Windows Xp Wallpaper
Windows Xp Wallpaper

Sistem operasi Windows Xp tampaknya masih sangat banyak diminati pengguna Windows, itu terlihat dari angka yang dirilis oleh MarketShare dibulan mei 2018 kemarin. Data menunjukan Windows Xp masih digunakan diatas 5% lebih banyak oleh pengguna Windows di seluruh dunia.

Seperti yang kita ketahui Microsoft sudah melepas versi ini pada tahun 2014, dukungan penuh tidak lagi Microsoft lakukan untuk sistem operasi ini. Berharap pengguna akan beralih ke Windows 7 atau 8.1, tapi justru sebaliknya. Peralihan pengguna untuk meninggalkan Windows Xp terbilang sangat lambat.

MarketShare Windows XpBahkan sampai dengan perilisan Windows 10 ditahun 2015 hingga kini sudah ditahun 2018, pengguna masih enggan untuk meninggalkan sistem operasi ini. Ada banyak masalah yang akan terjadi jika sampai terus menggunakan sistem operasi ini. Berikut ini Wincamp jabarkan 3 masalah yang akan ditemui pengguna Windows Xp ditahun 2018 :

Keamanan (Security)

Keamanan menjadi poin penting untuk keberlangsungan sistem operasi dan pengguna nya. Sebab poin ini akan menjadi titik balik pertanyaan apakah layak menggunakan software yang akan dioperasikan setiap hari. Data-data yang tersimpan dalam komputer menjadi sasaran empuk bagi para peretas, jika keamanan nya lemah.

Microsoft sendiri terakhir kali memberikan update keamanan untuk Windows Xp pada saat terjadi serangan viris Wanna Cry. Sejak saat itu tidak ada lagi update patch yang diberikan. Kabar adanya serangan semacam Wanna Cry justru kembali mengincar beberapa pekan lalu, yang dipercaya jauh lebih berbahaya.

Dukungan Aplikasi (App Support)

Setiap aplikasi memiliki jangka waktu tertentu sampai akan terus di support, hal ini juga akan berdampak pada ekosistem itu sendiri. Semakin besar ekosistem semakin panjang dukungan yang diberikan. Microsoft sendiri sudah tidak lagi memberikan dukungan untuk setiap aplikasi yang berjalan pada Windows Xp.

Google dan Mozilla adalah beberapa contoh nya, browser mereka sudah tidak lagi men-support pengguna Windows Xp. Dalam artian, penggunaan nya akan sangat terbatas oleh fitur yang bisa saja dihentikan. Meskipun dalam garis besar kedua browser ini masih tetap bisa dipergunakan.

Start Screen Windows 10Masalah Fitur

Ditahun 2018 ini menggunakan Windows Xp seperti kembali ke masa lampau yang hampir tidak mungkin saya lakukan. Cortana, Microsoft Edge, Fluent Design, Action Center, Timeline dan masih banyak lagi fitur yang kini hadir di Windows 10 yang rasanya sangat sulit untuk kembali menggunakan Windows Xp.

Faktor yang paling penting bagi saya adalah masalah fitur yang mungkin tidak akan mendukung untuk digunakan ditahun 2018. Masalah security sepertinya akan menjadi momok menakutkan bagi setiap perusahaan yang masih menggunakan nya. Sekedar info, beberapa perusahaan yang masih menggunakan sistem operasi Windows Xp, mereka harus mengeluarkan uang lebih untuk memberikan keamanan kepada Microsoft.

Cepat atau lambat pengguna akan beralih ke sistem operasi Windows 10 atau Windows 7 & 8.1 yang kini masih diberikan dukungan Microsoft. Meskipun tampaknya ini akan memakan waktu yang cukup panjang. Lantas apa alasan mereka yang hingga kini masih enggan meninggalkan Windows Xp & beralih ke sistem operasi terbaru ?

Please Login to comment
avatar
  Subscribe  
Notify of