhannya.

Akuisisi GitHub beberapa waktu lalu juga mendapatkan respons positif dari seorang pengamat asal Piper Jaffray mengatakan bahwa “keputusan untuk memperoleh aset itu menarik, menurut pendapat kami, ” tulis pengamat tersebut. “ Bagi Microsoft, pengembang berbagi pikiran dan berbagi pendapatan adalah yang terpenting. Microsoft percaya bahwa pengembang akan memiliki suara yang terbesar di meja di era transformasi digital dan bahwa ini adalah alasan paling penting untuk [melakukan] akuisisi. Kedua, perusahaan juga percaya bahwa mereka dapat mendorong peningkatan monetisasi GitHub. ”

Disisi lain, untuk pertama kalinya, bisnis game Microsoft sukses meraih pendapatan $10 miliar dalam tahun ini. Pertumbuhan bisnis game Microsoft juga diprediksikan akan terus meningkat seiring akan adanya peluncuran game baru, hardware Xbox baru, dan pertumbuhan pengguna layanan onlinenya seperti Mixer, Xbox Game Pass dan Xbox Live di tahun ini.

Selain bisnis game, bisnis LinkedIn tumbuh dua kali lipat dan menjadi bisnis dengan pendapatan melebihi $5 miliar, bisnis Surface mendekati pendapatan $5 miliar, dan Azure terus tumbuh cepat dan mengungguli kecepatan pertumbuhan AWS dan Google Cloud, perusahaan ritel seperti Gap dan Walmart juga turut berkontribusi dalam pertumbuhan Azure.

Beberapa pengamat kini juga memprediksi bahwa nilai Microsoft akan menembus $1 triliun sebelum akhir 2019 mendatang.

Sekarang apakah tanggapan kalian soal hal ini? 😉

 

Please Login to comment
avatar
  Subscribe  
Notify of