Dengan tetap pada keputusan yang telah disampaikan, Microsoft akan tetap mengakhiri Paint Classic (Paint.exe).

Keputusan Microsoft ini akan berdampak bagi para pengguna sistem Windows 10, bahkan para pengguna sistem Microsoft Windows di penjuru dunia. Dimana aplikasi ini telah hadir untuk pertama kalinya pada tahun 1985 untuk sistem Windows 1.0 telah menjadi aplikasi yang telah setidaknya mewarnai indahnya artistik dalam dunia teknologi, walaupun hanya dapat mencurahkan inspirasi melalui kanvas elektronik dan maya. Namun, setelah kurang lebih 32 tahun bersama dengan sistem Microsoft Windows sebagai aplikasi pabrikan (Built-In), aplikasi ini akhirnya akan dihentikan.

Namun tidak berakhir dengan begitu saja, setidaknya ketua dalam divisi Microsoft Windows Group serta kepala dari program Windows Insider, Dona Sarkar telah mengatakan jika Microsoft akan tetap menyimpan kenangan Microsoft Paint dalam hati, baik hati para pengembang Microsoft bahkan dalam hati para pengguna sistem Microsoft Windows. Dengan ini, Microsoft Paint akan dipindahrumahkan pada Microsoft Store kedepannya.

Dengan ini, pesan untuk para pengguna Windows 10 mengenai keputusan tersebut mulai muncul sejak pada pembaruan Windows 10 Insider Preview Build 17063 dimana akan muncul keterangan didalamnya yang bertuliskan “Versi dari aplikasi Paint ini akan segera digantikan dengan Paint 3D. Classic Paint selanjutnya akan tersedia pada Bursa.

Pesan peringatan ini secara tidak langsung dapat dipastikan bahwa pada pembaruan mayor Windows 10 kedepannya yaitu Windows 10 Versi 1803 (Redstone 4) keputusan Microsoft ini akan mulai diterapkan.