Seperti yang telah kita ketahui bahwa Cortana adalah asisten virtual yang dibuat oleh Microsoft untuk Windows 10, Windows 10 Mobile, Windows Phone 8.1.

Cortana melakukan banyak hal beberapa di antaranya sudah jelas, dan sebagian juga tidak demikian. Asisten virtual Microsoft ini  berhasil membuat hidup lebih mudah dan lebih menyenangkan di seluruh Windows 10. Dia lebih dari sekedar jawaban Microsoft untuk Siri dan Google Now, Cortana proaktif dan reaktif. Begitu banyak yang Cortana dapat lakukan, hampir mustahil untuk mengetahui semuanya.

Berikut adalah beberapa perintah yang tidak begitu jelas yang mengungkapkan kekuatan Cortana yang sebenarnya!

Membuat emoji

Spruce up your text

Pernahkah kamu berfikir apakah cortana dapat melaukan perintah walaupun hanya sekedar perintah membuat emoticon?

Sekrang pertanyaan kamu terjawab, cortana bukan hanya bisa mengerjakan perintah sederhana namun bisa diperintahkan untuk membuat emoticon.

Cukup katakan sesuatu seperti “smiley”, “winkie“, atau “frownie” dan Cortana akan menempatkan emoticon yang sesuai ke dalam teks kamu.

Penerjemah

What does that mean?Tanyakan Cortana “How do you say “I need to get the airport” in Spanish?”dan dia akan memberi kamu terjemahan yang cepat. Apakah bisa ? tentu saja, mengganti frasa dan bahasa dengan apa pun yang kamu inginkan. Cortana dapat menerjemahkan bahasa Inggris ke 50 bahasa, dengan lebih banyak lagi.

Menemukan gambar dan dokumen

Multimedia search

Di PC kamu, minta Cortana untuk “Show me pictures from last week” untuk mengambil gambar dari jangka waktu yang sesuai. Ini juga berfungsi dengan dokumen Word dan Excel. Berguna jika kamu tidak ingat mengingat nama dokumen yang kamu simpan.

kamu dapat meminta cortana untuk menemukannya.

Menemukan Judul Lagu dan penyanyi

What's that song?

Jika kamu kesulitan menemukan judul lagu, penyanyi serta penciptanya, kamu dapat meminta Cortana dengan ” “What song is playing?.

Cortana dapat mencari jawaban yang kamu inginkan.

Pengingat

For the forgetful

Mungkin kamu adalah seseorang yang membutuhkan pengingat di sana-sini sepanjang hari. Cortana dapat mengatur pengingat ketika kamu mencapai tempat tertentu atau waktu tertentu dalam sehari. Mungkin kamu harus mengunjungi bank sepulang kerja; katakan saja “Remind me when I leave work to visit the bank” Pemrosesan lokasi pintar Cortana telah mengetahui di mana kamu bekerja, dan ketika kamu meninggalkan lokasi itu, kamu akan mendapatkan pengingat untuk mengunjungi bank. Cara yang sama untuk mengambil surat ketika kamu pulang atau kombinasi tugas dan lokasi lainnya.

Hindari Kemacetan

Avoid heavy trafficTakut mengalami kemacetan ditengah kesibukan kehidupan kota, kamu dapat tanyakan Cortana “What is traffic like on the way to home?” (atau ke mana pun kamu menuju) dan ia akan memberi kamu info tentang halangan saat ini yang dapat memperpanjang atau akhirnya menghentikan perjalanan kamu. Jangan lupa bahwa kamu dapat meminta arah Cortana jika kamu tidak yakin bagaimana menuju ke tempat tertentu.

Meminta Kesan
Very impressionablePikirkan kamu dapat meniru seorang Artis terkenal dengan baik, Minta Cortana untuk memebrikan kesan kepada kamu dengan “Do an impression”. kamu akan terkejut dengan apa yang dia berikan.
Batu gunting kertas
Rock outCortana suka berkompetisi – cukup katakan “rock, paper, scissors” pada saat kamu membutuhkan teman bermain. Cortana akan memilih salah satu dari tiga dari permainan tangan zero-sum klasik, jadi pastikan kamu sudah membuat keputusan (dia tidak akan curang dengan menggunakan kamera untuk melihat permainan kamu).
Itulah beberapa hal perintah rahasia yang perlu kamu coba, jika kamu memiliki perintah – perintah yang lain jangan sungkan berbagi dengan kami dikolom komentar dibawah ini.