Sebelum CES 2018 digelar, kita sudah mendengar kalau Intel India tidak sengaja bocorkan prosesor Intel Core dengan Grafis Radeon Vega M. Tapi, kini Intel secara resmi memberikan penjelasan lebih dalam soal hasil kerjasamanya bersama AMD tersebut.

Hasil kerjasama Intel dan AMD yang berbasis Core Generasi ke-8 ini adalah bagian dari H-Series. Dimana, ini menandakan bahwa peforma dapat kian melesat tanpa membuat perangkat lebih tebal dan berat. Prosesor ini pada dasarnya merupakan solusi terpadu yang menggunakan teknologi EMIB baru Intel untuk menghubungkan grafis Radeon RX Vega M ke prosesor Core i5 / i7, yang menghasilkan ukuran silikon yang 50% lebih kecil dan kinerja yang dapat meningkat secara signifikan. Chipset baru ini menggunakan memori  4GB berkapasitas tinggi atau HMB2, yang jauh lebih efisien daripada GDDR5 biasa.

Intel saat ini meluncurkan dua varian dari chipset dengan grafis Radeon ini, salah satunya untuk laptop dan yang lainnya adalah untuk perangkat desktop yang lebih tinggi peformanya. Untuk yang pertama adalah prosesor Intel Core i5 dan i7 Generasi ke-8 dengan Radeon RX Vega M GL Graphics dan daya total sebesar 65W, sementara yang kedua, adalah prosesor Generasi ke-8 Intel Core i5 dan i7 dengan Radeon RX Vega M GH Graphics dengan daya total 100W.

Varian GH memiliki 24 compute unit dan dapat diclock hingga 4.2GHz, sedangkan varian GL memiliki 20 compute unit dan dapat diclock hingga 4.1GHz untuk model i7 dan 3.8GHz untuk i5. Semua chip ini adalah prosesor quad-core dan mereka tetap menggunakan Intel HD Graphics 630 terintegrasi yang membuat chipset mampu menjalankan 9 desktop yang dikombinasikan dengan kekuatan dari grafis AMD Radeon.

Melalui kerjasama ini, kita tidak lama lagi akan melihat perangkat yang jauh lebih powerful dan serbaguna, tapi perangkatnya dapat lebih tipis dan ringan. Semua ini tentu saja akan membuat pengguna semakin puas dalam menggunakan PC Windows generasi baru mereka. Meskipun, memang perlu waktu bagi kita untuk melihat produk-produk baru yang menggunakan chipset hasil kolaborasi Intel dan AMD ini, yang semoga saja dapat terjadi di paruh pertama tahun ini. Mengingat Dell dan HP dikabarkan akan menjadi yang pertama yang tengah mempersiapkan produk yang menggunakan chipset ini.

Jadi, apakah tanggapan kalian soal hasil kerjasama Intel dan AMD ini? 😀