buildMicrosoft Build 2016 yang diadakan di San Fancisco masih akan terus berlanjut selama 3 hari (Rabu hingga Jumat). Acara tersebut di Indonesia dapat di tonton langsung dari Channel9 ataupun web yang telah diberi akses oleh pihak Microsoft Indonesia untuk menanyangkan embed iframe nya. Salah satunya di Wincamp dan Winpoin. Even build memang ditujukan kepada para developer dan bukan end-user. Akan tetapi selain developer juga masih bisa menyaksikan rangkuman acara dari event build 2016.

Berikut ini rangkuman terbaik secara umum dari Build 2016 di hari pertama.

 Windows 10 Anniversary Update

Kali ini Microsoft akan menggulirkan pembaruan pada Windows 10 Redstone secara gratis pada musim panas. Hal tersebut dijuluki sebagai Anniversary Update, yang merupakan salah satu apresiasi karena telah berhasil membuat sejarah “the most fastest user adoption on Windows history ever”. Artinya Windows 10 telah sukses membuat pengguna mudah dalam menggunakan sistem operasi baru nya dari versi sebelumnya. Apalagi pengguna Windows 10 telah mencapai 270juta perangkat aktif baru dan memiliki 1000 fitur baru.Wow!

 Windows Hello

Sistem keamanan autentikasi 2 faktor dari Microsoft Passport ini telah mampu memikat hati para pengguna, dengan fitur keamanan baru yang memungkinkan membuat Autentikasi ketika Login menggunakan Microsoft Edge dengan Infra merah Iris, Wajah ataupun PIN.

Linux Bash hadir di Windows 10

Salah satu terminal command line Linux yang kini telah terpikat dengan Windows 10 sehingga mampu bersatu dan memungkinkan untuk melakukan instalasi Linux Ubuntu binary. Hal yang sangat mengejutkan bahwa 2 sistem operasi yang memiliki kernel berbeda antara UNIX dan DOS telah mampu membuktikan perkataan Satya Nadella bahwa “Windows Love Linux”. Lalu siapa yang berani menangtang Windows 10? 🙂

WIndows-Ink

Windows Ink yang Sempurna!

Bryan Roper a.k.a Fedora Guy telah berhasil menghipnotis para developer dengan keahliannya dapam melakukan demo versi rapper. Windows Ink menjadi pilihannya dalam menarik perhatian untuk membuktikan bahwa teknologi Note ataupun Canvas virtual sangat berguna lebih dari kertas biasa. Uniknya untuk melakukan pengukuran tidak perlu menggunakan penggaris asli namun secara virtual Pen yang digunakan untuk melakukan pengukuran dengan otomatis akan menarik garis lurus sesuai yang kita mau. Demo yang dilakukan dengan perangkat Surface ini juga mampu membuat poin-to-poin dalam Map dan mampu dilihat dari segala perspektif. Jarak peta akan terukur dengan Artifical Intelegence distance. Windows Ink akan tersedia bersamaan dengan Anniversary Update.

UWP-Small-Windows-10Universal Windows Platform (UWP)

Bagi para developer Windows Store, membuat aplikasi UWP merupakan target utama agar dapat dijalankan di berbagai platform seperti, Windows PC, Tablet dan Mobile. Beberapa aplikasi UWP yang akan segera hadir adalah Facebook for Windows 10, Messenger dan Instagram. Perlahan namun pasti, itulah jargon yang tepat untuk UWP.

 Cortana is Everywhere with Bot

Siapa sangka bahwa kecerdasan buatan yang dijuluki sebagai Asisten Pribadi Master Chief ini semakin pintar dan menghasilkan Bot-bot dimana mana. Cortana telah mampu menjawab 5 Milyar pertanyaan para penggunanya dengan Windows 10. Update selanjutnya akan menampilkan Cortana di LockScreen, terintegrasi langsung dengan Outlook dan Even pada Kalender secara aktif. Hal ini merupakan salah satu permintaab dari User Feedback para pengguna aktif Windows 10.

 Skype dan lahirnya Windows Bot Framework

Seperti yang telah diungkapkan bawha Windows 10 update akan memiliki 1000 fitur baru dan berbagai framework serta API. Windows Bot merupakan sistem penjawab otomatis yang terbekali sejuta baris pemrograman untuk menangani berbagai kasus di sektor bisnis. Domino’s Pizza telah menunjukan demo nya dalam melakukan pemesanan menggunakan Bot. Juga Skype yang telah terpasang oleh Bot Cortana yang seolah olah adalah lawat chat kita.

 Xbox One dan Continuum

Sejak lahirnya Windows 10, dalam sejarah telah terciptanya kedekatan yang luar biasa antara game di PC dan Konsol XBox. Sebab Xbox dengan Chip ATI Radeon ini telah berbekal kekuatab dari Windows 10 dan Komunitas Xbox Hub. Bahkan penjualan game XBox bisa dibeli di Windows Store secara bersamaan di semua platform.

Continuum 4 telah resmi hadir dengan kemampuan lebih hebat. Mampu melakukan remote dengan Xbox dan masuk dalam Devloper Mode untuk akses UWP dari PC ke konsol.

hololensMicrosoft Hololens

Hololens, Microsoft Holographics/Augmented-Reality yang diumumkan taun lalu akhirnya telah tersedia untuk developer dan siap mengembangkan sayapnya di dunia pendidikan, bisnis, kedokteran dan industri game. Pamela Davis, dari Universitas Case Western pada ilmu kedokteran telah menunjukkan bagaimana kolaborasi jarak jauh dalam mempelajari anatomy tubuh manusia dalam bentuk digital. Mark sebagai peserta di lokasi yang berbeda telah menunjukkan interaksi secara alami dengan pelajar lain. Hololens telah tersedia sejak Rabu untuk para developer dan tentunya mereka harus membayar sedikitnya $3.000 untuk mendapatkan Hololens Deveopment Kit.

Nah, itulah sebagian besar ringkasan yang dapat kami sampaikan dari even Build 2016 pada hari pertama. Sebenarnya masih ada yang belum kami uraikan seperti Visual Studio Update 2, Azure dan TypeScript. Namun, secara keseluruhan kami akan rangkum KeyNote pada build di hari kedua. Ya! Malam ini pukul 22.30 WIB akan segera dimulai even build yang ke dua. Terima Kasih sahabat Windows Camp!

Please Login to comment
avatar
  Subscribe  
Notify of