Windows 10 Mobile memiliki banyak rintangan untuk menembus pasar pengguna Smartphone Android dan iOS. Terhitung sudah 2 tahun sejak Microsoft memperkenalkan perangkat pintar Windows 10 Mobile ke publik. Masuk ke dunia mobile diharapkan dapat mengganggu Android dan iOS yang kini masih menjadi sistem operasi Mobile terpopuler.

Namun apa mau disangka, prediksi-prediksi yang selama ini kita ketahui ternyata tidak berjalan dengan mulus. Strategi sudah Microsoft keluarkan untuk mendorong Windows 10 Mobile masuk ke tangan-tangan masyarakat dan diharapkan dapat menjadi pilihan ke-tiga. Sekali lagi, semua tidak berjalan seperti yang kita dan Microsoft harapkan.

Sampai pada post ini kami buat, masih belum ada tanda-tanda kehidupan yang lebih baik untuk smartphone Windows 10 Mobile. Banyak pengguna setia Microsoft yang sudah menggunakan Windows sejak Microsoft merilis Windows Phone 7.0 di buat kecewa karena kebijakan yang Microsoft ambil. Salah satu nya adalah banyak smartphone lama yang tidak dapat memperbarui ke sistem operasi baru (Windows 10 Mobile).

Pertengahan tahun 2017 mungkin menjadi masa awal kelam pengguna setia Windows 10 Mobile. Sebab beredar kabar Microsoft tidak akan memberikan fitur-fitur baru pada sistem operasi mobile nya. Dengan alasan yang mungkin tidak dapat diterima oleh banyak pengguna Windows Phone. Sekali lagi, Microsoft membuat pengguna Windows Mobile kecewa.

Microsoft Coba Buat Solusi Kamera Baru untuk Produk Layar Lipat

Sejak saat itu mulai banyak muncul spekulasi mengenai masa depan Windows 10 mobile. Banyak tanda-tanda yang mungkin tidak kita sadari kalau Windows 10 Mobile tidak memiliki masa depan. Salah satunya adalah berita tidak akan ada nya pengembangan lebih lanjut untuk sistem operasi Windows 10 Mobile.

WalkinCat, akun twitter yang rajin memberitakan kabar-kabar baru dari Micorosoft lah yang membuat rumor ini semakin jelas. Dalam postingan nya, SDK yang biasa pengembang (Developer) gunakan untuk memperbarui dan membuat aplikasi Windows 10 Mobile telah hilang. SDK Windows 10 Mobile sudah tidak terlihat dalam list, yang menandakan Microsoft tidak membutuhkan SDK untuk Mobile nya.

Seperti Inikah Wujud Surface ‘Andromeda’ Nantinya?

Image WalkingCat

Sekedar info, Windows SDK digunakan pengembang untuk membuat serta memperbarui aplikasi Windows 10. Dengan dihilangkan nya Windows 10 Mobile SDK, maka bisa dipastikan pengembang tidak dapat mengupdate aplikasi atau game nya. Praktis Sudah tidak ada lagi API baru yang dapat dikembangkan di Windows 10 Mobile.

Update – Sebagai Tambahan: 

  • Windows 10 Mobile v1511 akan didukung hingga Januari 2018
  • Windows 10 Mobile v1607 akan didukung hingga Oktober 2018
  • Windows 10 Mobile v1703 akan didukung hingga Juni 2019
  • Windows 10 Mobile v1709 akan didukung hingga Desember 2019

Era Mobile PC Dimulai: Inilah Produk Windows 10 on ARM dari HP dan Asus

Windows 10 yang kini akan digunakan dengan CShell baru Microsoft, CShell akan menggabungkan interface mobile dan PC dalam banyak perangkat. Windows 10 on ARM masuk dalam rencana Microsoft yang akan dikawinkan dengan CShell. Kita akan melihat Surface dalam kategori baru (Mobile) dalam waktu dekat.

Surface ‘Andromeda’ yang beberapa minggu ini kami beritakan juga bisa menjadi referensi munculnya perangkat baru dari Microsoft. Mobile-PC era baru akan segera kita ketahui, setidaknya Microsoft akan memberikan bocoran pertama dari perangkat ‘Andromeda’ ini.

Dan hari ini, Wincamp menyatakan benar bahwa Windows 10 Mobile benar-benar sudah mati. Selamat tinggal untuk kesan yang manis selama 2 tahun menggunakan Windows Phone, salah satu produk terbaik dari Microsoft. Tidak ada lagi konsep Universal Windows Platform (untuk mobile). Kini kita hanya akan melihat babak baru Microsoft dalam Windows 10 ARM nya.

Apa tanggapan kalian ? Bagikan komentar kalian di bawah . . .