Microsoft Whiteboard akhirnya tersedia secara umum untuk pengguna Windows 10, yang nantinya juga akan segera disusul dengan versi baru untuk Web dan iOS, kemudian baru meluncur untuk Android.

Bagi yang belum tahu, Whiteboard adalah layanan baru yang mempermudah pengguna dalam mengekspresikan ide mereka, terutama ketika brainstorming yang dapat juga mengundang pengguna lainnya untuk turut berkolaborasi bersama.

Kini siapapun dapat mendownload Whiteboard di Windows 10, dan memulai berkolaborasi bersama dalam menyempurnakan suatu ide atau konsep. Jika pengguna memiliki akun Office 365 untuk tempat studi atau tempat kerja mereka, mereka dapat juga berkolaborasi dengan teman atau rekan kerja di lingkungan tersebut.

Whiteboard di Windows 10 tentu saja terintegrasi dengan Windows Ink, yang membuat stylus seperti Surface Pen dapat dimanfaatkan untuk berkolaborasi bersama dengan digital inking, konversi tabel, atau pembuatan tabel sempurna dari hasil coretan secara otomatis,.

Versi Web dari Whiteboard juga akan tersedia untuk pengguna Android untuk saat ini, selagi menunggu aplikasi resminya. Tidak seperti Google, Microsoft tidak membatasi browser yang digunakan pengguna.

Microsoft masih belum menjelaskan mengenai batasan-batasan yang ada di Whiteboard mengenai berapa jumlah pengguna yang dapat diajak untuk berkolaborasi, hanya saja untuk saat ini Microsoft secara aneh membatasi penggunaan Whiteboard di iOS dan Web hanya untuk pengguna yang berlangganan dengan Office 365 versi komersil.

Sebagai tambahan, layanan Whiteboard ini merupakan buah dari akuisisi Microsoft terhadap Intentional Software pada 2017 lalu. Perusahaan tersebut didirikan oleh Charles Simonyi yang juga turut mengembangkan layanan seperti Word dan Excel, sebelum keluar dari Microsoft di 2002 dan kini kembali lagi ke Microsoft.

Sekarang, apakah tanggapan kalian? Berminat menggunakan Microsoft Whiteboard? 😉

 

Please Login to comment
avatar
  Subscribe  
Notify of