Microsoft Surface GoRasanya baru beberapa jam yang lalu kami memberitakan mengenai rumor keberadaan perangkat baru Surface dari Microsoft. Sekarang Microsoft secara resmi memperkenalkan nya, ini dia Surface Go.

Surface Go adalah produk baru dari keluarga Surface, perangkat premium dengan high quality yang tidak perlu dipertanyakan lagi. Microsoft menjelaskan perangkat Surface Go dihadirkan untuk kalangan pelajar yang menginginkan perangkat powerful namun tetap fleksibel.

Microsoft Surface GoDengan berat hanya 1.15 pound dengan layar 10 inch PixelSense 1200×1800 tentu dapat sangat mudah untuk dibawa pergi kemanapun. Untuk CPU nya sendiri Microsoft membenamkan prosesor milik Intel yakni Pentium Gold 4415Y dual-core 1.6GHz dengan iGPU Intel HD 615. Sementara untuk OS nya menggunakan Windows 10 Home in S-Mode yang dapat diupgrade ke Windows 10 Home secara gratis untuk konsumen umum dan untuk kalangan enterprise akan hadir dengan Windows 10 Pro.

Surface Go sendiri memiliki 2 varian yakni dengan RAM 4GB dipadukan 64GB eMMC untuk penyimpanan internal nya dan varian RAM 8GB untuk 128GB SSD penyimpanan internal. Untuk harga nya sendiri akan di bandrol mulai dari $399 atau sekitar 5,7 jutaan rupiah untuk varian 4GB RAM & $549 atau sekitar 7,9 jutaan rupiah untuk varian 8GB RAM. Sementara untuk varian LTE akan hadir pada beberapa bulan mendatang.

Terdapat kamera depan dengan resolusi 5 MP yang sangat cocok bagi pengguna yang sering menggunakan Skype atau Microsoft Teams, yang juga memiliki Windows Hello. Selain itu, terdapat kamera belakang dengan resolusi 8 MP yang pas untuk memotret proyek-proyek yang sedang dikerjakan dan membagikannya ke rekan kerja pengguna.

Untuk konektor, terdapat Surface Connect untuk charge dan docking, USB-C untuk data, video, dan juga charging. Kemudian, terdapan juga dukungan Micro-SD untuk mempermudah pengguna dalam memperbesar kapasitas memori yang tersedia atau mentransfer foto-foto yang baru dipotret dari kamera profesional.

Untuk aksesoris, mendukung Surface Go Signature Typecover baru dengan Precision Touchpad dan material dari Alcantara yang dibanderol sekitar $99 atau $129 tergantung dari pilihan warnanya. Terdapat juga Surface Mobile Mouse yang dibanderol $34.99 dengan desain yang compact dan pas dengan Surface Go. Terdapat juga dukungan Surface Pen 5 dengan Level of Pressure sebesar 4096 yang lebih akurat, cepat, dan natural seperti yang telah ditampilkan di perangkat Surface Pro (2017) dan Surface baru lainnya. Ditambah lagi dengan dukungan Surface Dial.

Sekarang, apakah tanggapan kalian? Ingin memiliki Surface Go?