Windows 10 Mobile memiliki banyak rintangan untuk menembus pasar pengguna Smartphone Android dan iOS. Terhitung sudah 2 tahun sejak Microsoft memperkenalkan perangkat pintar Windows 10 Mobile ke publik. Masuk ke dunia mobile diharapkan dapat mengganggu Android dan iOS yang kini masih menjadi sistem operasi Mobile terpopuler.

Namun apa mau disangka, prediksi-prediksi yang selama ini kita ketahui ternyata tidak berjalan dengan mulus. Strategi sudah Microsoft keluarkan untuk mendorong Windows 10 Mobile masuk ke tangan-tangan masyarakat dan diharapkan dapat menjadi pilihan ke-tiga. Sekali lagi, semua tidak berjalan seperti yang kita dan Microsoft harapkan.

Sampai pada post ini kami buat, masih belum ada tanda-tanda kehidupan yang lebih baik untuk smartphone Windows 10 Mobile. Banyak pengguna setia Microsoft yang sudah menggunakan Windows sejak Microsoft merilis Windows Phone 7.0 di buat kecewa karena kebijakan yang Microsoft ambil. Salah satu nya adalah banyak smartphone lama yang tidak dapat memperbarui ke sistem operasi baru (Windows 10 Mobile).

Pertengahan tahun 2017 mungkin menjadi masa awal kelam pengguna setia Windows 10 Mobile. Sebab beredar kabar Microsoft tidak akan memberikan fitur-fitur baru pada sistem operasi mobile nya. Dengan alasan yang mungkin tidak dapat diterima oleh banyak pengguna Windows Phone. Sekali lagi, Microsoft membuat pengguna Windows Mobile kecewa.

Microsoft Coba Buat Solusi Kamera Baru untuk Produk Layar Lipat

Sejak saat itu mulai banyak muncul spekulasi mengenai masa depan Windows 10 mobile. Banyak tanda-tanda yang mungkin tidak kita sadari kalau Windows 10 Mobile tidak memiliki masa depan. Salah satunya adalah berita tidak akan ada nya pengembangan lebih lanjut untuk sistem operasi Windows 10 Mobile.

WalkinCat, akun twitter yang rajin memberitakan kabar-kabar baru dari Micorosoft lah yang membuat rumor ini semakin jelas. Dalam postingan nya, SDK yang biasa pengembang (Developer) gunakan untuk memperbarui dan membuat aplikasi Windows 10 Mobile telah hilang. SDK Windows 10 Mobile sudah tidak terlihat dalam list, yang menandakan Microsoft tidak membutuhkan SDK untuk Mobile nya.

Seperti Inikah Wujud Surface ‘Andromeda’ Nantinya?

Image WalkingCat

Sekedar info, Windows SDK digunakan pengembang untuk membuat serta memperbarui aplikasi Windows 10. Dengan dihilangkan nya Windows 10 Mobile SDK, maka bisa dipastikan pengembang tidak dapat mengupdate aplikasi atau game nya. Praktis Sudah tidak ada lagi API baru yang dapat dikembangkan di Windows 10 Mobile.

Update – Sebagai Tambahan: 

  • Windows 10 Mobile v1511 akan didukung hingga Januari 2018
  • Windows 10 Mobile v1607 akan didukung hingga Oktober 2018
  • Windows 10 Mobile v1703 akan didukung hingga Juni 2019
  • Windows 10 Mobile v1709 akan didukung hingga Desember 2019

Era Mobile PC Dimulai: Inilah Produk Windows 10 on ARM dari HP dan Asus

Windows 10 yang kini akan digunakan dengan CShell baru Microsoft, CShell akan menggabungkan interface mobile dan PC dalam banyak perangkat. Windows 10 on ARM masuk dalam rencana Microsoft yang akan dikawinkan dengan CShell. Kita akan melihat Surface dalam kategori baru (Mobile) dalam waktu dekat.

Surface ‘Andromeda’ yang beberapa minggu ini kami beritakan juga bisa menjadi referensi munculnya perangkat baru dari Microsoft. Mobile-PC era baru akan segera kita ketahui, setidaknya Microsoft akan memberikan bocoran pertama dari perangkat ‘Andromeda’ ini.

Dan hari ini, Wincamp menyatakan benar bahwa Windows 10 Mobile benar-benar sudah mati. Selamat tinggal untuk kesan yang manis selama 2 tahun menggunakan Windows Phone, salah satu produk terbaik dari Microsoft. Tidak ada lagi konsep Universal Windows Platform (untuk mobile). Kini kita hanya akan melihat babak baru Microsoft dalam Windows 10 ARM nya.

Apa tanggapan kalian ? Bagikan komentar kalian di bawah . . .

Please Login to comment
avatar
15 Comment threads
14 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
21 Comment authors
Sholeh Maulana HaniFazi.Adee deeMuhammad Robbian NoorRichie Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Fazi.A
Guest
Fazi.A

gara-gara saya user/support produk microsoft mulai dari pc,laptop,software,game & windows 10 mobile.saya dijuluki microsoft fanboy sama linux & android user,yaitu teman2 dan guru saya :v,setiap mereka ingin ngomongin/menjelek-njelekkan atau ngomongin sisi buruk/strategi bisnis microsoft,saya selalu disuruh menjauh atau mereka yang minggir “ayo2 minggir2 semua,wah salah ini ngomongin microsoft di depan pecinta/wong(orang) microsoft :v”.tetapi pada dasarnya,saya cinta Microsoft,terutama tokoh favorit saya : sang mantan CEO Microsoft Steve ballmer

Sireum Ateul
Guest
Sireum Ateul

Ada yg tau kaga atau ada yg pernah ngalamin status wa seperti ini, udah ane unistal dan instal lagi tetep sering bgt seperti itucomment image

Fabian Dior
Guest
Fabian Dior

Aku pengguna Lumia 930 Saat ini hp masih lancar aja di pake walaupun sudah berusia 2 tahun lamanya sempet mati total tp hidup lagi . Sbnernya hp ni jrg bgt lag gara gara ram smua lancar aja layar jernih tp knapa harus di hentikan huft

Novian Zeen
Guest
Novian Zeen

masa sih udah rip,..? Ga jua ah, sampai hari ini saya ngerasa nyaman2 ajja pake w10mcomment image , malahan masih bisa bantu saya bikin2 ilustrasi buat jual jasa ke org2 ?

Hasta Zacharia
Guest
Hasta Zacharia

dan lumia 950 masih mahal harganya wkwk

Ibnu Hafizhulhaq
Guest
Ibnu Hafizhulhaq

Hari ini naik uber lancar jaya , windows phone “ga rip2 amat” ?comment image

Whyu Wa
Guest
Whyu Wa

developer di kick tdk bisa update app & game.. hengkangnya satu persatu developer contohnya game tropers, bentar lagi emg udh jadi hape feature

•B.U.D.I•
Guest
•B.U.D.I•

Akhirnya disuntik mati ?
Terima kasih banget ini Lumia dari 2015 sampe sekarang masih nyaman dipake meski cuma 1/8.

Masih mencari alternatif rojo yang desainnya ngepas

Nunu Nugraha
Guest
Nunu Nugraha

Kemana aja min? Ngopi geh,,

Ari Julianto
Guest

sbnernya berat buat ninggalin mslh utma jg microsoft yg bkin… contoh jelasnya gk konsisten, shingga byk ngorbanin para pengguna yang sudah royal. ya ini keputusan berat hanya saja Microsoft tidak ngasih alternatif solusi yang bisa diambil sebagai pengganti, dalam arti harus benar-benar mengorbankan perangkat yang tidak disupport. hal mendasar yang nasi saya bikin kesel adalah branding. liat aja rumpun sebelah yang sejak awal tidak mengganti nama toko nya, nah Microsoft?? jangankan nama toko nya, OS nya saja udah berkali2 ganti nama sejak rilis pertama sampai sekarang yang’terakhir’? tp core bisnis tidak bisa memaksakan era baru Microsoft emang punya core bisnis… Read more »

Krista
Guest
Krista

Dan hari ini, Wincamp menyatakan benar bahwa Windows 10 Mobile benar-benar sudah mati. Selamat tinggal untuk kesan yang manis selama 2 tahun menggunakan Windows Phone, salah satu produk terbaik dari Microsoft.

Tidak ada lagi konsep Universal Windows Platform (untuk mobile).

Kini kita hanya akan melihat babak baru Microsoft dalam Windows 10 ARM nya.

Andriy Andriy
Guest
Andriy Andriy

Klo wp bnran udh di matiin brarti sya hrs jg lumia ane baik2 nih biar bisa jd barang langka

Iwan Junifanto
Guest

Menghadapi situasi seperti ini, ada 2 langkah yang bisa diambil
1. panik dan segera “banting setir”
2. menikmati “masa transisi”

Kebanyakan mungkin mengambil langkah 1, tapi saya memilih langkah kedua, dgn segala resikonya. 🙂

Iwan Junifanto
Guest

Menghadapi situasi seperti ini, ada 2 langkah yang bisa diambil
1. panik dan segera “banting setir”
2. menikmati “masa transisi”

Kebanyakan tentu akan mengambil langkah 1, tapi saya memilih langkah kedua, tentu dgn semua resikonya 🙂

rafly
Guest
rafly

Yaudah. Memang windows 10 mobile udah capek di kompetisi smartphone. padahal w10m bagus loh, cuman aplikasinya aja yg minim banget hahah… Fix besok ganti hp aja ?