Surface 3Microsoft dikabarkan tengah mempersiapkan penerus Surface 3 untuk bersaing dengan iPad milik Apple. Tablet dengan harga terjangkau yang belakangan makin laris di pengguna gadget. Menghadirkan Surface (4) mungkin bisa menjadi alternatif Microsoft untuk bersaing dengan tablet iPad murah milik Apple.

Kabarnya Surface (4) akan memiliki model baru dari seri surface yang ada saat ini. Microsoft kabarnya mendesain ulang seluruh bagian perangkat untuk menyegarkan lini Surface. Ukuran layar seluas 10 inch bukan 12 inch seperti yang ada pada Surface Pro.

Selain itu setiap bagian sudut akan membulat yang lebih menyerupai iPad dibanding perangkat Surface yang ada. Perangkat ini akan menggunakan USB Type-C untuk pengisian daya. Berat nya juga akan berkurang 20% lebih ringan dari Surface Pro yang ada saat ini.

Karena dikhususkan untuk bersaing dengan iPad murah versi Apple, Microsoft dikabarkan akan memberikan rentan harga $400 untuk perangkat Surface baru ini. Sesuai dengan misi nya untuk bersaing melawan tablet milik Apple.

Seperti pada model Surface lainnya, tablet baru ini juga nanti nya akan di lengkapi stylus, mouse dan penutup keyboard. Kabarnya Microsoft sedang mencari cara agar ketiga aksesoris tersebut bisa ditekan harga nya agar lebih murah.

Untuk sistem operasi, sepertinya akan menggunakan Windows 10 Pro. Mengenai apakah akan mendapatkan modus Windows 10 S belum terungkap. Tapi sepertinya karena ini versi murah Microsoft lebih memilih menggunakan Windows 10 S ketimbang Windows 10 Pro.

Ketersediaan perangkat penerus Surface 3 ini mungkin akan terungkap di akhir tahun 2018 atau tepat setelah Microsoft merilis Windows 10 Redstone 5.