Gedung planetarium di Jakarta

Di antara sobat di sini adakah yang pernah berkunjung ke Planetarium? Belum pernah? Waaah….kuper & kupeng banget deh kalo belum pernah. ?

Di Indonesia kan ada 3 tempat loh yang menyediakan planetarium. Di Jakarta, Surabaya, dan Kutai.

Apa sih planetarium?

Planetarium itu gedung teater untuk memperagakan simulasi susunan bintang dan benda-benda langit.

Planetarium adalah sebuah tempat atau ruangan dengan atap berbentuk kubah untuk mensimulasikan keadaan langit yang sebenarnya, dipandang dari berbagai tempat di Bumi dan sepanjang waktu.

Kamu bisa dengan mudah mengenali gedung planetarium, soalnya ada ciri khasnya. Atap gedung planetarium biasanya berbentuk kubah setengah lingkaran.

Gedung Zeiss-Grossplanetarium di Berlin

Di planetarium, kamu bisa belajar mengenai pergerakan benda-benda langit di malam hari dari berbagai tempat di bumi dan sejarah alam semesta. Planetarium ama observatorium beda, loh. Jangan salah! Kubah gedung planetarium tidak bisa dibuka untuk meneropong bintang, kalau observatorium kan bisa.

Di dalam ruang pertunjukan ada sumber gambar berupa proyektor bintang yang umumnya diletakkan di tengah ruangan. Proyektor tersebut bisa memperagakan pergerakan benda-benda langit sesuai dengan waktu dan lokasi. Proyektor ini berfungsi untuk memproyeksikan cahaya pada atap kubah planetarium, untuk menghasilkan cahaya benda-benda langit seperti bintang-bintang, planet, bulan dan lain-lain sehingga menghasilkan gambaran keadaan langit malam sebenarnya.

Pertunjukan berlangsung dengan narasi yang diiringi musik. Kursinya ada sandaran yang bisa direbahkan agar penonton bisa melihat ke layar di bagian dalam langit-langit kubah. Layar berbentuk setengah bola, dan biasanya disusun dari panel aluminum. Materi pertunjukan bisa berbeda-beda bergantung kepada judul pertunjukan dan jadwal.

Eh, wait…! Kok jadi bahas gedung planetarium, sih? Gak sesuai ama judul artikel! Oh iya deng, sorry. Kebablasan. Kita sebenarnya bukan mau ngebahas gedung planetarium, tapi aplikasi Stellarium.

Yapp. Aplikasi Stellarium ini akan persis sama seperti gedung planetarium sungguhan. Jadi kamu seolah-olah berada sedang berada dalam gedung planetarium dan menonton beragam benda-benda langit yang menakjubkan, seolah kamu melihatnya langsung.

Aplikasi untuk WP8.1 dan Windows 10 Mobile ini bernama lengkap Stellarium Mobile Sky Map. Dibuat oleh dua orang pengembang asli Stellarium, aplikasi astronomi dan planetarium bintang Versi Desktop terkenal. Aplikasi astronomi pemenang penghargaan ini akhirnya tersedia di Windows Phone.

Dengan aplikasi ini, kamu akan temui sebuah gedung planetarium yang kaya fitur di ponsel Lumia. Peta langit di malam hari tampak begitu nyata dan akurat, seakan kamu melihatnya langsung dengan mata telanjang, teropong atau teleskop.

Kontrol sensor juga akan memungkinkan kamu mengidentifikasi bintang hanya dalam beberapa detik, cukup dengan mengarahkan ponsel kamu ke langit! Wow! ?

Ini dia fitur unggulannya:

* Berisi lebih dari 600.000 Katalog bintang ? yang ditampilkan secara real-time sebagai peta langit yang bisa di-zoom
* Berisi banyak Katalog nebula dan galaksi, dilengkapi dengan gambar-gambarnya
* asterisms dan ilustrasi rasi bintang untuk beberapa kultur langit
* satelit buatan, termasuk stasiun luar angkasa internasional
* Bima Sakti yang realistis (tampak nyata)
* Pemandangan dan suasana matahari terbit, matahari terbenam dan cahaya simulasi yang realistis (tampak nyata)
* simulasi pergerakan bintang-bintang dan suasana pembiasan cahaya yang akurat
* 3D rendering planet-planet dalam tata surya utama dan satelit mereka
* mode malam (merah)
* Pemosisian GPS, kontrol akselerometer arah pandang kita di langit

Gimana, tertarik?

Aplikasi ini dibanderol dengan harga Rp24.800. Bagi kamu penyuka astronomi, bisa langsung men-download-nya dengan klik link ini. ?

 

Download Stellarium Mobile Sky Map

Please Login to comment
avatar
2 Comment threads
1 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
3 Comment authors
NasrudinDirga Wahyu Adiaksabaresi Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Dirga Wahyu Adiaksa
Guest
Dirga Wahyu Adiaksa

Lebih tepatnya di Kutai Kartanegara, Tenggarong om nas

baresi
Guest
baresi

Betelgeuse keinget sama anime re:zero ??