Selamat malam sobat Wincamp.org, bagaimana kabar kalian malam ini, kami harap kalian baik – baik saja.

kali ini kita akan membahas tentang Microsoft Sway, mungkin kalian sudah pernah mendengar mengenai aplikasi tersebut namun banyak juga diantara kita belum pernah mendengar tentang aplikasi tersebut.

Tidak ada salahnya kami mencoba mengulasnya kembali.

Apa Itu Office Sway?

Office Sway adalah program presentasi dan merupakan bagian dari rangkaian produk Microsoft Office. Sway ditawarkan untuk rilis umum oleh Microsoft pada Agustus 2015. Ini memungkinkan pengguna yang memiliki akun Microsoft untuk menggabungkan teks dan media untuk membuat situs web yang layak ditampilkan. Pengguna dapat menarik konten secara lokal dari perangkat yang digunakan, atau dari sumber internet seperti Bing, Facebook, OneDrive, dan YouTube.

Situs Sway disimpan di server Microsoft dan terikat dengan akun Microsoft pengguna. Sway dapat dilihat dan diedit dari browser web apa pun dengan aplikasi web yang tersedia di Office Online. Tidak ada fungsi pengeditan atau tampilan offline. Sway juga dapat diakses menggunakan aplikasi untuk Windows 10 dan iOS.
Sway dikembangkan secara internal oleh Microsoft. Pada akhir 2014, Microsoft mengumumkan versi pratinjau Sway sebagai pratinjau undangan saja dan mengumumkan bahwa Sway tidak akan memerlukan langganan Office 365.
Pengguna dapat menambahkan konten dari berbagai sumber ke dalam presentasi Sway mereka. Beberapa layanan terintegrasi dimiliki oleh Microsoft, termasuk OneNote, Bing, dan situs Sway lainnya. Program ini juga menyediakan integrasi asli dengan layanan lain, termasuk YouTube, Facebook, Mixcloud, dan Infogram.

 

Memulai Menggunakan Sway

Baru menggunakan Microsoft Sway? Artikel ini menyediakan gambaran umum tentang betapa mudahnya membuat dan berbagi apa pun dengan kanvas interaktif Sway yang penuh warna. Pelajari cara membuat dan meninjau Sway pertama kamu, cara menambahkan dan menyematkan konten, serta cara berbagi karya dengan orang lain.

Dengan Sway, kamu tidak lagi dibatasi untuk memilih templat siap pakai yang menjadikan tampilan presentasi tampak sama seperti milik orang lain, juga tidak harus memiliki kemampuan desain khusus untuk mengubah dan menampilkan informasi dalam cara yang modern, interaktif, dan menarik.

Dengan Sway, tak perlu menghabiskan banyak waktu untuk pemformatan. Mesin desain bawaan akan membantu menyempurnakan kreasi Anda. Jika desain awal tidak sesuai dengan selera atau suasana hati, kamu dapat dengan mudah menerapkan desain lain atau sepenuhnya mengubah tata letak sesuai keinginan.

Sangat mudah untuk berbagi Sway yang sudah selesai. Keluarga, teman, teman sekelas, dan rekan kerja dapat melihat kreasi Anda di Web tanpa perlu mendaftar, masuk, atau mengunduh apa pun. kamu juga dapat mengubah pengaturan privasi untuk semua Sway jika ingin lebih mengontrol hal yang dibagikan.

Sway gratis digunakan oleh siapa saja yang memiliki Akun Microsoft (Hotmail, Live, atau Outlook.com). kamu dapat membuat Sway yang lebih menarik dengan lebih banyak konten jika menggunakan Sway sebagai bagian dari langganan Office 365.

Apa yang dapat kamu buat dengan Sway?

Banyak sekali yang bisa kita dapatkan dan bisa kita buat menggunakan Sway, mulai dari laporan, presentasi, buletin, kisah pribadi, album foto, maupun laporan perjalanan visual, ekspresikan kreativitas kamu tanpa batas dengan Sway.


 

 

Jika tidak yakin tentang hal-hal yang mungkin dilakukan, kamu dapat menampilkan dan berinteraksi dengan Sway yang dibuat oleh orang lain untuk mendapatkan inspirasi. Setelah masuk ke Sway (lihat di bawah ini), gulir ke bagian bawah halaman Sway Saya lalu telusuri konten unggulan di bawah judul “Dapatkan inspirasi dengan Sway unggulan.” kamu juga dapat memilih salah satu templat unggulan untuk mulai menggunakan dan mempelajari Sway.

Masuk untuk mulai membuat

Untuk mulai menggunakan Sway, kunjungi www.sway.com di browser apa pun lalu klik Masuk pada bilah menu atas.

ika diminta, masukkan alamat email yang ingin digunakan dengan Sway. kamu dapat menggunakan Akun Microsoft gratis (Hotmail, Outlook.com) atau akun organisasi apa pun yang diberikan oleh kantor atau sekolah. Jika belum memiliki akun, kunjungi www.microsoft.com/account untuk mendaftar secara gratis.

Pada halaman Sway Saya yang terbuka setelah masuk, klik atau ketuk Buat Baru untuk mulai membuat Sway pertama kamu.

Mengenal Alur Cerita Sway

Alur Cerita adalah tempat untuk mengetik, menyisipkan, mengedit, dan memformat konten kisah kamu. Konten disusun secara berurutan dengan menambahkan kartu, yang masing-masing memuat tipe konten yang diinginkan, seperti teks, gambar, video, bahkan dokumen Office. Urutan kartu dapat disusun ulang kapan saja sesuai kebutuhan.

Berikan judul pada Sway

Klik teks placeholder Beri judul Sway yang ditampilkan di kartu pertama pada Alur Cerita, lalu ketikkan deskripsi singkat yang bermakna mengenai Sway kamu. Saat Sway dibagikan nanti, judul ini akan menjadi hal pertama yang dilihat orang lain.

Tambahkan gambar dan teks ke Sway

Untuk menambahkan konten ke Sway, seperti teks, gambar, atau video, klik atau ketuk ikon + di bagian bawah kartu yang ada. kamu juga dapat menyeret dan menjatuhkan teks dan gambar langsung ke Alur Cerita. (Jangan ragu untuk bereksperimen, kamu dapat mengubah urutan konten kapan saja dan mengustomisasi setiap kartu sesuai keinginan.)

Tambahkan konten ke Sway

kamu dapat mencari dan menambahkan konten tambahan ke Sway dengan mudah, seperti gambar yang disimpan di komputer atau perangkat seluler. Sway juga dapat mencari konten yang paling relevan di Web, seperti video, lalu menambahkannya ke Sway kamu. Pada bilah menu, klik Sisipkan, pilih sumber konten yang diinginkan dari menu, lalu masukkan kata kunci atau frasa pencarian apa pun ke dalam kotak Cari sumber.

Lihat pratinjau Sway

kamu dapat melihat pratinjau pekerjaan yang sedang berlangsung kapan saja dengan mengklik tab Desain. Dengan melihat pratinjau, kamu dapat melihat tampilan Sway bagi orang lain saat dibagikan nanti. Untuk menikmati pengalaman Sway sepenuhnya, klik tombol Putar pada bilah menu atas.

Untuk kembali ke Alur Cerita setelah selesai melihat pratinjau Sway, klik tab Alur Cerita.

Mengubah Gaya Sway

Sway memungkinkan kamu fokus pada hal yang akan disampaikan dengan mengatur pemformatan, desain, dan tata letak konten. kamu dapat tetap menggunakan desain default Sway yang disarankan, memilih dan menerapkan desain sendiri, bahkan menyesuaikan tata letaknya.

Untuk memilih gaya Sway, klik Desain pada bilah menu, lalu pilih Gaya. Untuk memilih tampilan dan nuansa Sway secara acak, klik tombol Remix! hingga menemukan desain dan tata letak yang disukai. kamu juga dapat menyesuaikan bagian gaya tertentu yang saat ini diterapkan, seperti warna, font, dan tekstur dengan mengklik tombol Sesuaikan di panel Gaya.

Jika ingin mengontrol bagaimana orang lain melihat dan menavigasikan Sway kamu setelah dibagikan, pilih apakah konten perlu digulir secara vertikal, horizontal, atau ditampilkan seperti presentasi.

Bagikan Sway

Siap untuk berbagi Sway dengan dunia, atau mungkin hanya dengan orang-orang tertentu? Klik tombol Bagikan pada bilah menu atas, kemudian pilih cara yang diinginkan untuk berbagi Sway. Pilihan kamu pada menu ini bergantung pada tipe akun yang digunakan untuk masuk ke Sway.

Untuk tampilan lebih mendetail di semua opsi berbagi yang tersedia, lihat Berbagi Sway kamu.

Gunakan Sway di mana saja

Sway berfungsi di semua browser seluler pada semua platform. Baik untuk mengabadikan momen perjalanan wisata, mendokumentasikan riset untuk sekolah, maupun berpartisipasi dalam konferensi bisnis penting, Sway selalu tersedia untuk kamu.

  • Sway.com
    Kunjungi www.sway.com di browser seluler apa pun, di semua platform atau perangkat.
  • Sway untuk iOS
    Temukan aplikasi Sway gratis untuk Apple iPhone atau iPad Anda di App Store.
  • Sway untuk Windows 10
    Temukan aplikasi Sway gratis untuk perangkat Windows 10 Anda di Microsoft Store.

Temukan fitur Aksesibilitas di Sway

Browser yang digunakan untuk menulis dan menampilkan Sway menentukan fitur Aksesibilitas yang tersedia. Untuk hasil terbaik, kami menyarankan Microsoft Edge, Firefox, atau Safari.

Kamu dapat menggunakan Sway dalam mode kontras tinggi dengan fungsionalitas keyboard penuh dan akses pembaca layar ke konten. Klik Opsi Lainnya ( . . . ) pada bilah menu atas, lalu klik atau ketuk Tampilan aksesibilitas. Untuk keluar dari tampilan Aksesibilitas, gunakan lagi perintah yang sama.

Untuk informasi selengkapnya tentang Aksesibilitas Sway, baca hal berikut ini:

Langkah berikutnya dengan Sway

  • Tonton tutorial video
    Siap untuk mencari tahu lebih jauh tentang kemampuan yang ditawarkan Sway? Tonton tutorial video gratis kami untuk mempelajari praktik terbaik dalam menggunakan Sway.
  • Ikuti Sway di Facebook
    Bergabunglah dengan komunitas Sway serta dapatkan berita dan inspirasi dari orang-orang dengan minat yang sama seperti Anda. Ikuti Sway di Facebook.
  • Baca blog Sway
    Selalu dapatkan informasi terbaru tentang rilis fitur baru dan berita Sway. Ikuti blog resmi Sway dan jangan lewatkan pembaruan.
  • Kirimkan umpan balik Anda
    Memiliki ide untuk fitur baru atau saran untuk peningkatan? Kunjungi situs UserVoice Sway untuk berbagi pemikiran dengan tim produk. Anda juga dapat menyetujui ide terbaik yang telah dikirimkan oleh pengguna Sway lain.

Sekian Tips dan Trik dari kami, semoga bermanfaat dan jika kalian memiliki tanggapan mengenai hal ini, ceritakan pada kami di kolom komentar.

*dikutip dari berbagai sumber